9 Hero Penting dalam Boku no Hero Academia

Dalam setiap serial manga atau anime, karakter adalah salah satu hal yang sangat penting dalam perkembangan cerita. Hal ini juga berlaku pada serial Boku no Hero Academia. Dalam serial ini, beberapa karakter memiliki peran penting. Meski di antaranya hanya muncul dalam beberapa episode, mampu memengaruhi jalannya cerita.

Siapa aja karakter penting dalam serial Boku no Hero Academia? Kami memberikan daftarnya untuk kamu, JoyFriends. Perlu diingat bahwa daftar ini berdasarkan adaptasi anime-nya, demi menghormati mereka yang nggak membaca manga-nya.

TOSHINORI YAGI (ALL MIGHT)

Toshinori Yagi alias All Might adalah salah satu karakter yang jadi inspirasi dalam serial ini. Dirinya dikenal sebagai Pahlawan No.1 dengan gelar Simbol Perdamaian. Selain bekerja sebagai pahlawan, All Might juga mengajar di SMA U.A..

All Might merupakan pewaris ke-8 One For All setelah menerima kekuatan ini dari gurunya, Nana Shimura. Setelah bertemu Midoriya, All Might mewariskan kekuatan kepadanya, yang dipercaya menjadi penerusnya. Setelah pertarungan melawan All For One, All Might pensiun sebagai pahlawan.

[TRIVIA]

– Pada desain awal, All Might dibuat lebih tua dari versi sekarang. Menurut Kohei Horikoshi, awalnya All Might hanyalah karakter pendukung. All Might dibuat menjadi pahlawan veteran yang mendukung anak-anak yang tidak memiliki kekuatan agar menjadi pahlawan.

– Semua jurus All Might terinspirasi dari negara bagian dan kota di Amerika Serikat. Sementara, jurus pamungkasnya bernama United States of Smash, yang terinspirasi dari United States of America. Kostum yang dikenakannya juga terinspirasi dari bendera Amerika.

SHOTA AIZAWA (ERASER HEAD)

Shota Aizawa alias Eraser Head adalah wali kelas 1A SMA U.A. Meski wajahnya pucat dan tampak seperti pemalas, tapi Eraser Head adalah salah satu pahlawan super. Sifat Eraser Head yang patut dipuji adalah dirinya tidak selalu memberikan pujian kepada muridnya. Hal ini dilakukan agar muridnya nggak cepat puas. Meski begitu, dirinya tetap yakin pada kemampuan para muridnya. Setelah pertarungan dengan Nomu dalam insiden U.S.J., tedapat luka di bawah mata kanannya.

Memiliki kekuatan Eraser, Eraser Head mampu menghapus kekuatan lawan hanya dengan melihatnya. Namun, kemampuan ini hilang jika matanya berkedip. Karena kekuatannya ini, Eraser Head mengenakan goggle untuk menyembunyikan matanya. Hal ini dilakukan agar musuh tidak tahu kekuatan siapa yang dihapus.

[TRIVIA]

– Menyukai kucing.

– Present Mic-lah yang memberikan julukan. Nama ini terinspirasi dari film misteri Eraserhead tahun 1977.

– Kostumnya terinspirasi dari Zangetsu (Bleach).

– Nama Shota Aizawa terinspirasi dari karakter Shuichi Aizawa (Death Note).

GRAN TORINO

Gran Torino adalah pensiunan pahlawan. Mantan guru di SMA U.A. ini dikenal sebagai mentor dari All Might dan Midoriya. Meski saat ini usianya sudah tua dan tubuhnya pendek, justru di masa mudanya Gran Torino berwajah tampan dan memiliki tubuh yang tinggi.

Meski usianya udah tua, Gran Torino masih mampu bergerak cepat. Hal ini karena kekuatan Jet yang dimilikinya. Kekuatan ini pula yang membuatnya dirinya bisa terbang. Di usianya yang sudah lanjut, Gran Torino masih memiliki kecerdasan karena mampu mengajari Midoriya menggunakan One For All. Sebagai mentor, dirinya dikenal keras terhadap muridnya.

[TRIVIA]

– Nama Gran Torino terinspirasi dari film yang dibintangi Clint Eastwood. Dalam film ini, dirinya berperan sebagai mentor bagi seorang remaja.  Selain itu, game balapan Gran Turismo juga menjadi inspirasi dari nama dan kekuatannya. Nama Gran Torino juga terinspirasi dari jenis mobil buatan Ford.

– Dalam event SDCC, Kohei Horikoshi mengonfirmasi bahwa Gran Torino terinpirasi dari Yoda (Star Wars). Peran Yoda sebagai mentor Luke Skywalker mirip dengan peran Gran Torino.

IZUKU MIDORIYA (DEKU)

Meski terlahir tanpa kekuatan, dirinya mendapat pengakuan dari idolanya, All Might. Midoriya akhirnya mewarisi kekuatan One For All dari All Might dan menjadikannya pewaris ke-9 kekuatan ini. Meski awalnya tubuhnya kurus, massa otot Midoriya bertambah setelah 10 bulan berlatih dalam bimbingan All Might.

Dengan kekuatan One For All, Midoriya memiliki kekuatan super yang awalnya sulit dikendalikan. Hal ini membuatnya terluka setelah mengeluarkan kekuatan One For All. Setelah dilatih Gran Torino, Midoriya mampu mengendalikan One For All sebanyak 5%. Jika menggunakan lebih dari itu, Midorinya akan terluka seperti dalam pertarungan melawan Muscular.

[TRIVIA]

– Dalam konsep awal, Midoriya diberi nama Mikumo Akatani. Desain rambut awalnya sedikit lebih panjang. Mikumo juga dibuat tidak punya kekuatan. Namun, Kohei Horikoshi nggak puas dengan desain ini kemudian diubah menjadi seperti sekarang.

– Midoriya dan kostumnya terinspirasi dari karakter Gon Freecss (Hunter x Hunter), sementara ulang tahunnya sama dengan Ichigo (Bleach) dan Mirio Togata (kelas 3 SMA U.A.) yaitu 15 Juli.

– Midoriya terinspirasi dari Will Stronghold (Sky High), karena awalnya nggak punya kekuatan kemudian masuk sekolah pahlawan.

KATSUKI BAKUGO

Bakugo adalah teman Midoriya saat kecil. Dirinya dikenal agresif, kasar, dan arogan. Sifatnya ini membuat dirinya sering mengganggu Midoriya yang saat itu nggak punya kekuatan. Setelah masuk SMA U.A. dan mengalami sejumlah kekalahan dalam pertarungan, sifatnya perlahan agak mendingan, meski sifat kasarnya masih ada.

Kekuatan Bakugo bernama Explosion. Dengan menggunakan cairan nitrogliserin dari keringat, dirinya mampu membuat ledakan dari tangannya. Makin banyak dirinya berkeringat, makin kuat ledakannya.  Bakugo mampu membuat ledakan kecil hingga besar untuk membantunya menyerang atau bertahan. Ledakan ini juga mampu membuatnya terbang.

[TRIVIA] Awalnya, Kohei Horikoshi ingin membuat Bakugo sebagai anak yang baik dan jenius. Namun, rencana ini diubah karena sifat ini akan membuat ceritanya membosankan.

TENYA IIDA (INGENIUM)

Iida adalah ketua kelas 1A SMA U.A. Meski dalam serial wajahnya terlihat serius, dirinya adalah panutan siswa 1A lainnya karena bisa diandalkan dalam mengambil keputusan. Iida memiliki kakak seorang pahlawan bernama Tensei alias Ingenium. Setelah Insiden Hosu yang membuat kakaknya pensiun karena terluka parah, Iida pun mewarisi nama Ingenium meski sebelumnya menolak.

Iida memiliki kekuatan Engine. Dengan kekuatan ini Iida mampu berlari cepat dengan dibantu mesin yang ada pada betisnya. Tergantung situasinya, kecepatan mesin ini mampu diubah.

[TRIVIA]

– Nama Iida Tenya berasal dari Bahasa Jepang idaten yang berarti pelindung Mahayana, salah satu aliran utama agama Buddha. Idaten terkenal karena larinya yang cepat.

– Iida awalnya punya dua desain. Pertama, terlihat lebih tua dan nggak mirip dengan yang sekarang. Kedua, mirip dengan yang sekarang, tapi dengan tubuh kurus dan nggak tinggi.

– Nama pahlawan Ingenium terinspirasi dari nama mesin Ingenium pada mobil Jaguar Land Rover.

SHOTO TODOROKI

Todoroki adalah siswa kelas 1A SMA U.A. Dia diterima di SMA U.A. melalui jalur rekomendasi. Awalnya, Shoto adalah orang yang dingin dan tanpa emosi. Dirinya dikenal tidak akrab dengan teman-teman kelas 1A yang lain. Setelah Festival Olahraga SMA  U.A., Todoroki mulai akrab dengan teman-temannya meski terlihat masih kaku.

Kekuatan Todoroki adalah Setengah Dingin-Setengah Panas, bagian dingin di kiri tubuhnya, sementara bagian panas di kanan tubuhnya. Dengan kekuatan ini, Todoroki mampu menurunkan suhu di sekitarnya hanya dengan menyentuhnya dan membuat es. Sementara, bagian kanan tubuhnya mampu menaikkan suhu dan mengeluarkan api.

Todoroki adalah putra seorang pahlawan yaitu Endeavor. Karena ambisi sang ayah yang menginginkan Todoroki menjadi pahlawan melampaui All Might, Todoroki membenci sang ayah. Akibat kejadian ini pula, ibunya mengalami trauma. Setelah Festival Olahraga, Todoroki memberanikan diri bertemu ibunya di rumah sakit.

[TRIVIA]

– Nama Shoto dalam kanji Bahasa Jepang artinya membakar dan membeku.

– Todoroki memiliki kesamaan dengan Zuko (Avatar; The Last Airbender). Keduanya sama-sama memiliki ayah yang tegas, memiliki kekuatan api, dan memiliki luka bakar di bagian mata kiri. Belum ada konfirmasi apakah Kohei Horikoshi terinspirasi dari Zuko.

OCHACO URARAKA (URAVITY)

Uraraka adalah salah satu karakter cewek dalam serial ini. Digambarkan sebagai cewek yang easygoing dan akrab dengan teman sekelasnya. Meski terkadang dirinya blak-blakan, dirinya memiliki kesamaan dengan Midoriya saat bereaksi pada sesuatu yang mengejutkan.

Dengan kekuatan Zero Gravity, Uraraka mampu memanipulasi gravitasi dengan menyentuh benda padat dengan telapak tangan atau jarinya. Benda tersebut akan kehilangan gaya gravitasi dan melayang di udara. Dengan mendekatkan semua jarinya, Uraraka mampu mengendalikan gravitasi dan jika melepaskan kekuatan ini, Uraraka akan melepaskan jarinya.

[TRIVIA]

– Dalam konsep awal, Uraraka sebenarnya adalah Yu Takeyama alias Mount Lady, dengan kekuatan tubuh membesar. Kohei Horikoshi mengubahnya karena terlalu berat jika siswa memiliki kekuatan ini.

– Nama pahlawan Uravity berasal dari namanya Uraraka dan gravity. Dalam Bahasa Jepang, Uraraka berarti cerah dan cantik. Dalam ilustrasi, namanya ditulis Ochako, tapi di situs resmi anime-nya ditulis Ochaco.

– Uraraka mirip dengan Layla Williams (Sky High) yang mendukung masing-masing karakter utama (Will Stronghold dan Midoriya), tapi keduanya malah jatuh cinta.

– Ulang tahunnya sama dengan Hinata (Naruto) yaitu 27 Desember.

ENDEAVOR

Endeavor dikenal sebagai ayah dari Shoto Todoroki. Selain itu, dirinya adalah Pahlawan No. 2. setelah All Might pensiun, dirinya dianggap kandidat kuat untuk menjadi Pahlawan No. 1.

Endeavor dianggap Shoto adalah ayah yang ambisius dan harga dirinya tinggi. Ini dikarenakan dirinya akan melakukan apa saja untuk melampaui All Might, termasuk mendidik putranya dengan keras.

Kekuatan Endeavor adalah Hellflame, yang membuatnya mampu menghasilkan dan mengendalikan api. Dengan kekuatan ini pula, dirinya memiliki pertahanan dan serangan sama baiknya.

[TRIVIA]

– Jika kebanyakan orang akan kelelahan setelah menggunakan kekuatannya, kekuatan Endeavor sama sekali tidak memengaruhi tubuhnya. Meski begitu, dirinya tetap tidak tahan terhadap panas jika suhu apinya terlalu tinggi.

– Di konsep awal, Endeavor menjadi guru SMA U.A.. Namun, Kohei Horikoshi akhirnya tidak menggunakan konsep ini. Menurutnya, konflik Pahlawan No. 1 dan No. 2 harus seimbang.

Itu dia karakter penting Hero Aca dari sisi para pahlawan. Mungkin ada beberapa karakter favorit JoyFriends yang nggak disebutin di sini. Jika kamu juga punya karakter pahlawan favorit dan penting dalam serial Boku no Hero Academia, silakan share di kolom komentar.

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>