Delay! Ini Daftar Anime Yang Tunda Rilis Karena Virus Corona

Wabah coronavirus (Covid-19) nampaknya terus hadir seluruh sisi  kehidupan. Mulai dari perokonomian, pendidikan hingga hiburan, semua terkendala akibat wabah ini. Nggak terkecuali juga dunia anime, Joyfriends. Daftar anime yang tertunda perilisannya pun semakin membengkak. Hasilnya, kita harus menunggu sedikit lebih lama lagi untuk menyaksikan anime favorit kita nih.

Langsung aja nih, ini dia judul-judul yang tertunda itu.

A Certain Scientific Railgun T

 

Daftar anime ini kita buka dengan Anime denganA Certain Scientific Railgun T (Toaru Kagaku no Railgun T)  ini menunda penanyangan episode ke-7 mereka. Hal ini mereka sampaikan melalui akun twitter dan situs resmi. Para staff dari anime ini menyebutkan bila penyebab penundaan adalah efek dari wabah Covid-19 dimana berimbas pada jadwal produksi mereka.

Season ini adalah season ke 3 dari franchise Certain Scientific Railgun. Seri anime-nya sendiri pertama kali tayang di tahun 2009 dan masih berlanjut sampai sekarang.

Berangkat dari spin-off seri light novel A Certain Magical Index (Toaru Majutsu no Index), kisahnya tetap berpusat di di Academy City, sebuah kota canggih di Jepang yang didirikan untuk meneliti dan mendidik manusia dengan kekuatan super (esper). Karakter utama di seri ini adalah Mikoto Misaka, salah satu esper Level 5 yang memiliki kekuatan mengendalikan listrik. Mikoto dan teman-temannya terlibat dalam berbagai insiden misterius yang terjadi di Academy City.

A3! Season Spring & Summer

Anime A3! Season Spring & Summer juga mengalami hal serupa. Serial yang sudah premier pada 14 Januari di Jepang ini harus menunda penayangannya di episode ke-4. Alhasil penjadwalan ulang kembali dilakukan dengan penayangan kembali dari episode 1 pada 6 April mendatang.

Sejatinya, anime ini bakal dirilis sesuai namanya. A3! Season Spring & Summer akan dilepas pada saat musim semi di Jepang dan Season Autumn & Winter bakal dilepas mulai musim gugur. Para staf dan pengisi suara menyatakan kekecewaannya karena virus korona menghambat jadwal mereka ini.

Anime ini berlatar di Tokyo, di distrik Velude Way yang dikenal karena para pemain dan kelompok teater. Kelompok teater Mankai Company yang dulunya populer kini diambang kebangkrutan. Dengan hanya satu anggota yang tersisa dan penagih utang di pintu, tidak heran Izumi Tachibana kebingungan ketika dia dengan berani menghadapi rentenir yakuza, berjanji untuk membawa teater ayahnya kembali menjadi sorotan. Ia akan membangun kembali perusahaan sebagai direktur utama. Mantan artis panggung ini mungkin bisa merekrut orang berbakat yang cukup, tetapi bisakah mereka berkembang menjadi aktor yang dia butuhkan?

Enjoy read also: Her Blue Sky – Review: Lagi-Lagi Mari Okada Bikin Hancur Hati

Infinite Dendrogram

(Source: Google)

Tidak berhenti sampai di situ, anime isekai Infinite Dendrogram juga harus menunda produksi dan berimbas pada penayangannya. Padahal serial ini sudah jalan sampai episode ke-6 dan episode ke-7 ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Pada tahun 2043, gim Virtual Reality Massive Multiplayer Online Role Playing Game (VRMMORPG) Infinite Dendogram resmi dirilis, di mana gim ini menyajikan fitur terkini untuk mensimulasikan seluruh indera pemain. Dua tahun kemudian, Reiji Mukudori mencoba untuk bermain gim ini dengan nama gim “Ray Starling” untuk bertemu dan bermain dengan kakaknya Shuu, akan tetapi ia mendapatkan suatu quest yang unik dimana quest ini nantinya akan mempertemukan ia dengan teman Embryonya yang bernama Nemesis. Kehidupan dalam dunia gim Infinite Dendogram bukan sekedar gim biasa, namun ia perlu mempelajari juga bagaimana untuk menghidupi dirinya sendiri.

The Misfit of Demon King Academy

The Misfit of Demon King Academy : History’s Strongest Demon King Reincarnates and Goes to School with His Descendants (Maō Gakuin no Futekigōsha ~Shijō Saikyō no Maō no Shiso, Tensei Shite Shison-tachi no Gakkō e Kayō) menunda premier mereka hingga Juli 2020. Anime yang diadaptasi dari light novel ini aslinya dijadwalkan mulai tayang pada April 2020.

Anime ini berpusat pada Anoth, seorang raja iblis tirani telah mengalahkan manusia,roh dan dewa. Namun karena terlalu sering bertempur raja iblis bosan dan mengharapkan kehidupan yang damai. Ia pun bereinkarnasi, ketika ia bangun dua ribu kemudian ia mendapati dunia menjadi sangat damai dan keturunannya menjadi lemah dan ilmu sihir mengalami penurunan yang drastis. Kemudian ia mendaftar ke akademi iblis untuk merebut tahta yang sebelumnya, namun sihir yang ia gunakan ternyata diluar nalar dan mengalami ketidak cocokan untuk sekolah tersebut.

Re: ZERO-Starting Life in Another World

(Source: Google)

Nggak cuma anime baru, daftar anime yang melanjutkan season baru pun kena imbasnya. Re: ZERO-Starting Life in Another World tertunda dari April hingga Juli. Staff dari anime ini menyampaikan wabah Covid-19 berdampak besar pada produksi mereka. pihak Re:Zero sendiri nantinya akan menyampaikan tanggal, dan salurannya mana yang akan menayangkan anime ini setelah situasi membaik.

Dalam serial ini dikisahkanlah seorang anak SMA bernama Natsuki Subaru yang tiba-tiba berpindah ke dunia lain. dan diselamatkan oleh gadis cantik berambut perak bernama Emilia. Subaru memutuskan untuk tinggal bersama gadis tersebut sebagai bentuk balas budi, namun takdir berkata lain. Mereka terbunuh oleh musuh yang tiba-tiba menyerangnya. Subaru baru menyadari bahwa dia mempunyai kekuatan untuk memutar ulang waktu sebelum kematiannya namun hanya dia yang ingat berbagai kejadian sebelum dia mati. Ia pun akhirnya turut terseret dalam konspirasi dan intrik berdarah yang melibatkan calon keluarga yang akan memimpin kerajaan Lugunica.

Enjoy read also: Rekomendasi Serial Anime Musim Semi 2020

Asteroid in Love

(Source: Google)

Anime Asteroid in Love menunda episode ke-7 mereka dengan malu-malu menyebutkan alasannya. Episode tersebut harusnya tayang pada 14 sampai 21 Februari dan digantikan dengan sebuah recap dengan nama episode 6.5. Hal ini diakibatkan studio dari China tidak bisa menerima permintaan coloring akibat dari wabah Covid-19. Meski begitu, pihak anime ini tidak secara langsung menyampaikan Covid-19 sebagai alasan tertundanya penayangan.

Saat masuk SMA, Mira Konohata memutuskan bergabung dengan ekskul astronomi demi memenuhi janjinya pada teman masa kecilnya, Ao. Kepada Ao, Mira berjanji bersama-sama mencari asteroid untuk dinamai dengan nama “Ao” karena nama Mira sudah terlebih dahulu digunakan sebagai nama bintang. Sayangnya, ekskul astronomi telah dibubarkan di sekolahnya dan digabung dengan ekskul geologi. Untungnya dia berhasil menemui Ao di sana, meski Ao terlihat berbeda dibanding dulu.

Doraemon

Sepertinya kekecewaan paling besar datang dari animasi favorit semua orang, Doraemon. Dari situs resminya film terbaru  Doraemon the Movie: Nobita’s New Dinosaur (Doraemon: Nobita no Shin Kyoryū) menyampaikan penundaan penayangan pada 6 Maret karena kuatir penyebaran wabah Covid-19 yang terjadi di Jepang.

Situs resmi film Doraemon menyampaikan akan segera memutuskan tanggal penayangannya, sebagai gantinya mereka melakukan Greeting Stage di TOHO Cinema Roppongi Hills untuk menandai perilisan film ini. film terbaru dari Doraemon ini adalah perayaan yang ke 40 tahun bagi filmnya sekaligus ke -50 untuk manga orisinilnya.

Cerita film ini dimulai dengan Nobita bertemu dua dinosaurus kembar bernama Kyu dan Myu. Walaupun film ini memiliki judul yang mirip dengan Doraemon the Movie: Nobita’s Dinosaur, film pertama dalam franchise ini, ceritanya benar-benar berbeda dari pendahulunya.

 

New Anime on Brink!

Tiga judul yang sedang naik daun ini juga terkena imbas dari Covid-19. Anime tersebut adalah Darwin’s GameFate/Grand Order Absolute Demonic Front: Babylonia, dan Hatena Illusion. Ketiganya menunda penayangannya di awal bulan dan menambah daftar anime ini menjadi panjang.

Meskipun pihak mereka tidak ada yang secara langsung menyebutkan Covid-19 sebagai masalah utama, mereka menyikapi fenomena pandemik ini secara berbeda. Hetena Illusion baru saja menayangkan episode recap mereka, sementara Darwin’s Game dan Fate/Grand Order Absolute Demonic Front: Babylonia tetap melanjutkan penayangannya. Mungkin saja mereka tidak ingin mengecewakan fansnya dengan menunda penayangannya.

 

Solution?

sad japan GIF

Mungkin ini bisa menjadi solusi bagi para animator di Jepang, #WFH (Work From Home). Sudah banyak yang melakukan hal ini termasuk Tony Bancroft. Animator Space Jam 2, yang mengerjakan sekuel film legendaris ini dari rumah, seperti yang dikutip dari twitter miliknya.

Berbagai cara dilakukan untuk menghindarkan kita dari serangan virus Corona (Covid-19). Hingga kini, cara yang paling ampuh membasminya adalah lebih baik tinggal dirumah saja. Mungkin, hal ini juga turut dilakukan oleh produser, staff, dan tim produksi dari beberapa anime diatas. Semoga saja, daftar anime tersebut menurun dan segera rilis ya! Adakah anime favoritmu yang ikut tertunda akibat Corona? Tulis di komen ya!

Editor : Amos Anugrah

 

Written by
Dengan Kekuatan Bulan Akan Menghukum Mu!!! ~Shadow Moon~

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.