Deretan Form Terkuat Son Goku di Serial Anime Dragon Ball

Di Arc Universe Survival Dragon Ball Super, form Super Saiya God juga muncul lho.

Bicara soal serial anime Dragon Ball, tentu nggak lepas dari karakter utamanya, Son Goku. Dialah karakter kunci dalam anime ini. Sejak kecil, Son Goku memang dikenal pantang nyerah dan ingin mengalahkan lawan yang lebih kuat darinya.

Kalau kamu cuma mengenal Goku dengan Super Saiya, berarti kamu belum kenal Dragon Ball banget nih. Goku itu memiliki form yang berbeda-beda selain Super Saiya, demi mengalahkan musuh-musuhnya.

Dilansir screenrant, seengaknya ada 20 form Son Goku sejauh ini, termasuk yang udah tampil di Dragon Ball Super, yang lagi berjalan. Nggak nyangka kan kalau dia punya form sebanyak itu? Apa aja sih form Son Goku? Berikut daftarnya guys!

Kera Raksasa

Ini nih form pertama Goku pertama kali selain dalam bentuk manusia.

Bangsa Saiya dikenal memiliki ekor, termasuk Son Goku. Goku bisa berubah menjadi Kera Raksasa saat Bulan Purnama tiba. Form ini udah diungkap dalam anime saat Goku masih kecil. Perubahan ini membuatnya memiliki kekuatan 10 kali lebih kuat dari biasanya. Sayangnya, wujud ini membuat Goku lupa diri dan nggak ingat siapa kawan maupun lawan. Kelemahan Kera Raksasa ini ada di bagian ekor. Jika ekornya dipotong, dia akan kembali ke wujud semula.

Kaio-ken

Kaio-Ken, form sebelum Goku mendapatkan kekuatan Super Saiya.

Teknik Kaio-ken dikenalkan pada episode awal Dragon Ball Z. Form ini Goku gunakan saat melawan Vegeta. Dengan menggunakan form ini kekuatan Goku meningkat 20 kali lebih kuat dari sebelumnya. Sayangnya, form ini cuma dapat digunakan dalam waktu singkat. Kalau digunakan melebihi waktu tersebut, Goku akan kelelahan.

Super Saiya Tiruan

Wujud Goku dalam bentuk Super Saiya tiruan di Lord Slug.

Goku berubah menjadi Super Saiya Tiruan di akhir film Lord Slug. Form ini sebenarnya agak mirip dengan Super Saiya yang muncul di serial anime-nya dengan aura emas. Bedanya, rambut Goku tetap berwarna hitam.

Pihak Toei mengatakan form ini muncul karena mendengar sang kreator, Akira Toriyama akan mengubah Goku dalam bentuk Super Saiya dalam manga-nya. Sayangnya, mereka kurang tahu banyak seperti apa wujudnya saat itu.

Super Saiya

Scene legendaris dalam anime Dragon Ball Z nih. Waktu Goku pertama kali jadi Super Saiya!

Ini dia form ikonik Goku dalam serial anime. Goku pertama kali berubah menjadi Super Saiya saat menghadapi Frieza. Perubahan ini terjadi akibat kemarahannya saat Frieza membunuh Krilin. Semakin marah bangsa Saiya, kekuatan mereka akan semakin kuat.

Wujud Bola Semangat

Goku ternyata dapat mengambil kekuatan dari bola semangat ke tubuhnya.

Sebenarnya, form yang muncul di film Super Android 13 ini nggak memiliki nama resmi. Yang perlu kamu ketahui adalah Goku menyerap kekuatan Bola Semangat ke dalam tubuhnya untuk memperkuat dirinya. Sayangnya, Goku nggak mampu menahan kekuatan ini dan kemudian pingsan. Meski pada akhirnya dia sadar dirinya telah menyerap sebagian kekuatan tersebut dan mampu mengalahkan Super Android 13.

Ultra Super Saiya

Ultra Super Saiya menampilkan lebih banyak otot.

Form ini muncul dalam Cell Saga. Ini merupakan cabang dari Super Saiya yang biasa bangsa Saiya gunakan. Berbeda dengan Super Saiya biasa, Ultra Super Saiya ini lebih memaksa mengeluarkan seluruh kekuatan pemiliknya. Otot tubuh juga akan bereaksi akibat perubahan ini. Hasilnya, kekuatan akan meningkat dua kali lipat. Selain Goku, Vegeta juga pernah melakukan form ini untuk melawan Cell.

Super Kaio-Ken

Ini nih form yang cukup keren juga sebelum kita mengenal Super Saiya God ataupun Blue.

Form ini adalah gabungan dari Super Saiya dengan teknik Kaio-Ken. Form ini pertama muncul di turnamen bela diri akhirat kala Goku menghadapi Pikkon. Dengan menggunakan teknik Kaio-Ken, kekuatan Super Saiya bertambah dua kali lipat dari biasanya. Sayangnya, Goku hanya bisa gunakan form ini saat dia sudah meninggal. Alasannya, “ki” yang digunakan lebih besar dari biasanya dan tubuh biasa nggak mampu menahannya.

Super Saiya 2

Super Saiya 2 merupakan salah satu favorit kebanyakan fans Dragon Ball Z.

Form ini menggandakan kekuatan dan kecepatan Super Saiya biasa. Gohan adalah bangsa Saiya pertama yang mampu menggunakan form ini saat melawan Cell. Sementara, Goku baru menggunakan form ini saat melawan Vegeta yang dikendalikan oleh Babidi.

Super Saiya 3

Sayangnya Super Saiya 3 masih jauh di bawah kekuatan Beerus sang Dewa Penghancur.

Form ini pertama kali muncul dalam Buu Saga. Dengan rambut yang lebih panjang, kekuatannya juga melebihi Super Saiya biasa. Sayangnya, form ini cuma dapat digunakan dalam waktu singkat. Jika melebihi waktu tersebut, Goku akan kembali ke wujud semula dan butuh waktu untuk melakukan form ini kembali. Selain Goku, Gotenks juga bisa melakukan form ini.

Vegito

Meski kuat, ternyata Vegito itu cukup sombong karena kekuatannya.

Ini merupakan fusion dari Goku dan Vegeta. Form ini bukan menggabungkan kekuatan mereka, tapi meningkatkan kekuatan. Dalam form biasa, Vegito mampu mengimbangi Buu yang menghisap Gohan.

Kera Raksasa Emas

Sebelum jadi Super Saiya 4, Goku jadi Kera dulu guys.

Form ini muncul di serial Dragon Ball GT. Dalam form ini, Goku berubah menjadi Super Saiya saat berwujud Kera Raksasa. Dari segi kekuatan, tentu lebih kuat dari Kera Raksasa biasa. Goku berubah menjadi wujud ini karena kalah dengan Baby dan merasa gagal melindungi Bumi. Sama seperti perubahannya dulu, dalam wujud Kera Raksasa Emas Goku juga nggak bisa mengendalikan kekuatannya dan lupa diri. Nggak cuma Goku yang mampu berubah menjadi wujud ini. Vegeta pun mampu berubah menjadi Kera Raksasa Emas meski saat itu dirinya dirasuki oleh Baby.

Super Saiya 4

Salah satu form dengan wujud unik. Tapi sayang serialnya “nggak dianggap” karena ada Dragon Ball Super.

Form ini juga muncul di serial Dragon ball GT. Super Saiya 4 merupakan wujud Kera Raksasa Emas yang berhasil mengendalikan kekuatan dan pikirannya. Dalam kasus Goku, dirinya ditenangkan oleh Pan. Super Saiya 4 berbeda dengan Super Saiya sebelumnya. Rambutnya berwarna hitam, ada ekor, serta ada bulu merah di sebagian tubuhnya. Sayang kalau kita mengikuti Dragon Ball Super, nampaknya form satu ini mesti terabaikan.

Super Gogeta

Super Gogeta mestinya ada lagi nih di Dragon Ball Super.

Ketika Goku dan Vegeta berhasil melakukan fusion di film Fusion Reborn, debut Gogeta langsung dalam wujud Super Saiya. Selain itu, Gogeta juga muncul di serial Dragon Ball GT, tapi hanya dalam wujud Super Saiya 4. Meski ada keganjalan kenapa hanya dalam wujud Super Saiya 4 aja, terjawab dalam movie-nya dengan wujud Super Saiya. Satu-satunya aksi Super Gogeta adalah saat melawan Janemba dalam movie-nya. Tapi gimana ya kalau ada lagi di Dragon Ball Super?

Super Vegito

Sangat kuat, tapi tetap saja sombong.

Super Vegito merupakan wujud Super Saiya dari fusion Goku dan Vegeta. Super Vegito sebenernya bisa dibilang kuat kala melawan Buu. Namun, dia sengaja mengalah dan diserap demi menyelamatkan  kawan-kawannya yang juga diserap oleh Buu.

Super Saiya God

Di Arc Universe Survival form ini juga muncul lho.

Memasuki 5 besar, tentu aneh kalau form ini nggak masuk peringkat. Form ini muncul pertama kali di film Battle of Gods dan juga di serial Dragon Ball Super. Sayangnya, Super Saiya God memiliki batas waktu. Meski begitu, form ini memiliki keuntungan yaitu mampu menyembuhkan luka.

Super Saiya Blue

Dengan warna biru, kekuatan Super Saiya Blue lebih unggul dari Super Saiya God.

Super Saiya Blue bisa dibilang form tersulit. Alasannya, Goku harus menggabungkan “ki” dari Super Saiya God dengan form Super Saiya. Seperti namanya, dalam form ini Goku memiliki mata dan rambut biru. Sementara, versi dari Goku Black disebut Super Saiya Rose dengan rambut berwarna pink.

Super Saiya 4 Gogeta

Siapa ingat pertarungan seru antara Super Saiya 4 Gogeta dan Naga Bintang Satu ini? Seru ya!

Dalam Dragon Ball GT, Goku dan Vegeta dalam form Super Saiya 4 terpaksa melakukan fusion. Hal ini disebabkan Naga Bintang Satu terlalu kuat setelah menelan 6 bola naga. Dalam serial Dragon Ball GT, bisa dibilang kalau Super Saiya 4 Gogeta adalah karakter terkuat.

Super Saiya Blue Kaio-Ken

Sejauh ini, Super Saiya Blue Kaio-Ken jadi form terkuat Goku.

Ini merupakan form tertinggi yang dilakukan Goku sejauh ini. Form ini merupakan gabungan Super Saiya Blue dan teknik Kaio-ken. Debut form ini terjadi ketika Goku melawan Hit dalam Turnamen Bela Diri Antara Universe 7 dan Universe 6. Turnamen ini terjadi demi memperebutkan Bumi antara Champa dan Beerus. Dengan bantuan Kaio-ken, Goku mampu mengendalikan form ini. Namun, di Dragon Ball Super, kabarnya Goku akan mendapatkan form baru yang lebih kuat!

Vegito Blue

Kejutan di Dragon Ball Super, munculnya Vegito Blue!

Karena sama-sama bisa memiliki form Super Saiya Blue, fusion Goku dan Vegeta ini juga bisa memiliki form Super Saiya Blue. Uniknya, nama Vegito Blue ini hasil dari pemikirannya sendiri. Karena kekuatan yang terlalu besar, jangka waktu form ini begitu pendek.

Itu dia beberapa form Goku dalam serial dan film Dragon Ball sejauh ini. Karena dalam waktu dekat di Dragon Ball Super, Goku akan kembali mendapatkan kekuatan form baru!

Written by
playing Football Manager during off time.

Is the Story Interesting?

0 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.