Deretan Titan Yang Memengaruhi Jalan Cerita “Attack On Titan”

Dalam serial Attack On Titan, Titan memegang peran penting dalam cerita selain karakter manusia. Misteri kemunculannya sekitar 100 tahun yang lalu bakal diungkap di second cour musim ketiga serial anime-nya. Sejak musim pertama serial anime-nya, Titan dianggap sebagai musuh utama serial ini. Jenis Titan ini dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu Titan Murni, Titan Abnormal, dan Titan Shifter. Ketiganya memiliki peran masing-masing dalam cerita. Perlu kamu catat, dalam artikel ini hanya akan membahas Titan yang muncul dalam anime saja demi menghormati mereka yang nggak baca manga-nya.

TITAN MURNI

Dengan tinggi antara 3-15 meter, Titan ini memiliki beragam jenis. Umumnya, Titan ini berjalan dengan dua kaki, tapi ada juga beberapa Titan yang berjalan dengan 4 kaki. Kebanyakan Titan Murni tidak memiliki kecerdasan dan menyerang manusia karena manusia dianggap makanan. Karena tidak memiliki kecerdasan, Titan Murni ini mudah sekali masuk perangkap atau bahkan dibunuh. Namun, mereka tetap berbahaya jika menyerang dalam jumlah banyak.

Dalam serialnya, Titan Murni dalah Titan yang paling banyak muncul karena jumlahnya banyak. Sawney, Bean, dan Smiling Titan termasuk jenis Titan Murni. Smiling Titan adalah Titan yang memakan ibu Eren yang membuat Eren bergabung dengan Survey Corps dan ingin membasmi Titan tanpa sisa. Sementara, Sawney dan Bean adalah Titan Murni yang rencananya akan diteliti dalam keadaan hidup, tapi dibunuh oleh Annie.

Baca juga: Begini Penampilan Yoshiki dan HYDE Nyanyikan Opening Attack on Titan Season 3

TITAN ABNORMAL

Titan ini secara wujud umumnya sama dengan Titan Murni. Namun, tingkah laku serta kecerdasannya melebihi Titan Murni. Berbeda sama Titan Murni, Titan Abnormal ini tidak akan gegabah menyerang manusia. Mereka hanya akan menyerang jika lokasinya menguntungkan mereka. Beberapa Titan Abnormal memiliki kemampuan unik seperti mengubah wujudnya menjadi lebih kurus atau gemuk, berlari kencang, atau mengubah bagian tubuh tertentu menjadi lebih keras agar pertahanannya lebih kuat.

Salah satu jenis Titan Abnormal adalah Wall Titan. Titan ini dibangun oleh Kerajaan agar mereka terhindar dari dunia luar. Titan ini memiliki kemampuan pengerasan tubuh yang memungkinkannya bisa membentuk dinding. Keberadaan Titan ini sangat dirahasiakan oleh pihak Kerajaan maupun orang-orang yang tahu rahasia ini. Wujud Titan ini mirip dengan Colossal Titan.

Baca juga: Attack on Titan Season 2 – Anime Review: A Must Watch!

TITAN SHIFTER

Jenis ini sangat berbeda dengan kedua jenis Titan sebelumnya. Titan ini berasal dari perubahan manusia menjadi Titan. Titan ini juga lebih kuat, lebih cerdas, serta memiliki gerakan lebih cepat daripada jenis Titan sebelumnya. Jika mampu mengendalikan kekuatannya, Titan Shifter memiliki kecerdasan di atas Titan lainnya. Mereka juga memiliki kemampuan regenerasi jika terluka.

Dalam serial anime-nya, sejauh ini diketahui ada 7 Titan Shifter. Mereka adalah Colossal Titan, Armored Titan, Mysterious Titan, Female Titan, Beast Titan, Ymir Titan, dan Founding Titan.

  • Colossal Titan adalah Titan pertama yang muncul dalam serialnya. Dengan tinggi 60 meter, Titan ini yang menyebabkan awal serangan Titan kepada umat manusia. Karena ukurannya yang besar, Titan ini sangat kuat dan mampu menghancurkan dinding. Ukurannya yang besar menyebabkan suhu tubuhnya tinggi, sehingga tubuhnya seriang diselimuti asap panas. Namun, ukurannya yang besar juga menjadi kelemahannya karena gerakannya menjadi lambat. Identitas asli Colossal Titan adalah Bertholdt Hoover yang diungkap di serial anime musim kedua.

  • Armored Titan adalah jenis Titan yang sebagian tubuhnya berlapis kulit keras. Hal ini menyebabkan serangan fisik tidak berpengaruh padanya. Sama halnya dengan Colossal Titan, Armored Titan termasuk Titan yang muncul di awal serialnya. Meski memiliki tinggi 15 meter, karena tubuhnya dilapisi kulit keras, Titan ini mampu menghancurkan dinding tanpa terluka. Gerakan Titan ini juga cukup cepat. Identitas asli Armored Titan adalah Reiner Braun yang diungkap di musim keduanya bersamaan dengan Colossal Titan.

  • Mysterious Titan adalah wujud perubahan Titan dari Eren Jaeger. Di musim pertamanya, Eren adalah manusia pertama yang diperlihatkan memiliki kekuatan Titan Shifter. Titan perubahan Eren ini memiliki kemampuan seni bela diri dan daya tahan yang kuat. Meski begitu, di awal perubahannya, Eren masih belum menguasai kekuatannya. Ciri khas Titan ini yaitu meraung yang menandakan dirinya marah. Raungan ini ternyata juga bisa mengendalikan Titan Murni karena Eren memiliki kekuatan Founding Titan yang diungkap di musim kedua serial anime-nya.

  • Female Titan adalah perubahan Titan dari Annie Leonhart yang diperlihatkan di musim pertama serial anime-nya. Seperti namanya, Female Titan memiliki wujud wanita, yang membedakan dirinya dengan jenis Titan lain. Kemampuan khusu Titan ini sama dengan kemampuan yang didapat Annie yaitu seni bela diri. Sama dengan Titan Shifter lainnya, Female Titan juga memiliki kecerdasan dan kecepatan. Titan ini juga mampu mengeraskan beberapa bagian tubuhnya agar tidak terluka saat diserang. Jika dirinya tersudut, Female Titan akan berteriak dan menarik perhatian Titan Murni untuk memangsanya seperti yang diperlihatkan di musim pertama anime­-nya.

  • Beast Titan yang muncul di episode pertama musim kedua Attack On Titan sangat berbeda dengan wujud Titan lainnya. Wujud Titan ini lebih mirip kera dengan tangan dan jarinya panjang, serta bulu yang menyelimuti tubuhnya. Beast Titan juga memiliki kemampuan yang tidak dimiliki Titan Shifter lain yaitu bisa berbicara. Beast Titan juga punya kemampuan untuk memberi perintah Titan Murni lewat suara atau raungan meski perintah ini kadang tidak selalu berhasil. Hingga saat ini, belum diketahui siapa identitas asli Beast Titan di serial anime-nya.

  • Ymir’s Titan adalah perubahan wujud Titan dari Ymir yang muncul di Attack On Titan Season 2. Titan ini memiliki tinggi 5 meter dengan rambut hitam panjang, iris mata yang lebar, dan tangan yang panjang. Karena tubuhnya kecil, gerakan Titan ini cepat dan gesit. Titan ini juga dilengkapi dengan gigi dan kuku tajam agar bisa melukai lawannya. Sejauh ini, Titan Ymir adalah jenis Titan terkecil yang pernah muncul. Ymir terpaksa berubah menjadi Titan demi melindungi teman-temannya, termasuk teman dekatnya yaitu Krista.

  • Founding Titan adalah Titan dengan kemampuan mengendalikan Titan dengan teriakannya. Teriakan ini juga berdampak pada manusia, dengan mengubah ingatan mereka. Namun, beberapa orang tidak akan terpengaruh karena kebal terhadap kekuatan ini, misalnya klan Ackermann. Kekuatan pengubah ingatan ini hanya dimiliki oleh keturunan keluarga Reiss. Dalam serial anime-nya, diungkap beberapa orang yang bisa berubah menjadi Founding Titan yaitu Raja Reiss Pertama, Uri Reiss, Frieda Reiss, dan Grisha Jaeger.

Itu dia beberapa jenis Titan yang berperan penting dalam kisah Attack on Titan, Joyfriends. Ada Titan yang jadi favoritmukah?

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>