Fakta Bangsa Saiya Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Kalau kamu penonton setia Dragon Ball, pasti nggak asing sama karakter bernama Goku dan Vegeta. Keduanya adalah bangsa Saiya yang menjadi inti dari kisah Dragon Ball. Selain itu, mereka adalah orang yang suka bertarung. Kekuatan mereka juga melebihi manusia biasa. Namun, apakah kamu yakin udah tahu tentang sejarah bangsa Saiya? Sebagai fans Dragon Ball, rasanya kurang afdol kalau nggak tahu sejarah bangsa Saiya ini. Kami bakal membahasnya untuk khusus buat kamu yang nge-fans banget sama Dragon Ball.

BANGSA SAIYA TINGGAL DI DUA UNIVERSE

Rumah Bangsa Saiya (doc. Toei Animation/AkiraToriyama)

Tahu nggak sih kalau bangsa Saiya itu tinggal di dua Universe? Mereka tinggal di Universe 6 dan Universe 7. Meski mereka adalah bangsa Saiya yang dikenal petarung, tempat tinggal mereka yang berbeda membuat karakter mereka juga sedikit berbeda.

Sifat bangsa Saiya dari Universe 7 cenderung agresif dan bernafsu ingin menjadi petarung terbaik di alam semesta. Sementara, bangsa Saiya di Universe 6 lebih memiliki sifat melindungi, baik melindungi keluarga maupun tempat tinggal mereka. Sayangnya, hampir semua bangsa Saiya di Universe 7 dihabisi oleh Frieza sebelum serial Dragon Ball dimulai. Kejadian ini dilakukan karena ketakutannya terhadap kesatria legendaris bernama Super Saiya.

GOKU DIKIRIM UNTUK MENGHANCURKAN BUMI

Goku dirawat Kakek Gohan (doc. Toei Animation/AkiraToriyama)

Buat kamu yang udah ngikutin serial Dragon Ball, kamu pasti udah tahu fakta mengejutkan ini. Buat kamu yang nge-fans Dragon Ball tapi belum tahu fakta ini, kamu perlu tahu bahwa awalnya Kakarot (alias Goku) dikirim ke Bumi untuk menghancurkannya. Ini dilakukan bangsa Saiya untuk menguasai alam semesta. Salah satunya menghancurkan planet demi menunjukkan kekuatan mereka.

Namun, Goku kecil malah ditemukan oleh seorang kakek bernama Gohan. Goku pun dirawat olehnya. Anehnya, Goku sama sekali tidak ingat misi yang diberikan kepadanya untuk menghancurkan Bumi.

BERASAL DARI PLESETAN SAYUR-SAYURAN

Menurut Akira Toriyama, dalam bahasa Jepang Saiyajin (bangsa Saiya) merupakan plesetan dari kata yajin (manusia liar) dan anagram dari kata yasai yang berarti sayur-sayuran. Nggak heran kalau nama-nama bangsa Saiya juga plesetan dari nama sayuran.

Bangsa Saiya berdarah murni seperti Raditz (radish/lobak), Kakarot (carrot/wortel), Vegeta (vegetables/sayuran), Nappa (napa/kubis cina), Paragus (asparagus), Broly (brokoli), dan Bardock (akar burdock) memiliki plesetan nama sayuran dalam nama mereka. Kebanyakan bangsa Saiya berdarah murni memiliki ekor.

RUMAH BANGSA SAIYA

Kera Raksasa menghancurkan Planet Tuffle (doc. Toei Animation/Akira Toriyama)

Bangsa Saiya tinggal di sebuah planet bernama Planet Sadala. Planet ini memiliki gravitasi 10 kali lipat gravitasi Bumi. Hal ini membuat mereka memiliki kecepatan dan kekuatan yang melebihi penghuni alam semesta. Di Universe 7, sebagian bangsa Saiya musnah gara-gara Frieza meledakkan Planet Sadala.

Di Universe 7, Planet Plant dikuasai oleh bangsa Saiya yang selamat. Mereka mengalahkan bangsa Tuffle dan mengganti namanya menjadi Planet Vegeta, sesuai dengan pemimpin dan petarung terkuat mereka yaitu Raja Vegeta.

Dalam kisah Baby Saga di serial Dragon Ball GT, Baby menceritakan bagaimana bangsa Saiya menghabisi bangsa Tuffle. Awalnya, bangsa Saiya tiba dengan pesawat luar angkasa kemudian menyerang bangsa Tuffle. Ketika bulan purnama, semua bangsa Saiya itu berubah menjadi Kera Raksasa dan menghabisi seluruh bangsa Tuffle hanya dalam waktu semalam.

Di Universe 6, sejarah mereka agak berbeda dengan Universe 7. Di Universe 6, bangsa Saiya lebih senang melawan kejahatan. Bangsa Saiya di Universe 6 bukanlah bangsa Saiya berdarah murni seperti di Universe 7. Mereka tidak memiliki ekor dan bisa berubah menjadi Super Saiya dengan mudah apabila sudah tahu tekniknya.

Dalam Tournament of Power, bangsa Saiya Universe 6 dihapus bersamaan dengan Universe 6 menyusul kekalahan Team Universe 6. Namun, mereka bangkit kembali setelah seluruh Universe dikembalikan seperti semula.

KEKUATANNYA DIUKUR SEJAK BAYI

Ketika bayi bangsa Saiya lahir, kekuatannya diukur. Jika kekuatannya melebihi batas petarung pada umumnya, mereka akan menjadi kandidat petarung. Namun, jika kekuatannya rendah, mereka akan menjadi petarung kelas bawah, teknisi, atau diberikan misi penyusupan.

Bangsa Saiya umumnya tidak tahu caranya melayang di udara. Kebanyakan dari mereka akan diajari dan ada juga yang bisa melakukannya sendiri. Melatih meningkatkan kekuatan bukanlah hal yang umum bagi mereka. Hanya beberapa anak bangsa Saiya yang dilatih agar kekuatan mereka meningkat.

FUNGSI EKOR BAGI BANGSA SAIYA

Chi Chi menarik ekor Goku (doc. Toei Animation/Akira Toriyama)

Semua bangsa Saiya berdarah murni dari Universe 7 lahir dengan ekor seperti monyet. Ketika dewasa, bangsa Saiya lebih suka menyembunyikan ekor mereka. Ekor ini memiliki fungsi seperti ekor monyet. Ekor ini bisa digunakan untuk bergelantungan atau menangkap benda yang dilempar.

Ekor ini menjadi bagian tubuh paling sensitif. Jika disentuh atau terluka, bisa mengakibatkan pemiliknya merasakan kesakitan yang sangat luar biasa, merasa kecapekan, atau bahkan membuat mereka pingsan. Namun, bangsa Saiya bisa melatih kelemahan mereka ini agar efeknya tidak berpengaruh pada mereka.

Dengan ekor ini, bangsa Saiya bisa berubah menjadi Kera Raksasa saat bulan purnama. Saat menjadi Kera Raksasa, mereka tidak akan kenal siapa kawan dan lawan. Ketika ekor mereka dipotong, mereka akan kembali ke wujud asalnya. Jika ekor mereka dipotong, sebagian bangsa Saiya akan kesulitan menjaga keseimbangan.

Goku dan Gohan termasuk yang kesulitan untuk berdiri pasca ekornya dipotong. Namun, ketika ekor Vegeta dipotong, dia mampu menjaga keseimbangan. Hal ini disebabkan karena dirinya adalah Pangeran bangsa Saiya yang sudah menyembunyikan ekornya sejak lama.

Itu dia pembahasan kami soal sejarah bangsa Saiya. Kalau kamu juga memiliki fakta menarik tentang bangsa Saiya yang kami belum tahu, tulis komentar kamu di bawah ya.

Written by
Short hair worshipper.

Is the Story Interesting?

5 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.