Goku vs Vegeta: Siapa Yang Lebih Kuat?

Kalau bahas soal Dragon Ball, tentu nggak bakal jauh-jauh dari Son Goku. Sebagai karakter utama, Goku emang menjadi ikon dalam serial karya Akira Toriyama ini. Dalam perjalanannya menjadi petarung, Goku dilatih oleh kakeknya,  Well, sebenernya kakek angkat sih karena Goku bukan berasal dari Bumi. Kemudian, dia dilatih oleh Guru Kura-kura yang menjadikannya kuat.

Ketika dewasa, tantangan Goku makin bertambah dengan munculnya Vegeta. Pangeran bangsa Saiya yang menganggapnya sebagai saingan. Pertemuan yang menjadi awal pertarungan sesama bangsa Saiya ini dimenangkan Goku. Seiring berjalannya waktu, Vegeta yang menikah dengan Bulma masih belum puas dengan hasil pertarungan pertama mereka dan masih bersaing untuk mencari tahu siapa yang lebih kuat. Dalam artikel kali ini, bakal dibahas siapa yang lebih kuat diantara keduanya.

GOKU MENDAPAT WUJUD SUPER SAIYA

Ketika kemunculan Frieza, nggak ada yang menyangka kalau Goku bisa berubah menjadi Super Saiya, prajurit legendaris bangsa Saiya yang ditakuti. Vegeta bisa dibilang kalah dalam hal ini. Menurutnya, dia sebagai Pangeran bangsa Saiya seharusnya mendapat wujud itu lebih dulu bukan bangsa Saiya rendahan seperti Goku.  Karena itu, Vegeta berlatih lebih keras agar bisa meyaingi rivalnya.

Bahkan, setelah pertarungan melawan Frieza, Vegeta masih belum bisa menguasai wujud Super Saiya. Sebaliknya, ketika Goku kembali ke Bumi dirinya mulai berlatih mengontrol Super Saiya dan berhasil melakukannya. Nggak cuma itu aja lho. Goku juga menguasai jurus teleportasi.

HASIL TIGA TAHUN LATIHAN

Sebelum kemunculan Cell, Goku dan kawan-kawan diserang oleh pasukan Android ciptaan Dr. Gero. Saat Goku kewalahan melawan Android 19, Vegeta muncul. Di sinilah panggung Vegeta dimulai. Dirinya mampu berubah menjadi Super Saiya setelah hasil latihan selama tiga tahun. Dengan wujud ini, Vegeta dengan mudah mengalahkan Android 19.

Vegeta mengatakan bahwa selama dia masih hidup, dialah yang akan mengalahkan Goku. Meski Goku dan Vegeta mampu mendapat wujud Super Saiya, ada musuh yang tidak bisa mereka kalahkan. Siapa lagi kalau bukan Cell. Dalam Cell Game, keduanya bahkan tidak bisa mengalahkan Cell dalam wujud sempurna. Ini gara-gara Vegeta yang dengan sombongnya menyuruh Cell mendapat wujud sempurna setelah dirinya menghajar Cell yang saat itu berhasil menyerap Android 17. Cell pun akhirnya mati di tangan Son Gohan.

KETIKA VEGETA DIKENDALIKAN BABIDI

Pertarungan Goku melawan Vegeta dalam Tenkaichi Budoukan sempat tertunda karena Kaio-shin meminta bantuan Goku dan kawan-kawannya mencegah kebangkitan Majin Buu. Namun, di tengah misi ini, Babidi mengendalikan pikiran Vegeta. Hal ini sengaja dilakukan Vegeta agar Goku mau melawannya. Dalam pertarungan ini pun Vegeta lebih unggul. selain itu, Vegeta juga punya keinginan mengalahkan Buu. Sayangnya, Vegeta harus gugur ketika melawan Buu.

Saat dihidupkan kembali, Vegeta akhirnya bekerjasama dengan Goku untuk mengalahkan meski agak terpaksa. Namun, ketika Buu kembali ke wujud aslinya, Vegeta tidak berdaya. Dia pun mengakui kalau Goku-lah petarung yang lebih hebat darinya. Sampai dengan berakhirnya Buu Saga, Vegeta masih belum menguasai Super Saiya 3 lho. Padahal Gotenks, hasil fusion Goten dan Trunks, bisa melakukannya. Inilah yang menjadi pertanyaan banyak fans.

SAAT VEGETA MELAWAN JIREN

Pertarungan Vegeta melawan Jiren ini sebenarnya sangat dinantikan. Pertanyaan soal Ultra Instinct Vegeta pun sepertinya bakal terjawab di sini. Namun, dirinya masih belum mendapat wujud Ultra Instinct seperti Goku. Bahkan, ketika Goku mampu menguasai Ultra Instinct sepenuhnya, Vegeta masih belum bisa menguasai form ini.

Namun, nggak usah khawatir. Dragon Ball Super masih belum tamat. Menarik ditunggu apakah Vegeta mampu menguasai Ultra Instinct atau bahkan melampaui Ultra Instinct milik Goku.

KESIMPULAN

Kalau menyimak penjelasan di atas, bisa dilihat kalau Goku lebih kuat daripada Vegeta. Bermacam form udah dikuasai Goku untuk mengalahkan musuh-musuhnya. Bahkan, ada form yang Vegeta aja masih belum bisa menguasainya. Vegeta juga udah mengakui dalam Buu Saga kalau Goku-lah petarung nomor satu.

Namun, pendapat berbeda justru dikatakan oleh Akira Toriyama. Selaku pencipta kedua tokoh ini, dia menganggap Vegeta-lah yang lebih kuat. Akira menganggap bahwa sebagai Pangeran bangsa Saiya, Vegeta dididik dan dilatih dengan sangat keras oleh sang Ayah. Ini yang membuat Vegeta punya sifat nggak mau kalah. Selain itu, Akira menganggap Vegeta adalah sosok ayah idaman.

Itu dia pembahasan kami tentang Goku vs Vegeta. Menurut JoyFriends, siapa sih yang lebih kuat di antara keduanya? Kasih opini kamu dan alasannya di kolom komentar ya.

Written by
Short hair worshipper.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.