Lima Cara untuk Bisa Berkarir sebagai Seiyuu di Jepang

Pekerjaan menjadi seiyuu di Jepang menjadi salah satu impian para anak muda yang nge-fans sama anime maupun video game. Soalnya, semakin banyak serial anime saat ini membuat beberapa seiyuu harus bekerja di beberapa judul anime. Dengan menjamurnya para seiyuu muda, diharapkan beberapa para seiyuu nggak perlu lagi ngisi banyak karakter. Lalu, gimana sih caranya biar bisa berkarir jadi seiyuu?

MENJADI ANGGOTA RADIO BROADCASTING DRAMA TROUPE

Alm. Junpei Takiguchi dikenang dalam perannya sebagai Polunga di Dragon Ball Z

Karena berawal dari drama radio, kebanyakan mereka yang ingin jadi seiyuu memilih jalur ini. Calon seiyuu bakal dilatih sama tim seiyuu senior. Mereka kemudian diberikan peran sesuai dengan karakter suara.

Karena seiyuu dituntut bisa memerankan banyak jenis karakter, para calon seiyuu ini pun bakal dilatih untuk bisa mengeluarkan berbagai jenis suara sesuai dengan karakter yang bersangkutan. Karakter yang serius misalnya, ada kecenderungan bersuara berat dan dalam. Sementara karakter anak kecil biasanya akan high pitched dan ceria setiap saat.Selain itu, mereka juga harus berlatih untuk mengeluarkan suara dalam berbagai ekspresi emosi.

Biasanya sih stasiun radio lokal juga bekerjasama dengan agensi-agensi yang berada di kota besar. Para seiyuu muda ini bakal dicarikan pekerjaan, misalnya menjadi pengisi karakter figuran dalam serial drama impor. Jika menjanjikan, karir mereka bisa bermula dari sana.

Contoh seiyuu yang berasal dari jalur ini yaitu almarhum Tōru Ōhira dan Tadashi Nakamura dari Tokyo Radio Broadcasting Drama Troupe. Lalu, ada juga Junpei Takiguchi (Nenek Peramal & Polunga/Dragon Ball), almarhum Nobuo Tanaka (Shintarou Chaki/Detective Conan), dan Mariko Mukai (Panchy/Dragon Ball Z).

Baca juga: Tujuh Anime Musim Dingin Yang Wajib Kamu Tonton

BERAWAL DARI AKTOR CILIK

Toru Furuya saat kecil bergabung dengan Himawari Company

Beberapa seiyuu bahkan memulai karirnya sejak SMP. Mereka bergabung dengan kelompok teater anak-anak, seperti Himawari Company dan Komadori Group. Para seiyuu ini melatih skill mereka dari akting. Dari sinilah mereka bisa memerankan karakter yang bermacam-macam serta melatih suara mereka. Setelah lulus SMA, tim scouting dari beberapa agensi akan memilih mereka untuk bekerja sebagai seiyuu profesional.

Contoh seiyuu yang menempuh jalur ini yaitu Ryūsei Nakao (Freeza/Dragon Ball Z) dan Tōru Furuya (Rei Furuya/Detective Conan). Mereka bahkan udah debut menjadi seiyuu sejak SMP lalu berlanjut hingga sekarang. Mendiang Hiromi Tsuru (Bulma/Dragon Ball) juga memilih jalur ini saat awal mula menjadi seiyuu.

MENJADI AKTOR TEATER

Pengisi suara karakter Reiner ini memulai karirnya dari aktor teater

Beberapa tim scouting dari agensi seiyuu juga memantau para aktor teater mulai dari siswa sekolah hingga mahasiswa. Hal ini bisa terjadi karena beberapa aktor teater tersebut berperan dalam teater yang berafiliasi dengan Shingeki Theatre Company. Misalnya ajaBungaku Company, Seinen Company, Troupe Pleiades, Theatrical Group EN, dan Theatre Echo. Yoshimasa Hosoya (Reiner Braun/Attack on Titan) adalah contoh anggota teater saat SMA sebelum menjadi seiyuu profesional.

Baca juga: Fenomena “Waifu Wars” dari Masa Ke Masa (Part 1)

MASUK SEKOLAH SEIYUU

Kesuksesan pengisi suara Rei Ayanami ini berawal dari sekolah seiyuu

Kebanyakan seiyuu senior memulai karirnya dari sekolah seiyuu. Nggak ada batasan usia untuk masuk ke sekolah ini. Mulai dari siswa SD, mahasiswa, hingga dewasa diperbolehkan untuk mendaftar. Selain lewat mendaftar, tim dari sekolah ini melakukan scouting di beberapa tempat seperti teater sekolah maupun kampus untuk mencari murid. Jalur sekolah seiyuu adalah jalur yang dibilang paling mudah, tapi persaingan menuju karir seiyuu jadi lebih sengit.

Kebanyakan sekolah seiyuu yang berafiliasi dengan agensi biasanya akan mengadakan audisi untuk memerankan karakter. Jika lulus, karir mereka bisa terjamin. Namun, bagi mereka yang tidak berhasil, akan mencoba masuk sekolah seiyuu lain atau masuk teater untuk mengasah kembali kemampuan mereka.

Contoh seiyuu  profesional yang memilih jalur ini yaitu Megumi Hayashibara (Ai Haibara/Detective Conan), Nobuyuki Hiyama (Hyuga Kojirou/Captain Tsubasa J), Megumi Ogata (Yugi Mutou & Yami Yugi/Yu-Gi-Oh!), Alm. Kaneto Shiozawa (Devimon/Digimon Adventure), Kōichi Yamadera (Beerus/Dragon Ball Super), Kikuko Inoue (Minerva/Fairy Tail), Kotono Mitsuishi (Boa Hancock/One Piece), dan Toshiyuki Morikawa (Minato Namikaze/Naruto Shippuuden).

BERASAL DARI DUNIA HIBURAN

Mao Ichimichi menggunakan nama M.A.O dalam karirnya di dunia seiyuu

Beberapa seiyuu juga berasal dari dunia hiburan. Pekerjaan mereka dari bermacam genre seperti model, aktor drama teater, aktor serial TV, bahkan komedian. Umumnya, mereka banting setir ke dunia seiyuu karena tertarik dengan peran di belakang layar.

Junko Iwao (Tomoyo Daidōji/Cardcaptor Sakura) dan Noriko Hidaka (Near/Death Note) yang sebelumnya menjadi idol kini menjadi seiyuu. Ada juga mantan gravure idol yang banting setir menjadi seiyuu seperti Marina Ōno (Uriko/Bloody Roar), Ryōka Yuzuki (Nakuru Akizuki/Ruby Moon/Cardcaptor Sakura), dan Chiemi Chiba (Mio Sawada/To Love-Ru). Bahkan, Yumi Kakazu (Anzu/Yu-Gi-Oh!) dan Yuki Matsuoka (Orihime Inoue/Bleach) sebelumnya adalah mantan reporter yang sekarang menjadi seiyuu.

Masakazu Morita (Whis/Dragon Ball Super) dan Mayuko Aoki (Turk/Last Order: Final Fantasy VII) adalah seiyuu yang memulai debutnya sebagai motion actor dalam game Final Fantasy. Sementara, Mamoru Miyano (Light Yagami/Death Note) yang dulunya adalah pemeran Prince of Tennis Live Musicals lebih memilih menjadi seiyuu.

Baca juga: Love Live! Sunshine!! Season 2 – Review: Sampai Jumpa Lagi, Aqours

Beberapa seiyuu ada pula yang menjalani dunia seni peran dengan menjadi aktor dan aktris tokusatsu. Misalnya, mendiang Machiko Soga (Witch Bandora/Zyuranger), Reiko Chiba (Mei, Ptera Ranger/Zyuranger), Hiroshi Tsuchida (Saizo, NinjaBlue/Kakuranger dan Grisha Yaeger/Attack on Titan), Mao Ichimichi (Luka Millfy,Gokai Yellow/Gokaiger dan Hikari Yagami/Digimon Adventure tri.), serta Komiya Arisa (Usami Yoko, Yellow Buster/Go-Busters dan Kurosawa Dia/Love Live! Sunshine!!)

Dalam serial atau film tokusatsu, para aktor secara nggak langsung juga menjadi seiyuu lho. Soalnya, orang dalam suit armor bukanlah para aktor sendiri, melainkan suit actor. Para aktor tokusatsu ini bakal mengisi dialog yang mereka katakan saat suit actor melakukan aksinya. Kegiatan ini dilakukan setelah syuting selesai.

Itu dia berbagai cara untuk menjadi seiyuu di Jepang, Joyfriends! Gimana, berminat untuk berkarir sebagai seiyuu?

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>