Karakai Jouzu no Takagi-san – Review: Couple of the Season!

User Rating: 8.7
Anime satu ini bakal mengingatkan kamu akan cinta monyet sama temen sebelah kamu di kelas pada masa-masa sekolah!

Tema anime kehidupan sekolah sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi menceritakan sebuah kisah romantis antara dua protagonis utamanya. Biasanya, anime genre romance/slice of life di sekolah berisi drama yang membuat kita tahu bagaimana perjuangan para protagonis dalam mempertahankan hubungan merekaNamun Karakai Jouzu no Takagi-san memberikan sentuhan baru dan mengambil kisah romance sekolah dari sisi yang lebih humoris.

Adaptasi anime dari manga karya Sōichirō Yamamoto ini menceritakan kehidupan Takagi, cewek yang bisa dijuluki “Ratu Jahil” ini suka sekali menggoda temannya, Nishikata. Hampir setiap kali mereka bertemu, di kelas maupun di kota, Takagi selalu bisa menjahili Nishikata dalam jenis prank apapun. Mulai dari yang kecil hingga benar-benar mempermalukan Nishikata di depan kelas.

Nishikata merasa kesal dengan kelakuan Takagi, namun setiap kali dia mempunyai rencana yang menurutnya foolproof, rencana itu selalu backfire dan Takagi selalu menang. Setiap hari adalah perjuangan untuk Nishikata, dia bertekad untuk membalas semua yang telah dilakukan oleh Takagi kepadanya. Namun tanpa sepengetahuan Nishikata, Takagi sebenarnya selalu berusaha untuk menjahilinya karena dia cinta pada cowok ini dan dia selalu menikmati ekspresi Nishikata ketika dia dijahili.

Premis Simple

Anime ini tidak susah untuk dinikmati, karena ceritanya berfokus kepada seorang cewek yang ingin mendapatkan perhatian cowok kesukaannya dengan menjahilinya. Cerita seperti ini memang bukan ide yang baru ataupun menarik untuk diadaptasikan menjadi anime, namun eksekusinya di sini sangat bagus. Kita bisa lihat bahwa Takagi tidak memiliki kesulitan apapun untuk membuat Nishikata malu.

Namun cara Nishikata merencanakan balas dendamnya terhadap Takagi sangatlah menyenangkan untuk dilihat.  Saat Takagi dengan tenang mendengar guru di kelas, Nishikata berbicara dalam hati dengan penuh tekad dan semangat, karena dia sudah capek dengan Takagi yang selalu berhasil menjahilinya. Setelah merencanakan itu semua, Nishikata pun mengeksekusi rencananya, namun selalu gagal dan dia selalu dimarahin gurunya. Penderitaannya pun makin lengkap karena Takagi jadi punya alasan lagi untuk menertawakannya.

Nishikata merencanakan balas dendamnya. (doc. Funimation)

Kisah Takagi & Nishikata

Pada permulaan anime ini, cinta Takagi terhadap Nishikata lebih one sided karena Nishikata menganggap aksinya Takagi hanyalah menggangu dia. Namun karena namanya juga masih anak-anak ABG, mereka masih sangat awkward dan nggak tahu bagaimana caranya PDKT dengan cara yang lebih dewasa dan normal. Yang mereka tahu ya menjahili atau mengejek orang itu supaya setidaknya bisa berinteraksi dengan mereka.

Itulah mengapa Takagi selalu menjahili Nishikata, karena dia ingin perhatian darinya, dan dia selalu ingin menemani Nishikata kemanapun dia pergi.  Hubungan mereka pun juga sangat sehat, dimana Takagi dan Nishikata selalu support satu sama lain. Seperti misalnya Nishikata menyukai light novel yang bertema romance, Takagi masih mendukung dan menerima Nishikata seadanya.

Dengan seiring berjalannya waktu, kita bisa melihat kalau Nishikata pun mulai menunjukkan tanda-tanda bahwa dia ada rasa untuk Takagi. Seperti saat mereka berdua berbelanja untuk baju renang, Nishikata mengaku bahwa Takagi terlihat cantik memakai beberapa baju renang, ia pun membantu Takagi memilih baju renang yang cocok untuknya.

Nishikata juga sebenernya nggak mau menyakiti Takagi. Iya memang dia mau balas dendam, tapi dia juga selalu berhati-hati dalam memilih kata-katanya, supaya tidak menyakiti perasaan Takagi terlalu dalam. Dan hubungan ini terus berkembang dengan baik, dan menggambarkan jelas masa depan mereka saat berpacaran seperti apa.

Takagi membantu Nishikata belajar. (doc. Funimation)

Karakter Beragam

Ragam karakter yang berada di anime ini memberikan sensasi yang lebih real, karena desain-desain setiap karakter memiliki keunikan masing-masing, mulai dari dalam kelas. Setiap kali ada adegan di dalam kelas, kita bisa lihat kalau setiap anak di kelas tersebut memiliki muka yang berbeda, tidak ada yang sama dengan yang lain. Hal seperti ini pantas dapat nilai plus karena memperlihatkan niat para kreator untuk membuat ragam karakter yang luas. Dan ada 3 kawan yang selalu muncul dalam sela sebelum balik ke adegan yang ada Takagi dan Nishikata, dimana mereka memiliki cerita sendiri.

Verdict

Anime ini cocok buat Joyfriends yang pengen nostalgia masa-masa PDKT sama gebetan waktu jaman sekolah dulu. Kalian dijamin bakal ngerasa gemes-gemes gimana gitu sama interaksi Takagi dan Nishikata. Meski awalnya diperlihatkan selalu bermusuhan, tapi seiring dengan berjalannya waktu, kita diperlihatkan kalau kedua anak ini emang memiliki chemistry tersendiri dan cocok satu sama lain.

Meski begitu, dari segi penceritaan, Karakai Jouzu no Takagi-san emang bisa dibilang memiliki pace yang lambat. Nggak banyak action yang bisa ditemukan di sini. Daya tarik utama anime ini emang ada di momen-momen Takagi dan Nishikata saling adu pintar.

Summary
Anime ini cocok buat Joyfriends yang pengen nostalgia masa-masa PDKT sama gebetan waktu jaman sekolah dulu. Kalian dijamin bakal ngerasa gemes-gemes gimana gitu sama interaksi Takagi dan Nishikata. Meski awalnya diperlihatkan selalu bermusuhan, tapi seiring dengan berjalannya waktu, kita diperlihatkan kalau kedua anak ini emang memiliki chemistry tersendiri dan cocok satu sama lain.
Good
  • Character Development Bagus
  • Karakter yang Beragam
  • Premis Simpel
Bad
  • Cerita terasa sedikit pelan
8.7
Great

Is the Story Interesting?

5 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>