Marley vs. Eldia Menjadi Akhir Kisah Shingeki no Kyojin

Setelah Shingeki no Kyojin Season 3 berakhir pada 1 Juli lalu, di akhir tayangan diperlihatkan teaser untuk Shingeki no Kyojin: Final Season. Kabar ini membuat para fans sedih karena tahun 2020 mendatang akan menjadi akhir dari Shingeki no Kyojin. Tahun 2019 ini, manga yang mengisahkan pertempuran manusia melawan Titan sudah genap berusia 10 tahun.

Hajime Isayama selaku creator juga udah membuat panel untuk final arc yang ditayangkan salah satu televisi di Jepang. Seperti apa kelanjutan kisah Shingeki no Kyojin yang akan memasuki babak akhir? Buat Joyfriends yang nggak baca manga-nya, artikel ini akan mengandung spoiler.

MARLEY ARC

Di musim ketiga Shingeki no Kyojin udah mengungkap sejarah asal usul Titan, hingga permusuhan antara Marley dan Eldia yang membuat kondisi Eren dan manusia di dalam dinding selalu ketakutan akan serangan Titan. Musim terakhir serialnya akan melanjutkan pertempuran yang udah dimulai beberapa tahun yang lalu.

Kisah Marley arc ini dimulai beberapa tahun setelah pertarungan melawan para Titan di Shiganshina. Marley baru saja menyelesaikan pertempuran dengan pasukan gabungan menggunakan kekuatan Titan.  Namun, kehilangan Colossal Titan yang dimakan Armin dan Titan Wanita yang membeku di dalam kristal membuat mereka kekurangan kekuatan tempur. Satu-satunya yang bisa membuat mereka tetap digdaya adalah kekuatan Titan Koordinat yang mampu mengendalikan Titan lainnya.

Sayangnya, kekuatan Titan Koordinat ini ada di tangan Eren, yang ingin membalas dendam atas perlakuan Marley kepada penduduk Pulau Paradis. Namun, Eren harus menghadapi penduduk Eldia lainnya yang ternyata masih ada di luar dinding.

PERTARUNGAN TERAKHIR

Setelah serangan Eren di Liberio, salah satu kota di Marley, pemerintah Pulau Paradis dihadapkan dua pilihan. Mereka harus menghukum Eren karena melanggar perintah atau bersiap menghadapi serangan Marley beserta sekutunya. Namun, Eren melarikan diri dengan bantuan pasukan serta para pendukungnya yang disebut Jaegerist.

Pertempuran akhir ini akan menjadi penentu pihak mana yang akan menang. Penduduk Pulau Paradis yang ingin bertahan hidup ataukah Marley yang masih menyimpan dendam atas perlakuan terhadap leluhurnya. Mungkinkah ada ending tak terduga yang bakal disuguhkan Hajime Isayama? Ataukah akan terjadi lagi siklus berdarah seperti yang dialami oleh leluhur Eldia dan Marley?

Dalam sebuah wawancara radio, Isayama-sensei mengatakan bahwa manga karyanya akan tamat kurang lebih 1 tahun lagi. Artinya, jika manga ini terbit 1 bulan sekali, maka tinggal 12 bab yang tersisa. Sampai saat itu tiba, sebaiknya kita bersabar seperti apa ending-nya nanti.

Written by
Short hair worshipper.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.