Mob Psycho 100 VS JoJo’s Bizarre Adventure, Nonton yang Mana Ya?

Mob Psycho 100 meski terbilang "anak kemarin sore" langsung mendapatkan banyak fans. Tapi Jojo's Bizzare Adventure yang legendaris nggak kalah seru.

Gimana jadinya kalau kamu punya psychic power atau bahasa gaulnya disebut cenayang? Tentu aja seru atau kadang menyeramkan. Namun, kalau dipakai buat menumpas kejahatan, pasti akan berguna juga buat kita sih. Kayak yang diekspos dalam dua serial anime ini, Mob Psycho 100 dan JoJo’s Bizarre Adventure.

Dalam serial tersebut, masing-masing karakter utamanya memiliki psychic power yang mereka gunakan untuk menumpas kejahatan. Lalu, di antara kedua serial ini, lebih milih nonton yang mana? Nih kita bahas bareng-bareng deh!

Gaya dari anime ini berbeda dengan anime-anime lainnya. Lebih laki juga sih!

JoJo’s Bizarre Adventure : keluarga pemilik psychic power

Kita mulai dari Jojo’s Bizarre Adventure. Anime ini diadaptasi dari manga karya Hirohiko Araki. Serial manga-nya bisa dibilang awet. Sejak terbit awal Januari 1987 sampai sekarang, Jojo’s Bizarre Adventure masih on-going sampai udah terbit 119 jilid. Awalnya, serial manga ini terbit mingguan sampai 2004. Kemudian, terbit bulanan pada 2005 sampai sekarang dengan jumlah halaman yang lebih banyak.

JoJo’s Bizarre Adventure mengisahkan tentang keluarga Joestar, keluarga yang anggotanya ditakdirkan memiliki kekuatan berbeda untuk mengalahkan musuh yang memiliki kekuatan supranatural. Uniknya, manga ini dibagi ke dalam 8 bagian dan tiap bagian mengisahkan salah satu anggota keluarga Joestar yang disingkat JoJo. Bagian 1 sampai 6 manga-nya saling berhubungan, sementara bagian 7 dan 8 mengambil latar alternate universe.

Dilansir kotaku, sebelum dirilis ke dalam serial anime, JoJo’s Bizarre Adventure dirilis dalam bentuk OVA sebanyak 13 episode pada 1993-1994 dengan mengadaptasi 3 bagian awal manga-nya. Dalam 13 episode awal ini, JoJo dan anggota keluarganya harus berhadapan dengan vampir abadi bernama Dio.

Namun, ternyata misi ini nggak mudah, karena Dio memiliki pasukan yang disebut Stand, arwah yang memiliki kekuatan supranatural yang berbeda-beda. Para Stand ini bukanlah arwah biasa. Mereka bisa berbentuk kabut yang mampu mengendalikan pikiran atau bahkan tanaman yang bisa mengendalikan ingatan.

Konflik dalam serial ini adalah tujuan Stand serta kelemahan mereka. Ketika hal tersebut terungkap, muncul misteri lain yaitu siapa pengguna Stand sebenarnya dan di mana persembunyiannya. Dengan musuh yang masih jadi misteri, wajar kalau serial ini menghibur dan layak diikuti.

Pada 2012, akhirnya serial anime ini dirilis dengan 26 episode yang mencakup dua bagian dalam manga-nya. Nggak seperti OVA-nya, serial ini lebih fresh dengan animasi yang lebih jernih. Kemudian, musim keduanya hadir pada 2014-2015 dengan episode yang lebih panjang yaitu 48 episode yang mencakup bagian ketiga manga-nya. Lalu, musim ketiga hadir pada 2016 dengan 39 episode yang mencakup bagian keempat manga-nya.

Mungkin aja akan ada satu waktu di mana One-Punch Man hadir dalam serial Mob Psycho 100.

Mob Psycho 100 : persembahan pain pencipta One-Punch Man

Mob Psycho 100 merupakan adaptasi manga karya ONE. Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan nama itu. Yup! Dialah pencipta One-Punch Man. Berbeda dengan One-Punch Man yang berbasis web-comic, Mob Psycho 100 ini murni serial manga yang diterbitkan oleh Shogakukan. Manga ini udah terbit sejak 2012 sampai sekarang.

Mob Psycho 100 mengisahkan tentang murid SMP bernama Shigeo Kageyama yang dijuluki Mob karena hawa keberadaannya yang lemah. Meski begitu, dia adalah pemilik psychic power yang kuat. Semakin dewasa, Mob sadar kalau kekuatannya ini makin kuat dan membahayakan.

Supaya kekuatannya nggak hilang kendali, dia tinggal di lingkungan yang membuatnya tenang agar emosinya stabil. Dia ingin hidup layaknya orang biasa. Namun, ketika masalah datang dan membuat emosinya nggak terbendung, kekuatan dalam dirinya mencapai batasnya dan mengancam lingkungan sekitarnya.

Dalam musim pertamanya, 12 episode udah dirasa cukup untuk mengenalkan beberapa karakter yang berpangaruh dalam cerita. Selain Shigeo alias Mob, Arataka Reigen hadir sebagai pemilik psychic power yang suka menipu. Meski penipu, ternyata dia mampu melatih Mob dengan baik dalam mengendalikan kekuatannya. Bisa dibilang Reigen adalah mentor-nya Mob.

Selain mereka berdua, ada pula kelompok villain bernama Claw yang dipimpin Touichirou Suzuki. Touichirou memiliki psychic power yang setara dengan Mob. Tujuan Claw adalah menguasai dunia. Touichirou tinggal bersama putranya bernama Shou, yang juga pemiliki psychic power yang kuat dan mampu mengalahkan psychic power lawannya.

Dengan manga-nya yang masih on-going, sepertinya kita harus sabar buat musim keduanya.

Kedua anime tersebut menarik, tergantung kamu lebih tertarik dengan tema atau gaya yang seperti apa.

Yang satu legendaris, satunya lagi “anak kemarin sore”

Harus diakui JoJo’s Bizarre Adventure adalah “bapak” dari manga atau anime bergenre supranatural. Selain itu, psychic power yang dimilki anggota keluarga JoJo juga berbeda-beda. Dilansir Kotaku, meski manga-nya udah berusia lebih dari 30 tahun, adalah alasan tepat jika serial anime-nya sekarang digabungkan dengan versi lawasnya meski nggak ada pengaruh yang signifikan.

Selain itu, ­art-nya pun berbeda dengan anime pada umumnya. Kalau kamu mau menikmati anime dari manga legendaris dengan misteri yang masih menyelimuti di dalamnya, JoJo’s Bizarre Adventure bisa jadi salah satu pilihan.

Sementara, meski dibilang baru, Mob Psycho 100 langsung menarik minat para fans. Beberapa orang yang baru kenal, mungkin nggak sadar kalau anime ini juga merupakan karya ONE, yang juga menciptakan One-Punch Man.

Namun, kalau melihat art-nya yang mirip, tentu fans fanatik akan langsung tahu. Selain itu, kesamaan keduanya adalah sisi komedi yang ditonjolkan. Kalau kamu mau melihat sisi lain ONE yang berbeda saat menciptakan One-Punch Man, Mob Psycho 100 bisa jadi tontonan yang menarik.

Written by
Short hair worshipper.

Is the Story Interesting?

0 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.