Deretan Serial Digimon dari Masa ke Masa

“Kamu anak Pokemon atau Digimon?”

Hanya dengan satu kalimat itu, kalian bisa memulai perang dingin antar fanbase yang sama-sama berasal dari generasi 90an, dengan konsep franchise yang hampir serupa. Jika Pokemon mempunyai kepanjangan ‘Pocket Monster’ maka kepanjangan dari Digimon adalah ‘Digital Monster’. Masing-masing franchise juga memiliki istilah ‘evolve’ atau ‘evolusi’ walau dengan sistem yang berbeda satu sama lain.

Nah, mumpung akan ada proyek animasi baru dari seri Digimon Adventure, ayo kita telusuri seluk-beluk Digimon, mulai dari pencipta, sejarah, daftar serinya, serta apa yang membuatnya disukai.

The Digihistory

Bapak dari serial Digimon adalah Akiyoshi Hongo. Ia adalah konseptor, serta penggagas desain Digimon yang awalnya diciptakan untuk menyaingi permainan mengasuh hewan digital, seperti Tamagochi, dan Giga Pet. Pertama kali rilis pada tahun 1999, Digimon merilis serial animasinya dengan tajuk Digimon Adventures. Seri ini menceritakan tentang sekelompok anak terpilih yang dipanggil untuk menyelamatkan Digiworld, sebuah dunia pararel dengan dunia nyata, yang terancam oleh keberadaaan Digimon jahat.

Hingga saat ini, serial Digimon telah mengeluarkan delapan serial televisi, sembilan film, 12 judul manga, dan beragam judul video game yang merupakan spin-off, atau cerita yang berdiri sendiri dari serial aslinya.

Digiseries

Serial Digimon pada umumnya menceritakan kisah tentang sekelompok anak terpilih yang ditakdirkan untuk menyelamatkan Dunia Digital, yang pararel dengan dunia nyata. Sekelompok anak tersebut, yang dijuluki digidestined, masing-masing mendapatkan Digimon mereka sendiri, yaitu monster-monster yang menghuni dunia digital. Nah, masing-masing Digimon ini memiliki kecerdasan, serta perasaan, dan kepribadian masing-masing layaknya manusia biasa.

Digimon Adventures

Serial televisi yang mengawali petualangan Digimon. Rilis pada tahun 2000, Digimon Adventure menceritakan tentang tujuh anak terpilih yang ditugaskan untuk menyelamatkan dunia Digital. Ketujuh anak tersebut masing-masing mendapat partner Digimon mereka masing-masing, dan dapat berevolusi menggunakan alat bernama Digivice.

Anak-anak tersebut adalah Taichi, Sora, Yamato, Koushiro, Mimi, Joe dan Takeru. Mereka bersama partner Digimon masing-masing, bekerja sama untuk menyelamatkan dunia Digital dari Devimon dan Myotismon. Seri yang tayang pada tahun 2000 ini pernah ditayangkan di televisi Indonesia.

Digimon Adventure 2

Melanjutkan cerita dari seri pertamanya, sebuah ancaman baru datang di dunia digital. Seseorang yang mengaku bernama Digimon Emperor memperbudak para Digimon, dan membuat Digimon monter bernama Chimeramon, Takeru dan Hikari kemudian mencari Digidestined baru yang dapat membantu menghentikan rencana jahat tersebut.

Dalam seri ini, Digidestined dari season satu masih muncul, akan tetapi mereka sudah beranjak dewasa, dan menginjak bangku SMP.

Digimon Tamers

Seri ketiga ini memiliki cerita yang terlepas dari dua season sebelumnya. Seri ini menceritakan para Digimon yang secara tidak sengaja keluar dari dunia digital ke dunia nyata. Mereka secara tidak sengaja bertemu dengan anak-anak yang kemudian menjadi Tamer menggunakan digivice yang disebut D-Arc.  Musuh mereka adalah Deva, sekelompok Digimon jahat yang ingin menggunakan kemampuan Calumon untuk menguasai dunia digital.

Digimon Frontiers

Jika di seri-seri sebelumnya Digimon adalah partner dari masing-masing tokoh, Digimon Frontier mengambil konsep berbeda dimana justru para tokoh yang berubah menjadi Digimon. Dengan premis cerita yang serupa, dimana para Digidestined harus menyelamatkan dunia dari kejahatan Cherubimon, para tokoh utama berevolusi menjadi Digimon dengan artifak bernama Spirit, yang menyimpan kekuatan ‘Ten Legendary Warriors’.

Digimon Savers (Digimon Data Squad)

Walau Agumon kembali muncul di seri ini, tidak ada hubungan antara cerita dari Digimon Savers alias Digimon Data Squad (Versi US) dengan seri pertamanya. Digimon Squad Data menceritakan tentang Daimon Masaru, seorang petarung jalanan yang bertemu dengan Agumon. Mereka kemudian menjadi partner, dan bergabung dengan DATS, sebuah organisasi yang mengembalikan Digimon-Digimon yang muncul di dunia nyata ke dunia Digital dalam bentuk Digi-egg.

Digimon Xros Wars (Digimon Fusion)

Ketika dunia Digital terpecah oleh fraksi yang memperebutkan artifak Code Crown yang memiliki kekuatan luar biasa, Kudou Taiki bersama Shoutmon membentuk fraksi mereka sendiri yang bernama Fusion Fighter. Dalam petualangannya, Taiki dan Shoutmon mengumpulkan Digimon-Digimon yang kuat, dan bersama menghentikan rencana jahat fraksi Bagra Army.

Digimon Adventure Tri

Digimon Adventure Tri, atau Digimon Tri kembali menceritakan kelompok Taichi dkk dari seri originalnya. Diceritakan mereka sudah tumbuh dewasa dan menginjak bangku SMA, mereka pun sudah jarang bertemu dan memiliki kehidupan masing-masing. Ancaman baru datang ketika Digimon yang terinfeksi muncul di dunia nyata, dan menyebabkan kekacauan. Cerita dalam seri ini lebih serius, dan ditujukan untuk penonton seri aslinya yang kini sudah lebih dewasa.

Digimon Adventure Tri dipecah menjadi enam film, dimana seri keenam baru aja ditayangkan tahun ini.

Digimon Universe: Appli Monster (Bonus)

Keunikan judul ini dibanding seri-seri sebelumnya, adalah sebutan ‘Applimon’ dibanding ‘Digimon’, sehingga seri ini dihitung sebagai franchise yang berdiri sendiri. Premis ceritanya adalah Applimon, monster digital yang ada dalam jaringan smartphone. Ancaman datang dalam bentuk virus yang menyebar di jaringan internet, dan menginfeksi para Applimon.

New Digimon Project Soon!

Berita baru muncul di halaman Twitter Digimon Tri, bahwa projek anime baru sedang ada dalam masa pengerjaan.

Dikutip dari Comicbook.com, informasi yang dikeluarkan oleh TOEI, adalah project Digimon baru akan memiliki target audience yang luas. Maka sepertinya, selain untuk memuaskan nostalgia penggemar lamanya, tidak menutup kemungkinan bahwa projek ini akan berlanjut untuk mengenalkan kembali Digimon pada fanbase yang baru.

Kemudian, pada acara Digimon Adventure Thankgiving Fest pada akhir Juli lalu, desain Taichi dan Yamato versi umur 22 tahun telah dirilis. Hiromi Seki yang pernah terlibat dalam pembuatan seri pertamanya diketahui akan menjadi supervisi projek ini.

Kayak begini nih tampang Taichi dan Yamato pas jadi anak kuliahan. Ganteng ya?

Itu dia sederetan serial Digimon yang udah tayang dan akan datang, Joyfriends! Kamu udah nonton yang mana aja nih (selain yang lanjutan Digimon Tri tentunya)? Ada serial Digimon yang jadi favoritmu nggak? Share di kolom komentar ya!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>