Fenomena “Waifu Wars” dari Masa Ke Masa (Part 1)

Dari serial anime, terdapat orang-orang yang mengagumi sosok karakter cewek hingga akhirnya muncul istilah waifu. Istilah ini pertama kali diperkenalkan dalam sebuah adegan dari serial anime Azumanga Daioh. Dalam suatu adegan, seorang guru menjatuhkan sebuah foto seorang wanita misterius di lantai kelas. Saat ditanya oleh muridnya, sang guru menjawab: “Mai Waifu (My wife = istri saya)”. Melewati tahun 2000-an, istilah ini sampai sekarang udah dipakai oleh para fans anime untuk merujuk pada karakter cewek favoritnya.

Istilah waifu pun makin berkembang dengan istilah wafu wars, di mana istilah ini menghadirkan adu argumen antar fans dua karakter cewek dari serial yang sama. Fenomena waifu wars ini pun udah dimulai sejak dulu. Lalu, karakter apa aja sih yang menghadirkan waifu wars? Ini dia daftarnya.

LYNN MINMAY & MISA HAYASE (MACROSS)

Fenomena waifu wars udah ada sejak serial Macross yang populer tahun 1984. Lynn dan Misa adalah dua karakter cewek yang dianggap sebagai pelopor waifu wars, bahkan sebelum istilah ini muncul.

Kepribadian Minmay ini kayak cewek remaja kebanyakan yaitu ceria dan penuh impian. Setelah peristiwa Space War I, Lynn makin deket sama karakter utama cowok di Macross yaitu Hikaru. Namun, setelah dirinya juara Miss Macross dan jadi pop idol, perasaannya apada Hikaru jadi berubah. Sementara, Misa adalah cewek dengan tekad yang kuat serta focus pada tugasnya. Hal ini bikin Misa jadi susah jatuh cinta. Namun, setelah kenal dekat dengan Hikaru, Misa jadi jatuh cinta padanya karena menganggap Hikaru cowok yang bisa diandalkan.

REI AYANAMI & ASUKA SORYU (EVANGELION)

Kepopuleran istilah kuudere dan tsundere terjadi berkat dua karakter ini. Istilah kuudere berasal dari kata Bahasa Inggris, cool, untuk menggambarkan karakter yang cool, tenang, dan nggak panik pada situasi apapun. Sementara, tsundere berasal dari kata Bahasa Jepang, tsuntsun, yang berarti jual mahal. Asuka yang mewakili sifat tsundere dan Rei yang mewakili sifat kuudere mampu membuat kedua fans karakter ini berdebat soal siapa yang layak jadi partner-nya Shinji.

KAGOME & KIKYO (INUYASHA)

Anime legendaris yang pernah tayang di TV nasional ini memiliki konsep baru dalam waifu wars. Konsep beda timeline yang memperebutkan cinta Inuyasha ini juga menghadirkan perdebatan antar kedua fans. Namun, konsep waifu wars antar timeline seperti ini sudah jarang ditemui sekarang, Joyfriends.

Baca juga: Gridman Hidup Kembali Dalam Serial Anime!

MITSUKI HAYASE & HARUKA SUZUMIYA (KIMI GA NOZOMU EIEN)

Dari serial Kimi ga Nozomu Eien, karakter cewek terbaik adalah yang mengajari pentingnya kerja keras bisa membuahkan hasil. Serial anime bergenre romantis ini mendapat kepopuleran di masanya karena menyuguhkan konsep kerja keras karakternya yaitu Mitsuki. Namun, konsep ini mulai ditinggalkan dan lebih menyuguhkan karakter terbaik tidaklah selalu berhasil meski udah berusaha.

LUCY & YUKA (ELFEN LIED)

Konsep yandere dan sibling love mulai populer dari dua karakter ini. Meski Lucy adalah cewek yang sadis, tapi dia nggak akan melukai Kouta. Namun, sifat cemburunya muncul jika melihat  Yuka mendekati Kouta. Meski Yuka adalah sepupu Kouta, keduanya nggak memperlihatkan seperti itu. Setelah kemunculan Lucy, banyak karakter yandere berambut pink bermunculan. Sementara, berkat Yuka-lah mulai muncul konsep siblings love.

SUZUKA ASAHINA & HONOKA SAKURAI (SUZUKA)

Koji Seo menyuguhkan waifu wars dengan konsep yang berbeda. Kalau kamu udah nonton Fuuka, bisa dibilang Suzuka ini adalah prolog dari kisah Fuuka, yaitu tentang kisah orangtuanya. Kisah romantis yang disuguhkan pun membuat fans Suzuka dan Honoka ini sempat berdebat siapa yang layak menjadi istri Yamato.

Baca juga: Kisah Perjalanan Hayao Miyazaki di Dunia Manga dan Anime

TSUKASA NISHINO & TOJO AYA (ICHIGO 100%)

Serial Ichigo 100% adalah salah satu serial anime yang memopulerkan genre harem anime alias satu karakter cowok dikelilingi dengan oleh banyak karakter cewek. Serial ini juga mulai memperkenalkan rambut blonde melalui diri Tsukasa. Konsep waifu rambut pendek melawan rambut panjang juga menjadi bahan argumen kedua fans karakter ini.

RINGO NOYAMANO & SIMCA (AIR GEAR)

Air Gear yang sempat tayang di TV nasional ini juga menyuguhkan waifu war antara cewek cewek berkacamata dan tidak dan menjadi trendsetter karakter cewek berambut pink dan merah. Apalagi kedua karakter ini berasal dari dua tim yang berbeda. Ringo dari Sleping Forest, sementara Simca dari Genesis. Alasan ini yang bikin waifu war dari Air Gear masih dikenang hingga sekarang.

LOUISE & SIESTA (ZERO NO TSUKAIMA

Louise dan Siesta adalah pelopor beberapa karakter cowok anime saat ini yang mempunyai sifat pengecut dan masokis. Sebagai keturunan bangsawan, Louise tentu harus menjaga martabatnya meski sifatnya agak keras kepala dan pencemburu jika Saito dekat sama cewek lain. Sementara, Siesta adalah maid yang tentu dari segi kasta jauh di atas Louise. Karena berlatar maid, Siesta tahu betul cara merawat Saito.

Baca juga: Apa Sih yang Bikin Film Anime Kimi no Na wa Sukses Besar?

KAEDE FUYOU & ASA SHIGURE (SHUFFLE!)

Karakter yandere melawan senpai. Kaede yang merupakan teman masa kecil Rin ini menaruh hati pada karakter cowok di serial Shuffle!. Mereka tinggal berdua setelah kecelakaan yang merenggut orangtua mereka. Makanya, nggak heran kalau Kaede sangat protektif pada Rin apalagi kalau Asa dekat dengannya. Shuffle! menjadi trendsetter karakter terbaik nggak selalu bisa meraih sesuatu yang dinginkannya.

MIYAKO MIYAMURA & KEI SHINDOU (EF: A TALE OF MEMORIES)

Waifu war antara karakter rambut pendek melawan rambut panjang kembali disajikan dalam anime bergenre romantis ini. Dengan plot yang sederhana yang mengisahkan teman masa kecil Hiro dalam diri Miyako melawan cewek yang baru dikenalnya yaitu Kei. Kedua aspek ini pula yang jadi latar belakang perdebatan antara kedua fans karakter ini.

SAKURA HARUNO & HINATA HYUGA (NARUTO)

Dari awal serial Naruto muncul, tentu udah tahu kalau Naruto tergila-gila banget sama Sakura. Seiring berjalannya cerita, muncul Hinata yang diam-diam menyukai Naruto. Hingga serialnya tamat, perdebatan soal cewek yang pantas mendampingi Naruto masih bermunculan. Bahkan, istri Masashi Kishimoto kecewa dengan Naruto yang berpasangan dengan Hinata.

SEKAI & KOTONOHA (SCHOOL DAYS)

Sekai dan Kotonoha adalah contoh persaingan cewek tomboy melawan cewek anggun. Sekai adalah contoh karakter cewek yang secara tiba-tiba menyukai temen cowoknya, Makoto. Awalnya, Sekai ingin menjodohkan Makoto dengan Kotonoha. Sifat iseng ini ternyata menjadi penyesalannya, hingga akhirnya Sekai rela melakukan apa aja agar hubungan Makoto dan Kotonoha berakhir. Fans Sekai menganggap sifat karakter ini ada benarnya karena cinta datangnya tiba-tiba. Sementara, fans Kotonoha beranggapan kenapa jatuh cintanya belakangan.

Itu dia beberapa waifu wars yang pernah terjadi dalam sejarah dunia anime, Joyfriends. By the way, daftar ini belum selesai lho, kamu bisa baca kelanjutannya di bagian kedua.

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>