Yuk Kenalan Sama Maya Putri, Virtual YouTuber Asal Indonesia

Tren Virtual YouTubers alias VTubers emang lagi naik daun. Setelah kemunculan Kizuna Ai pada 2016 lalu, kepopuleran VTubers makin meroket. Setelah VTubers muncul di beberapa negara seperti Jepang, kemudian disusul Cina dan negara di Eropa seperti Jerman dan Rusia, Indonesia juga nggak mau ketinggalan. Maya Putri, VTuber asal Indonesia kini hadir menyapa kamu.

Maya Putri dibuat dan dikembangkan oleh PT.CITRA WAHANA TEKNOLOGI atau lebih dikenal dengan nama Shinta VR. Perusahaan ini merupakan developer konten dalam bentuk Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Menurut situs resminya, Virtual YouTuber buatan mereka menggunakan teknologi motion capture pada karakter original yang berupa 3D, lalu ditayangkan dalam bentuk video di YouTube.

Maya Putri memiliki arti “cewek di dunia virtual”. Penamaan ini berdasarkan kata “maya” yang merupakan terjemahan bahasa Indonesia dari kata “virtual”, sementara “Putri” adalah representasi jenis kelamin dari tokoh ini. Nama “Putri” juga sangat populer untuk jenis kelamin perempuan.

Menurut Shinta VR, Maya Putri bisa menjadi jembatan budaya Indonesia dan Jepang. Hal ini dikarenakan ia menyuguhkan paduan antara karakter khas Jepang dengan budaya khas Indonesia. Penampilan Maya emang mirip dengan karakter anime, tapi rambut hitam dan kulit sawo matangnya adalah ciri khas Indonesia. Ditambah lagi pakaian yang dikenakannya berhias motif batik.

Cita-cita Maya Putri adalah menjadi penyanyi. Dengan membawakan cover lagu Jepang yang populer, diharapkan fans pop culture di Indonesia maupun di Jepang bisa menikmatinya. Bahkan, rencananya Maya juga bakal merilis merchandise, stiker LINE, dan juga lagu original.

Pada event C3AFA Jakarta 2018 lalu, Maya Putri melakukan debut pertamanya di depan umum. Dalam event itu, Maya menyanyikan lagu-lagu cover secara live bahkan ikut dalam sesi tanya jawab bersama pengunjung.

Shinta VR juga membuka kesempatan bagi perusahaan lain untuk bekerja sama menciptakan karakter original mereka. Tim akan menyediakan sistem dan panduan, serta dukungan dalam proses produksi video, serta membantu mereka mendistribusikan YouTuber virtualnya. Hal ini dilakukan agar VTuber di Indonesia semakin beragam.

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>