Masuki Usia Ke-10, Ennichisai 2019 Makin Meriah!

Parade mikoshi yang jadi salah satu tontonan wajib di Ennichisai. (joypixel.id/Amos A. Prabowo)

Penggemar jejepangan mana nih suaranya? Siap-siap khilaf dan bersenang-senang dalam waktu dekat, karena Festival Little Tokyo Ennichisai akan segera kembali, JoyFriends! Ennichisai 2019 akan berlangsung pada tanggal 22-23 Juni, berlokasi di Kawasan Blok M, Jakarta. Penyelenggaraan tahun ini dijamin akan lebih meriah karena tahun 2019 menandakan usia kesepuluh Festival Little Tokyo Ennichisai!

Untuk merayakan ulang tahun kesepuluhnya, Ennichisai 2019 mengusung tema “Danketsu” atau “Unity”. Tema tersebut dibuat mengingat Ennichisai adalah sebuah acara yang mempersatukan berbagai macam pengunjung dan tidak membeda-bedakan siapa pun yang hadir di Ennichisai, semua bersatu untuk menikmati kemeriahan. Hal ini seiring dengan pergantian kaisar di Jepang yaitu memasuki era bernama REIWA (Beautiful Harmony) yang bermaknakan “perdamaian dan harmoni” diharapkan Ennichisai menyatukan semangat persatuan Indonesia dan harmoni Jepang dalam perubahan era yang baru demi kedamaian dan persahabatan. Lalu bakal ada apa aja di Ennichisai 2019? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Jajan Makanan dan Pernak-Pernik

Di Ennichisai, kamu bakal bisa nemuin makanan yang dimasak oleh orang Jepang asli! (joypixel.id/Amos A. Prabowo)

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di acara ini kamu bisa menemukan berbagai camilan khas Jepang, sebut aja takoyaki, okonomiyaki, ikayaki, ramen, sushi, ringo ame dan lain sebagainya. Tentunya juga ada yang berjualan aneka pernak-pernik seperti nekomimi, anime t-shirt, dan uchiwa. Intinya, siapkan uang jajan yang banyak karena nggak mungkin kamu nggak khilaf di sini, JoyFriends.

Ada Area Pendidikan

Nah, sebagai bagian dari perayaan 10 tahun, Ennichisai udah menyiapkan satu area khusus pendidikan. Area booth pendidikan dibuat bagi para pengunjung yang tertarik mencari informasi untuk sekolah di Jepang. Ada beberapa sekolah dan lembaga yang hadir di Education Area di dekat Pop Stage. Beberapa di antaranya adalah Gakushudo, Sendai Ikuei Gakuen (SMA), JEI Consulting, GLOBIS Asia Campus Singapore, Shinjuku Japanese Language Institute, Yokohama International Education Academy, ECC Kokusai College of Foreign Languages, Interculture Language Academy. Beberapa sekolah tersebut bisa di cek pada website: jeducation.co.id.

Street Performance

Tahun 2019, street performance ENNICHISAI semakin meriah dengan hadirnya parade tahunan Omikoshi dan Dashi. Kemudian pertunjukan Kochi Yosakoi dan Oiran Douchu yang khas. Tarian Yosakoi menggelar kembali kontest Yosakoi Ada juga kecerian pertunjukan dari Cheerleader Anak-anak dan Okinawa Eisa. Jangan lewatkan juga keindahan kostum dan kejutan penampilan dari para street performer di akhir acara Ennichisai 2019.

Stage Performance

Penampilan Aidorumon, salah satu idol lokal yang memeriahkan Ennichisai 2018. (joypixel.id/Amos A. Prabowo)

Ennichisai kembali dengan tiga panggung khasnya: Main Stage, Pop Culture Stage, dan Chika Stage. M Stage adalah panggung utama di Ennichisai untuk memperkenalkan budaya dan seni tradisional Jepang misalnya Taiko (musik tradisional), Shodo (lukisan tradisional), Buyou (tarian tradisional), dan kesenian tradisional dari Indonesia. Ada juga Yosakoi dan Eisa (tarian tradisional) yang ditampilkan oleh orang Indonesia. Di sini kamu juga bisa menyaksikan penampilan tim Bonten dengan Kojima Chieko sebagai Taiko performer professional dari Jepang, akan tampil pada tanggal 22 -23 Juni malam.

Di Pop Culture Stage rencananya akan diisi oleh JKT48, Idol Enka Girls, boys idol CoLoN:, Addiction, Tercera Traps, dan Virtual Idol Love Pledge. Lalu ada Rei Naria kembali ke Ennichisai dengan vokalis Shion Aoyagi. Tidak lupa juga akan ada DJ session oleh Tsukimomo, Vibetronic (Surabaya), dan REDSHiFT. Ennichisai juga kembali akan menyelenggarakan Grand Final Kompetisi Cosplay tingkat Nasional (ICGP, Indonesia Cosplay Grand Prix) dan parade cosplay, cosplay performance dari KOMUTOKU (Komunitas Tokusatu) dan mini theater cosplay dari COSURA (Cosplay Surabaya). Sementara itu, di Chika Stage akan hadir berbagai komunitas hobi, idol-idol lokal, dan band lokal.

How to get there?

Para pengunjung dianjurkan untuk menggunakan MRT, Busway, atau angkutan online karena lokasi parkir kendaraan terbatas. Cukup dengan tujuan ke Terminal Blok M, maka para kamu sudah bisa mengetahui dimana lokasi Ennichisai 2019.

 

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>