Ini Dia Lima Sosok di Balik Sountrack Anime Ternama!

Di balik kesuksesan anisong, ada seorang composer yang menciptakan lagu yang menjadi soundtrack di serial anime ternama. Terkadang, mereka juga harus menciptakan musiknya, meski ada juga yang bekerjasama dengan musisi lain. Dilansir The Artifice, inilah para composer yang memiliki reputasi dalam menciptakan anisong.

Naoki Sato

Naoki Sato (doc. Oricon)

Lahir pada tahun 1970, usia Naoki bisa dibilang muda saat menjadi salah satu composer dalam menciptakan soundtrack dalam film End of Evangelion pada tahun 1997. Selain itu, Eureka Seven tahun 2005, Assasination Classrom, dan film Stand By Me Doraemon juga tak lepas dari ciptaannya. Naoki mendapat penghargaan Best Music dalam film Always: Sunset on Third Street.

Selain dalam serial anime, Naoki juga berperan dalam soundtrack di sejumlah film live action seperti trilogi Rurouni Kenshin dan dua film Parasyte.

Tenmon

Tenmon (kiri) adalah sosok di balik lagu-lagu film buatan Makoto Shinkai

Shirakawa Atsushi atau lebih dikenal dengan nama Tenmon awalnya menjadi composer musik dalam Falcom games. Saat dirinya bertemu Makoto Shinkai, dirinya mulai tertarik menjadi composer dalam perusahaan visual novel. Bekerjasama dengan Makoto Shinkai membuat Tenmon mulai merambah dunia anime dengan menciptakan soundtrack dalam film She and her Cat dan 5 Centimeters Per Second.

Joe Hisaishi

Joe Hisaishi adalah sosok di balik lagu-lagu film Studio Ghibli.

Lahir dengan nama Mamoru Fujisawa, Joe Hisaishi sudah menjadi composer di sejumlah film anime garapan Studio Ghibli seperti Princess Mononoke (1997), Spirited Away (2001) dan Howl’s Moving Castle (2004). Melodi dan lirik ciptaannya mampu menciptakan emosi bagi para pendengarnya.

Yoko Kanno

Yoko Konno adalah sosok di balik musik dan opening Cardcaptor Sakura.

Yoko Kanno yang lahir pada tahun 1961 adalah nama besar di industri media di Jepang. Yoko sudah terjun di beberapa media seperti serial anime, TV drama, film layar lebar, dan juga video game. Musik dalam anime seperti Escaflowne (1996), Cowboy Beebop (1998), Wolf’s Rain (2003), Ghost in a Shell: Stand Alone Complex (2002), dan CardCaptor Sakura: The Movie (1999) adalah hasil karyanya.

Yuki Kajiura

Di balik lagu-lagu Sword Art Online, Fate/Zero, Kara No Kyoukai, dan Madoka Magica, ada tangan dingin Yuki Kajiura.

Yuki Kajiura adalah salah satu composer musik yang bergaya dark. Selain sebagai composer, Yuki juga menjadi produser musik. Beberapa serial anime yang pernah ditangani oleh Yuki Kajiura antara lain Noir (2001), Madlax (2004), dan Tsubasa Chronicles (2005). Yuki juga bekerjasama dengan Toshihiko Sahashi dalam pembuatan soundtrack serial Gundam Seed dan Seed Destiny. Selain anime, Yuki juga terlibat pembuatan soundtrack dalam beberapa video game.

Itu dia 5 composer di balik lagu anisong di anime, Joyfriends! Di balik lagu-lagu anisong yang menjadi favoritmu, mungkin salah satunya diciptakan oleh mereka. Kalau kamu juga punya daftar composer lainnya, silakan share di kolom komentar ya!

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>