Inilah 10 Artis Anisong Terbaik Pilihan Fans

Kepopuleran anime music atau yang lebih dikenal dengan anisong semakin lama semakin berkembang. Meski kebanyakan anime diisi oleh musisi yang udah terkenal, tapi nggak sedikit anisong yang dinyanyikan oleh seiyuu (pengisi suara). Kalau kamu nge-fans banget sama anisong, pasti pengin tahu siapa aja sih artis anisong terbaik?

Dalam polling yang diadakan oleh Akiba Souken, sebanyak 1367 fans memberikan pilihannya kepada artis anisong yang menurut mereka terbaik. Ini dia hasilnya seperti yang dilansir honeysanime.

ClariS – 54 vote

Duet ClariS memulai karirnya sejak bangku SMP dengan meng-cover anisong dan meng-upload-nya di Niconico. Lagu cover mereka membuat Sony Music Entertainment Japan tertarik dan  label ini mengajak ClariS bergabung pada tahun 2010.

Single perdana mereka Irony dignakan dalam serial OreImo dan langsung menduduki peringkat 7 dalam chart Oricon. Sejak debut, ClariS selalu konsisten menyanyikan anisong. Beberapa serial anime yang pernah diisi oleh ClariS antara lain: OreImo (OP), Madoka Magica (OP), Nisekoi (OP), Nisemonogatari (ED), Tsukimonogatari (ED), Qualidea Code (ED 1), dan Eromanga-sensei (OP).

Kalafina – 55 vote

Vocal group yang dibentuk sejak 2007 ini mengawali debutnya di dunia anisong dalam serial Kara no Kyoukai. Awalnya, member Kalafina terdiri dari Wakana Ōtaki dan Keiko Kubota. Kemudian, Hikaru Masai dan Maya Toyoshima bergabung. Namun, Maya hanya sesaat bersama Kalafina. Pada April 2018 lalu, Keiko memutuskan keluar dari Kalafina.

Trio Kalafina pun mulai mengembangkan sayap di dunia anisong dengan mengisi lagu sejumlah anime terkenal seperti Aldonah Zero, Black Butler, Fate/stay night: Unlimited Blade Works, Fate/Zero, Arslan Senki, dan Puella Magi Madoka Magica.

GRANRODEO – 61 vote

Band ini dibentuk oleh seiyuu Kishō Taniyama dan gitaris Masaaki Iizuka. GRANRODEO sudah dikenal oleh fans di Jepang dan seluruh dunia dengan mengisi beberapa lagu opening di sejumlah serial anime. Mereka juga berkolaborasi dengan band Jepang FLOW untuk mengisi ending serial Nanatsu no Taizai dan opening musim keduanya Nanatsu no Taizai; Imashime no Fukkatsu.

Sejumlah judul anime ternama yang diisi oleh GRANRODEO antara lain: Bungo Stray Dogs, CØDE:BREAKER, Kuroko no Basuke, Koi Suru Tenshi Angelique, dan  Mobile Suit Gundam: Tekketsu no Orphans.

 EGOIST – 61 vote

EGOIST adalah salah satu pengisi anisong yang udah terkenal. Duet Ryo dan Chelly di dalamnya bener-bener membuat lagu-lagunya enak didengerin. Meski awalnya Ryo mengangap EGOIST ini adalah side-project, rasanya EGOIST juga masih layak bersaing di kancah musik Jepang, khususnya anisong.

Beberapa anime yang diisi oleh EGOIST antara lain: Guilty Crown (OP 2 & ED 1), Psycho-Pass (ED 1 & 2), Kabaneri of the Iron Fortress (OP), dan Harmony (OP).

Nagi Yanagi – 75 vote

Nagi dikenal sebagai guest vocal dari band Supercell. Namun, sebelum menjadi guest vocal, Nagi sudah dikenal sebagai soloist yang gemar meng-upload lagu-lagunya di situs niconico. Sejumlah judul anime yang pernah menggunakan jasa Nagi Yanagi antara lain: Amnesia, BerserkBlack Bullet, Danganronpa 3, dan Just Because!

 Shiena Nishizawa – 82 vote

Shiena memulai debut di anisong pada tahun 2015 ketika menjadi pengisi ending serial Kantai Collection. Setelah itu, karir Shiena perlahan menanjak. Bahkan, pada tahun 2016 dirinya melakoni konser di luar negeri, tepatnya di Jerman. Shiena Nishizawa juga pernah tampil di AFA Indonesia 2017.

Sejumlah judul anime yang diisi oleh Shiena antara lain: Gakusen Toshi Asterisk, Kantai Collection, dan Ramen Daisuki Koizumi-san.

μ’s – 86 vote

Idol group dari serial Love Live! ini emang jadi idola para penonton serialnya. μ’s juga menjadi pengisi opening, ending, dan insert song serial Love Live! Nggak cuma di anime, μ’s juga tampil di dunia nyata lho! Para seiyuu dari μ’s melakukan konser di hadapan para penggemarnya di seantero Jepang. Konser terakhir mereka diadakan di Tokyo Dome, 31 Maret – 1 April 2016 lalu.

Kalau berdasar kisah di anime-nya, μ’s dibentuk dengan tujuan menarik perhatian publik ke SMA Otokizaka. Alasannya, semakin berkurangnya minat masyarakat menyekolahkan anaknya di sana. Dalam serialnya, μ’s dibubarkan karena mereka lulus SMA. Berbeda dengan rivalnya A-RISE, yang memilih tetap eksis sebagai idol group setelah lulus.

LiSA – 115 vote

LiSA memulai karirnya sebagai vokalis band indie bernama Chucky. Setelah band ini bubar, LiSA pindah ke Tokyo untuk mengejar karir solo. Debutnya dimulai ketika menjadi pengisi insert song serial Angel Beats! sebagai karakter bernama Yui. LiSA juga udah menggelar beberapa konser di seluruh dunia.

Beberapa anime yang diisi oleh LiSA natara lain: Angel Beats! (insert song, OP 2 & ED 2), Fate/Zero (OP), Fate/stay night: Unlimited Blade Works (ED ep12), The Irregular at Magic High School (OP), Nisekoi 2nd Season (OP), Sword Art Online (OP 1), Sword Art Online II (OP), dan Boku no Hero Academia II (ED 2).

May’n – 143 vote

Cewek bernama asli Mei Nakabayashi ini memulai debut di dunia musik Jepang sejak 2005. Setahun berselang, dirinya dipercaya mengisi ending dari serial Love Get CHU ~Mirakuru Seiyū Hakusho~. Tahun 2008, Mei mengganti nama panggungnya menjadi May’n dan menjadi singing voice karakter Sheryl Nome dari serial Macros Frontier. May’n pernah tampil di Anime Festival Asia Indonesia 2013.

Sejumlah serial anime yang diisi May’n antara lain: Accel World, Mahō Tsukai no Yome, Blood LadMacross Δ, dan Taboo Tattoo.

Eir Aoi – 144 vote

Awal karir Eir Aoi di dunia hiburan sebenarnya dimulai menjadi model. Namun, ketika bakatnya ditemukan agensi yang melihat videonya di situs Niconico, Aoi pun memutuskan meninggalkan dunia modelling. Debutnya dimulai dengan mengisi ending serial Fate/Zero dengan lagu berjudul Memoria. Setelah itu, perlahan karirnya menanjak dan dirinya mulai mengisi di beberapa judul serial anime seperti Aldnoah.Zero, Arslan Senki, Kill la Kill, Mobile Suit Gundam AGE, dan Sword Art Online.

Pada Agustus 2016 lalu, dirinya mengumumkan hiatus karena kondisi kesehatannya yang menurun. Setelah 2 tahun, Aoi kembali degan merilis single berjudul Ryūsei/Yakusoku. Ryūsei menjadi opening serial Sword Art Online: Alternative Gun Gale Online.

Itu dia 10 artis anisong terbaik pilihan fans di Jepang. Kebanyakan nama tersebut memang sudah dikenal dan banyak mengisi di beberapa serial anime. Kalau JoyFriends juga punya artis anisong favorit, silakan share di kolom komentar di bawah ya.

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>