Ladybaby, Metal-Idol yang Nggak Kalah Unik dari BABYMETAL

Tinggal berdua, Rei dan Rie, kini fokus dengan nama The Idol Formerly Known as Ladybaby (doc. Ladybaby)

Gebrakan musik Jepang nggak pernah berhenti memunculkan genre musik yang unik. Salah satunya metal-idol. Kalau dulu kamu cuma mengenal BABYMETAL, sebenernya ada lagi metal-idol populer yang juga turut naik daun di momen yang sama dengan pelantun Karate tersebut, namanya Ladybaby.

Ladybaby ini pada awal kemunculannya beda, karena membernya nggak cuma dua cewek imut, tapi juga ada Ladybeard, cowok kekar yang memakai pakaian imut ala-ala maiden, nge-scream pula nyanyinya. Unik bukan?

Meski Ladybeard udah nggak lagi jadi member sejak 2016 lalu, Ladybaby masih aktif di industri musik Jepang kok. Kali ini mereka menggunakan nama The Idol Formerly Known as Ladybaby. Dan buat kamu yang baru ngikutin mereka atau baru tahu, mari kita kenalan lebih dekat sama mereka, metal-idol yang masih akrab disapa Ladybaby!

Berawal dari seorang pegulat

Bicara Ladybaby, nggak lepas dari peran seorang pegulat bernama Richard Magarey. Richard yang berasal dari Adelaide, Australia pindah ke China untuk mengasah kemampuan bela dirinya. Di sana ia berlatih menjadi ­stuntman. Namanya menjadi perbincangan kala dia bertanding bukan dengan kostum pegulat, tapi dengan kostum cewek alias crossdressing.

Dilansir dailymail, Richard pindah ke Tokyo pada Oktober 2013 untuk mengejar karir yang sama. Namun, siapa sangka dirinya malah membentuk band bersama Rie Kaneko dan Rei Kuromiya. Dua penyanyi yang umurnya jauh di bawah Richard.

Debut band atau grup yang kemudian dikenal sebagai Ladybaby ini dimulai dengan merilis video klip untuk lagu pertama mereka, Nippon Manju pada Juli 2015. Di lagu ini, mereka mengungkapkan semua hal yang mereka sukai tentang Jepang. Video klip ini menjadi viral di YouTube dan menembus 1 juta views dalam 2 hari kala itu lho!

Waktu masih ada Ladybeard, Ladybaby bener-bener jadi bahan pembicaraan di dunia maya. (doc. Ladybaby)

Jadi hits, langsung tur keliling dunia!

Pada Oktober 2015, sejak Nippon Manju menjadi hits karena viral, mereka mengadakan konser tunggal di SOB New York. 500 tiket yang dijual pun sold out. Tur mereka nggak cuma sampai di situ. Pada November 2015, mereka menjadi guest star di acara HYPER JAPAN di London. Satu minggu kemudian, mereka menggelar konser tunggal di Cologne, Jerman. 600 tiket yang dijual juga sold out.

Setelah tur keliling dunia, mereka akhirnya menggelar konser perdana di Jepang pada April 2016. Bertempat di Shinjuku BLAZE, tiket yang dijual sebanyak 800 lembar sold out di hari yang sama. Meskipun ada insiden kecil yang membuat konser tersebut dihentikan sesaat.

Ladybeard cabut, nama pun diganti

Ladybaby merilis single kedua di awal Januari 2016 dan berhasil menduduki peringkat 15 di Oricon. Kemudian, mereka merilis single ketiganya pada 13 April 2016. Sayangnya, ketika mereka baru menapaki kesuksesan, Ladybeard mengundurkan diri dari Ladybaby pada 1 Agustus 2016.

Meskipun ditinggal member yang jadi ikon mereka, hal ini nggak menghentikan langkah Rie dan Rei untuk terus berkarya. Ladybaby pun mengganti nama mereka menjadi The Idol Formerly Known as Ladybaby sejak ditinggal Ladybeard. Pada September 2016, duet Rie-Rei perlahan mulai mampu menghibur penggemarnya, meskipun di dunia banyak fans yang merasa kurang greget nggak ada Ladybeard, karena dialah ikonnya.

Seakan ingin terus membuktikan kalau duet kawaii tersebut kuat, pada tahun 2017 ini, mereka berganti label ke JPU Records dan merilis single berjudul Pelo di Eropa dan baru-baru ini dengan nama The Idol Formerly Known as Ladybaby merilis single ketiga berjudul Pinky! Pinky!, tepatnya akhir September lalu.

Duet kawaii yang loveable

  1. Rie Kaneko

Cewek kelahiran 18 Desember 1997 ini memiliki ayah berkewarganegaraan Jepang dan ibu keturunan Filipina-Spanyol. Pada Mei 2014, Rie mengikuti kompetisi rambut twintail yang diselengarakan Japan Twintail Association. Pada September 2014, Rie menyabet gelar Miss iD Grand Prix 2015. Pada Maret 2015, Rie bergabung bersama Ladybeard membentuk Ladybaby.

Rie Kaneko jadi salah satu member paling disuka. (doc. Ladybaby)

Setelah Ladybeard mengundurkan diri, Ladybaby sempat vakum, tapi Rie tetap aktif bernyanyi sebagai featuring dengan musisi lain, sembari mempersiapkan diri untuk lagu-lagu baru grupnya ini.

  1. Rei Kuromiya

Cewek kelahiran 29 November 2000 ini mulai menapaki karir sebagai idol sejak umur 8 tahun. Ketika debut, dia menggunakan nama Rei tanpa marga keluarga. Rei memiliki kakak bernama Aya Kuromiya. Bersama sang kakak, Rei yang sempat membentuk band bernama BRATS. Pada September 2014, dia menjadi finalis Miss iD Grand Prix tapi kalah dengan Rie.

Bukan cuma eksis di Ladybaby, Rei juga eksis di band rock bernama BRATS. (doc. Ladybaby)

Pada Maret 2015, Rei bergabung bersama Ladybeard membentuk Ladybaby. Saat vakum sejak Ladybeard cabut, Rei juga fokus pada BRATS dan merilis beberapa single baru maupun manggung dengan band yang didirkan bareng kakaknya.

Sang ikon yang fenomenal yang kini mantan anggota

Ladybeard

Cowok bernama asli Richard Magarey ini dulunya adalah seorang pegulat profesional. Dia dikenal karena memiliki keunikan saat bergulat yaitu menggunakan kostum cewek alias crossdressing. Dia mengaku memulai crossdressing saat usia 14 tahun dengan mengenakan seragam kakaknya. Dengan kostum cewek ini, dia memakai nama Ladybeard dan merupakan pencetus pembentukan metal-idol bernama Ladybaby.

Ini nih ikonnya Ladybaby, Ladybeard yang bikin unik dan berbeda dari metal-idol lainnya. (doc. Ladybeard)

Richard sendiri mengundurkan diri sebagai anggota pada 1 Agustus 2016. Meski telah menjelaskan panjang lebar di akun Facebook idol pelantun Age Age Money ini soal kenapa ia mengundurkan diri, sejumlah rumor mengatakan Richard harus mundur karena masalah Visa kerja habis.

Written by

I’m just an ordinary boy who trapped in a man’s body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>