Apa Yang Bisa Dilihat Dari Pengumuman Tahap Kedua Senbatsu JKT48 2019

16 member pilihan fans JKT48 yang membawakan single High Tension. (Joypixel.id/Amos Prabowo)

Pada 14 September 2019 lalu, JKT48 membuka vote sousenkyo untuk menentukan member senbatsu single JKT48. Senbatsu tahun ini akan sangat spesial bagi JKT48 dan juga fans. Untuk pertama kalinya setelah 8 tahun, JKT48 akan memiliki single original. Para fans pun akan melakukan yang terbaik agar idola mereka masuk jajaran member yang masuk senbatsu.

Yang menarik dari senbatsu 2019 ini ada beberapa member yang belum pernah berada di posis senbatsu sebelumnya, setidaknya berdasarkan pengumuman hasil sementara tahap kedua. Selain senbatsu, posisi Undergirls juga akan menarik diikuti karena beberapa member baru juga masuk posisi ini.

Setelah pengumuman tahap kedua pada awal November lalu, ada sejumlah kejutan. Misalnya, Nurhayati (Aya) yang pada pengumuman tahap pertama lalu berada di posisi ke-7 dengan 4.667 suara, di pengumuman tahap kedua posisi melesat ke posisi kedua dengan 15.278 suara. Jinan, yang sebelumnya di posisi kedua di pengumuman tahap pertama dengan 7.010 suara tidak bisa mempertahankan posisinya dan malah turun jauh ke posisi ke-8 dengan 10.494 suara.

Selisih vote Aya yang tembus 10.611 suara dalam satu bulan tentu mengejutkan. Selisih vote Jinan sebesar 3.484 suara juga nggak kalah mengejutkan mengingat fans Jinan cukup banyak. Kecuali Shani yang sepertinya udah melangkahkan satu kakinya masuk senbatsu dan menjadi center, posisi 2 hingga 16 kayaknya bakal ada perubahan di pengumuman final nanti. Hal ini dikarenakan selisih suara suara member di posisi tersebut nggak terlalu jauh.

Dalam wawancara setelah pengumuman tahap kedua lalu, Feni mengaku dirinya mendapat tekanan karena sebelum senbatsu dimulai dirinya dianggap menjadi pesaing Shani untuk memperebutkan poisisi pertama. Namun, dirinya nggak mempermasalahkan posisi dirinya di senbatsu asal bisa mendampingi Shani. Kalau melihat poisisi sekarang, rasanya harapan Feni 50% udah terkabul.

Namun, harapan Feni bisa saja buyar di hari pengumuman. Di bawah Feni menguntit Beby, salah satu member generasi pertama yang masih eksis dan masih memiliki banyak fans. Kalau fans Feni lengah, bukan nggak mungkin Beby masuk 3 besar. Apalagi selisih suara Beby dan Feni 1.390 suara. Jumlah yang bisa dikejar jika fans Beby melakukan bomb voting di hari penutupan.

Yang mengejutkan adalah Aya yang memasang target yang tinggi di senbatsu tahun ini. Dirinya memasang target top 3 meskipun dirinya belum tahu di akhir nanti di posisi berapa. Member yang sempat absen selama kurang lebih 3 bulan karena cedera ini mengaku kalau dirinya nggak bakal nyerah meski sempat absen. Dirinya kini bergabung dengan Tim KIII yang diharapkan menarik fans baru. Apalagi mimpi Aya ingin berperan penting di JKT48 seperti Melody dan Kinal.

PEREBUTAN POSISI UNDERGIRLS JUGA SERU

Kalau ngomongin senbatsu, nggak lengkap tanpa ngomongin Undergirls. Meskipun hanya menyanyikan couple song, ini bisa menjadi tolok ukur para fans yang oshimen-nya masuk posisi ini. Mereka akan tahu sejauh mana idolanya akan berkembang. Bukan nggak mungkin member yang masuk jajaran Undergirls bisa masuk senbatsu, bahkan menjadi center seperti Shani.

Sebagai pengingat, pada senbatsu single ke-13 tahun 2016 lalu, Shani masuk Undergirls di posisi 26 dengan 8.221 suara. Perubahan jumlah vote Shani juga cukup signifikan sejak pengumuman pertama, kedua, hingga pengumuman akhir. Entah apa yang terjadi selama 1 tahun, fans Shani makin bertambah. Pada senbatsu single ke-17, Shani mampu menjadi center mengalahkan member generasi pertama seperti Melody dan Shania.

Fans Shania Gracia sepertinya harus bekerja keras. Posisi 16 yang didapatnya saat pengumuman tahap kedua bisa jadi digeser Aninditha Rahma yang berada satu peringkat di bawahnya. Selisih suara yang nggak terlalu jauh bisa menjadi tolok ukur apakah fans mereka berdua akan bersaing untuk menempatkan keduanya masuk jajaran senbatsu lagi seperti tahun lalu. Namun, kondisi ini bisa lebih buruk jika jumlah vote keduanya nggak berubah dengan signifikan. Mereka berdua bisa berada di Undergirls dan bersaing menjadi center Undergirls.

“Karena sementara ini, banyak member baru dan member yang belum pernah masuk senbatsu sebelumnya. Menurutku, itu salah satu keseruannya. Gracia juga masih di posisi 16 dan aku ingin posisi dia naik,” ujar Shani setelah melihat hasil pengumuman tahap kedua.

Harapan Shani tentu ada alasannya. Tahun lalu, Gracia ada di posisi 8 dengan 24.670 suara. Di pengumuman tahap kedua, Gracia mendapat 5.153 suara. Selisih yang cukup jauh untuk mengejar jumlah yang sama seperti tahun lalu. Bahkan, jika dibandingkan jumlah suara Gracia di pengumuman tahap kedua tahun lalu jumlahnya sangat jauh dibanding tahun ini. saat itu, Gracia mendapat 17.415 suara setelah sebelumnya di tahap pertama mendapat 2.234 suara.

Jika melihat kondisi vote saat ini, perebutan posisi center Undergirls maupun member yang ada di dalamnya sulit diprediksi. Ditambah, pihak JKT48 nggak mengumumkan siapa yang berada di bawah poisisi 32 yang saat ini diduduki Dhea Angelia. Jika melihat jumlah vote saat ini, bisa jadi member tersebut juga punya jumlah vote yang nggak terlalu jauh selisihnya dengan Dhea.

Siapapun yang bakal masuk senbatsu dan Undergirls di hari pengumuman, diharapkan bisa menyamai atau melebihi suara yang diraih tahun lalu. Tentunya, member JKT48 yang masuk senbatsu tahun lalu nggak mau posisinya turun ke posisi Undergirls. Tahun ini bisa aja rekor perolehan suara Yupi tahun lalu dipecahkan. Well, kita tunggu aja hasil akhirnya pada 30 November ini.

Written by
Short hair worshipper.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.