SCANDAL dan Band Cewek Jepang Populer yang Harus Kamu Dengar!

SCANDAL menjadi salah satu all-female Japanese band paling berpengaruh di Jepang. Berkat mereka, muncul band-band serupa dengan musik yang lebih berwarna. (doc. Nihongogo)

Cantik, multi-talented, dan jago main musik. Siapa yang nggak suka perpaduan antara semua yang disebutkan tadi? Yak, itu semua bersatu padu dalam sebuah band asal Negeri Sakura bernama SCANDAL.

Kamu pasti mikir deh, cewek-cewek ini siapa sih? Apa sih uniknya mereka? Kenapa mereka begitu digandrungi sampai saat ini? Mungkin di antara kamu ada yang nggak tahu sama band ini. So, we’ll let you know more about them!

Siapa sih SCANDAL?

SCANDAL merupakan band asal Jepang yang beranggotakan Haruna Ono (vocals, rhythm guitar), Tomomi Itano (bass, vocals), Mami Sasazaki (lead guitar), dan Rina Suzuki (drum). Dengan mengusung aliran rock, kuartet asal Osaka ini memulai debutnya pada 2006, ketika masih berseragam SMA tepatnya. Perkenalan mereka bermula dari pertemuan di salah satu sekolah musik dan dance yang bernama Caless di Osaka, Jepang.

Adanya persamaan visi dan misi membuat mereka membentuk sebuah band. Saat itu, setiap akhir pekan, mereka perform di Osaka Castle Park. Dari sinilah nama mereka akhirnya mulai terdengar. Tawaran untuk manggung pun mulai berdatangan. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada 2008, mereka mulai menandatangani kontrak dengan sebuah indie label bernama Kitty Records. Bahkan, mereka udah mulai manggung di luar Jepang, di antaranya Prancis, Hong Kong, bahkan Negeri Paman Sam, Amerika Serikat!

Masih di tahun yang sama, mereka akhirnya memulai debut major label pertama di bawah naungan Epic Records Japan, dengan single mereka yang berjudul Doll.  Sampai sekarang, setidaknya mereka udah tur di banyak Negara, termasuk Indonesia pada 2013 lalu. Lagu-lagu mereka juga langganan jadi soundtrack berbagai anime, seperti salah duanya Fullmetal Alchemist: Brotherhood dan Bleach.

Bukan all-female band satu-satunya

SCANDAL, meskipun bukan band pertama yang all-female, tetapi nggak dapat dipungkiri kalau mereka juga memberikan warna baru dalam belantika musik Jepang. Sebelumnya, Negeri Matahari Terbit tersebut udah mengenal beberapa band yang berisikan cewek-cewek. Namun, memang setelah kemunculan SCANDAL, ada beberapa band juga yang lahir dan mewarnai belantika musik Jepang. Siapa aja Mereka?

Silent Siren

Silent Siren menjadi salah satu band yang personilnya cewek semua. Mereka bisa dibilang yang paling rajin dateng ke Jakarta nih.

Silent Siren merupakan kuartet asal Jepang yang beranggotakan Suu (vocals, guitar), Hinanchu (drum), Ainyan (bass), dan Yukarun (keyboard). Memulai debutnya pada 2012, saat ini mereka sudah memiliki empat album: Start, 31 Wonderland, Silent Siren, dan S. Mengusung aliran pop, karya-karya mereka nggak bisa dianggap sebelah mata.

Mereka sudah pernah manggung di Indonesia sebanyak dua kali, loh! Akhir tahun ini, mereka bakal menggelar tur lagi di Hong Kong, Indonesia, Taiwan, dan Amerika Serikat. Kabarnya nih, Hinanchu pernah tinggal sepuluh tahun di Indonesia, lho!

Stereopony

Waktu AFAID 2012 mereka pernah main lho. Kamu mungkin ingat. (doc. jpopworld)

Kalau kamu suka anime Bleach, mungkin kamu udah nggak asing dengan trio asal Okinawa ini. Lagu mereka yang berjudul Hitohira no Hanabira merupakan soundtrack anime karya Tite Kubo tersebut. Bisa dibilang salah satu “senior”-nya Scandal. Mereka dibentuk pada tahun 2007.

Pada tahun 2012, Aimi (vocal, gutar), Nohana (bass), dan Shiho (drum) jadi guest star di Anime Festival Asia (AFA) 2012. Namun, masih pada tahun yang sama, mereka vakum selama sebulan karena Aimi harus menjalani operasi pada tenggorokannya. Setelah vakum, akhirnya mereka memutuskan untuk bubar. Meskipun sampai saat ini Aimi masih aktif bersolo karir, di beberapa kesempatan ia masih membawakan beberapa lagu Stereopony.

Band-Maid

Ini dia salah satu all-female Japanese band yang lagi naik daun, Band-Maid. Unik banget dan pernah disamperin sama salah satu band cadas Indonesia, Thirteen.

Istilah “don’t judge a book by its cover” bener-bener berlaku buat mereka. Melihat cewek-cewek kawaii dengan balutan baju maid, siapa sangka kalau mereka justru bawain lagu dengan genre hard rock dan heavy metal? Buat kamu yang seneng style ala Japanese Maid, mungkin bakal mimisan melihat mereka, hehehe…

Band yang terbentuk pada 2013 ini beranggotakan Miku (vocalist, guitarist), Saiki (vocalist), Kanami (guitar), Akane (drum), dan Misa (bass). Konsep ala maid ini dicanangkan oleh Miku (vocalist, guitarist) yang pernah kerja di Noodol Café di Akihabara. Salah dua lagu mereka paling populer yaitu REAL EXISTENCE dan Alone.

Zone

Yes, Zone adalah dedengkot all-female Japanese band guys!

Bisa dibilang, mereka ini merupakan “dedengkot” all-female Japanese band. Zone pernah mengisi soundtrack anime terkenal, Astro Boy. Namun, Zone udah kadung bubar pada medio 2005 (meskipun kembali aktif pada 2011-2013). Oh, iya, SCANDAL juga pernah meng-cover lagu Secret Base ~Kimi ga kureta mono~ karya ZONE, loh!

Writer: Muhammad Iko Gautama

NB: Penulis merupakan seorang penggemar budaya pop culture Jepang. Selain musik, penulis juga merupakan penikmat anime. Penulis juga pernah mewawancarai SCANDAL langsung pada 2013 lalu.

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.