Penghargaan dan Fakta Menarik Kreator Detective Conan, Aoyama Gosho

Aoyama Gosho dalam sebuah acara resmi kolaborasi Detective Conan dengan sebuah maskapai di Jepang. (doc. Japan Times)

Nggak bisa dipungkiri lagi kalau kreator dari manga terkenal di dunia Detective Conan, Aoyama Gosho merupakan sosok yang tekun dan jadi inspirasi banyak orang dalam membuat manga. Sosoknya ini pun pernah mengalami ‘pahitnya hidup’ semasa masih bekerja part-time!

Perjalanan Aoyama Gosho yang bener-bener dari nol ini membuahkan hasil. Bukan cuma Detective Conan nggak tamat-tamat sampai sekarang, tapi ia juga meraih sejumlah penghargaan. Ia juga memiliki sisi-sisi menarik di samping fokus pekerjaan utamanya sebagai seorang mangaka top di Jepang lho!

Rajin mendapatkan penghargaan

Bermacam penghargaan telah diterima Aoyama. Bahkan dari dia masih SD pun udah mulai mendapatkan sejumlah penghargaan, tapi penghargaan bergengsi yang diterimanya antara lain:

  1. Penghargaan khusus atas karyanya ketika kuliah di tahun keempat.
  2. Newcomer Award di Shounen Sunday dengan karya Chotto Matete (Wait a Minute).
  3. Shogakukan Manga Award tahun 1992 dengan karya Yaiba.
  4. Shogakukan Manga Award tahun 2001 dengan karya Detective Conan.

Selain penghargaan tersebut, Aoyama juga pernah mendapat Nichigei Award for Excellence pada 8 April 2011 dari almamaternya Nihon University College of Art. Dia juga pernah menjadi pembicara pada kuliah umum pada 24 Juni 2011 di Ekoda Hall kampus tersebut.

Manga Detective Conan yang terus tayang sampai sekarang, masih jadi tanda tanya kapan tamatnya.

Anak bola dan seorang cameo

  1. Aoyama Gosho adalah penggemar sepakbola dan baseball sejak kecil. Jadi, nggak heran kalau dalam manga Detective Conan pasti ada unsur sepakbola dan baseball.
  2. Kaito Kid yang menjadi karakter utama Magic Kaito merupakan cerminan Aoyama sendiri. Kaito Kid dan  Aoyama sama-sama memiliki tinggi badan 174 cm, berat badan 58 kg, golongan darah B, dan nggak mahir bermain ice-skating.
  3. Aoyama pernah tampil sebagai anggota CSI pada drama berjudul “Thief” edisi spesial Tahun Baru 2011. Di drama tersebut, Aoyama muncul saat datang ke TKP untuk menyelidiki kasus atas bantuan rekannya.
  4. Aoyama memiliki 2 adik laki-laki. Yang satu berprofesi sebagai insinyur dan yang satu menjadi dokter. Kedua adiknya juga ikut terlibat dalam manga Detective Conan. Sang insinyur membantu Aoyama dengan trik yang melibatkan mobil, sementara sang dokter membantu Aoyama dalam hal obat-obatan, misalnya APTX. Sang dokter ini ternyata juga otaku anime yang menyarankan Aoyama siapa pengisi suara yang cocok untuk beberapa karakter untuk anime Detective Conan.
  5. Aoyama menikah dengan Minami Takayama pada 5 Mei 2005. Sang istri merupakan pengisi suara Yaiba Kurogane (Yaiba) dan Conan Edogawa (Detective Conan). Sayangnya, mereka bercerai pada 10 Desember 2007.
  6. Di kota kelahirannya, Hokuei, dibuat landmark atas dedikasinya terhadap manga dan membanggakan kota Hokuei. Yang pertama adalah Conan Bridge, yang membentang di atas Sungai Yura Yura, dan patung Conan Edogawa. Kedua bangunan ini sebagai tribute atas Detective Conan ciptaan Aoyama. Pada 18 Maret 2007, sebuah museum bernama Gosho Aoyama Manga Factory dibangun di kota yang sama untuk merayakan 20 tahun Gosho Aoyama berkarya. Di museum ini, tedapat pernak-pernik Conan yang hadir di dunia nyata.
Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>