Sama-Sama Serial Anniversary, Ini Bedanya Decade dengan Zi-O

Toei sudah mendaftarkan trademark untuk serial Kamen Rider terbaru pada bulan Mei lalu. Serial berjudul Kamen Rider Zi-O akan mulai tayang pada 2 September menggantikan Kamen Rider Build yang tamat pada akhir Agustus lalu. Satu hal yang menarik dari Kamen Rider Zi-O adalah menandai peringatan 20 tahun Kamen Rider era Heisei.

Serial ini juga ada kemiripan dengan Kamen Rider Decade yang menjadi peringatan 10 tahun Kamen Rider era Heisei. Meski sama-sama menjadi Rider yang menandai peringatan Kamen Rider era Heisei, ternyata ada perbedaan di antara keduanya yaitu Decade menjelajahi dunia Rider sebelumnya, sementara Zi-O lebih ke time travel. Lalu, apalagi beda Decade dan Zi-O? Kami berikan ulasannya.

JUMLAH RIDER

Dari segi jumlah Rider yang muncul, Kamen Rider Decade menampilkan kembali Kamen Rider era Heisei mulai dari Kuuga hingga Kiva. Kali ini, Zi-O bakal menampilkan lebih banyak Rider era Heisei. Sayangnya, Decade saat itu nggak menampilkan pemeran asli Kamen Rider sebelumnya.

Kamen Rider Decade hanya menampilkan Wataru Kurenai (Kiva) dan Kazuma Kenzaki (Blade). Saat itu, Wataru muncul untuk memberikan peringatan kepada Tsukasa (Decade), sementara Kenzaki muncul di 2 episode terakhir untuk mengalahkan Tsukasa karena dia gagal mengemban misi untuk mengalahkan para Kamen Rider.

Dari serial Kamen Rider Zi-O, karakter Rider yang dikonfirmasi akan hadir kembali yaitu Emu dan Hiiro dari Kamen Rider Ex-Aid, Sento dan Banjo dari Kamen Rider Build, serta Takumi dan Kusaka dari Kamen Rider Faiz.

JUMLAH EPISODE

Hingga saat ini, Kamen Rider Decade masih menjadi serial Kamen Rider era Heisei dengan episode paling sedikit. Dengan total 31 episode, Decade menyajikan cerita yang kurang padat sebagai peringatan 10 tahun Kamen Rider era Heisei. Namun, ending yang nggantung ditutupi di film layar lebar.

Dengan sajian jumlah Rider yang lebih banyak, diharapkan Zi-O menyajikan lebih banyak episode dan cerita yang lebih padat. Dilansir JEFusion, para staf juga menyajikan spin-off di tiap episode-nya. Spin-off ini hanya bisa disaksikan via streaming melalui Toei Tokusatsu Fan Club. Spin-off ini akan dibintangi Sōgo, Geiz, Tsukuyomi, dan Wars.

VILLAIN

Kaijin Rider Another Build (doc. Isihimori Pro/Toei/TV Asahi)

Dalam Kamen Rider Decade, nggak ada villain yang jelas. Soalnya, Tsukasa sibuk berteman dengan Rider lain. Yang terlihat jelas sebagai villain mungkin hanya Apollo Geist dan Narutaki. Bahkan, Apollo Geist ini bukan villain asli dari Decade. Apollo Geist merupakan villain dari serial Kamen Rider  X.

Untuk Kamen Rider Zi-O, terdapat sekelompok villain dari masa depan yang bernama Time Jackers. Kelompok ini menggunakan kekuatan mereka untuk menciptakan Raja Iblis baru dari Kaijin Rider. Mereka adalah manusia yang menggunakan kekuatan para Rider terdahulu dengan bantuan alat Another Watch, tapi mereka malah berubah menjadi Kaijin Rider. Dengan munculnya villain yang jelas, diharapkan Kamen Rider Zi-O memiliki cerita yang lebih seru dibanding Decade.

Dari 3 aspek ini, sepertinya serial Kamen Rider Zi-O akan menarik untuk diikuti. Kita tunggu aja kejutan dari Toei, Joyfriends. Mungkinkah mereka menghadirkan aktor pemeran Kamen Rider sebelumnya, termasuk sosok-sosok yang udah jadi megabintang macem Joe Odagiri dan Takeru Sato?

Written by
Short hair worshipper.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.