Inilah 7 Kamen Rider Yang Memiliki Banyak Form

Bagi penonton serial tokusatsu terutama Kamen Rider, ada beberapa aspek yang membuat mereka menonton serial karya Shotaro Ishinomori ini. Cerita, heroine, dan form bisa membuat seseorang memilih Kamen Rider tertentu untuk diikuti kisahnya. Selain itu, form Rider juga bakal melahirkan mainan baru yang layak untuk dikoleksi.

Tahukah kamu kalau konsep multi-form ini dikenalkan pada serial Kamen Rider Black RX? Saat itu, Minami Kotaro memiliki 3 form yaitu Black RX, Robo Rider, dan Bio Rider. Lalu, tradisi ini dilanjutkan Kamen Rider Kuuga hingga sekarang Kamen Rider Build. Lalu, Kamen Rider apa aja sih yang Rider utamanya punya banyak form? Kami berikan daftarnya untuk kamu!

KAMEN RIDER KUUGA

Pada zaman dahulu, Grongi mencoba menghabisi bangsa Rinto. Prajurit bernama Kuuga muncul lalu mengalahkan mereka dan menyegelnya. Yuusuke Godai menemukan belt misterius saat berada di gua. Grongi pun bangkit dan ingin menghabisi keturunan bangsa Rinto, yaitu umat manusia.

Pada dasarnya, Kuuga memiliki 4 form yaitu Mighty Form, Dragon Form, Pegasus Form, dan Titan Form. Sebelum memasuki Mighty Form, Kuuga mendapatkan Base Form terlebih dulu yang berwarna putih dan tanduknya tidak sepanjang Mighty Form.

Selain 4 form tadi, Kuuga memperoleh versi upgrade keempat form tadi yaitu Rising Mighty,  Amazing Mighty, Rising Dragon, Rising Pegasus, dan Rising Titan. Perbedaannya adalah adanya garis emas yang terdapat di bagian tertentu. Ultimate Form menjadi final form Kuuga.

KAMEN RIDER W

Di kota Futo orang-orang hidup damai. Namun, Keluarga Sonozaki menjual Gaia Memory kepada penjahat dan mengubah mereka menjadi monster bernama Dopant. Shotaro adalah seorang detektif yang memegang prinsip hard-boiled. Bersama laki-laki misterius bernama Phillip, Shotaro berjuang bersama membasmi Dopant sebagai Kamen Rider W.

Duet Shotaro-Phillip punya 4 form dasar saat berubah yaitu Cyclone-Joker, Heat-Metal, Luna-Trigger, dan Fang-Joker. Fang-Joker agak sedikit berbeda dengan ketiganya. Dalam form Fang-Joker, Philip yang menjadi tubuh utamanya.

Selain 4 form dasar tersebut, masih ada 6 kombinasi Gaia Memory lainnya. Keenam kombinasi Gaia Memory itu adalah Heat-Joker, Luna-Joker, Cyclone-Metal, Luna-Metal, Cyclone-Trigger dan Heat-Trigger. W juga punya final form bernama Cyclone-Joker-Xtreme.

KAMEN RIDER OOO

Eiji adalah seorang pengembara yang memiliki masa lalu kelam. Ketika monster bernama Greeed bangkit setelah 800 tahun dan memangsa hawa nafsu manusia, Eiji bertemu Ankh yang memberinya medal dan belt. Eiji pun bertarung melawan Greeed sebagai Kamen Rider OOO.

Dengan menggunakan Core Medal, Eiji mampu berubah menjadi 5 form dasar Kamen Rider OOO. Kelima form itu adalah Tatoba Combo, Gatakiriba Combo, Latorata Combo, Sagozo Combo, dan Shauta Combo.

Eiji juga memiliki Tajador Combo yang bisa dibilang lebih kuat dari kelima form sebelumnya. Putotyra Combo menjadi final form OOO. Namun, masih banyak perdebatan di antara tokufans mengenai final form ini.

Dengan menggunakan 6 set medal yang berbeda, OOO memiliki sekitar kombinasi 100 combo yang berbeda pula. Bisa dibilang, OOO adalah Rider yang sampai saat ini memegang rekor dengan form terbanyak.

Baca juga : Kamen Rider Makin Banyak Form dan Gadget, Buat Apa Sih?

KAMEN RIDER WIZARD

Ritual misterius bernama Sabbath, yang diadakan saat gerhana matahari, melepaskan iblis bernama Phantom. Haruto yang selamat dari upacara itu mendapat kekuatan misterius dan menerima Wizard Driver dan Wizard Ring dari White Wizard. Haruto berjuang mengembalikan harapan manusia sebagai Kamen Rider Wizard.

Wizard pada dasarnya memiliki 4 form dari elemen yang berbeda. Keempat form itu adalah Flame Style, Water Style, Hurricane Style, Land Style. Dengan keempat elemen ini, Wizard bisa menyesuaikan cara bertarungnya dengan kemampuan musuhnya.

Keempat form tadi memiliki upgrade yaitu Flame Dragon, Water Dragon, Hurricane Dragon, dan Land Dragon. Setelah keempat form ini diperoleh, Wizard bisa menggabungkannya menjadi form All Dragon. Infinity Style menjadi final form Wizard.

KAMEN RIDER GAIM

Sebuah permainan dance battle dibantu oleh Lock Seed yng bisa mengeluarkan monster bernama Inves. Kouta yang sudah keluar dari Tim Gaim menemukan Lock Seed misterius dan Sengkoku Driver. Saat Inves mulai kehilangan kendali, Kouta berubah menjadi Armored Rider Gaim. Namun, Kouta menyadari dirinya bukan satu-satunya Armored Rider.

Dengan 4 Lock Seed berbeda, Gaim memiliki 4 perubahan yang dia gunakan. Keempat form itu adalah Orange Arms, Pine Arms, Ichigo Arms, dan Suika Arms.

Setelah mendapat 3 Energy Lock Seed yaitu Lemon, Cherry, dan Peach, Gaim bisa menggabungkan ketiganya dengan Orange Lock Seed. Dengan tambahan Genesis Core, Gaim bisa berubah menjadi Jimber Lemon Arms, Jimber Cherry Arms, dan Jimber Peach Arms.

Kachidoki Arms merupakan upgrade perubahan Gaim yang diperoleh dari Kachidoki Lock Seed pemberian DJ Sagara. Uniknya, Kachidoki Lock Seed memiliki lubang kunci yang cocok dengan Kiwami Lock Seed. Dengan gabungan 2 Lock Seed ini, Gaim pun memiliki final form yaitu Kiwami Arms.

Baca juga: Kamen Rider Showa dan Kamen Rider Heisei, Apa Bedanya?

KAMEN RIDER GHOST

Takeru adalah remaja yang mengagumi pekerjaan ayahnya sebagai Ghost Hunter. Saat usianya 18 tahun, Takeru dibunuh oleh 2 monster misterius bernama Ganma. Namun, dia bisa bangkit dari kematian. Agar bisa kembali menjadi manusia seutuhnya, Takeru harus mengumpulkan 15 Eyecon dalam waktu 99 hari.

Dengan menggunakan 7 Eyecon, Ghost memiliki 7 form dasar yang berbeda. Ketujuh form itu adalah Ore Damashii, Musashi Damashii, Edison Damashii, Robin Damashii, Newton Damashii, Beethoven Damashii, Billy the Kid Damashii, Benkei Damashii,

Selain ketujuh form tersebut, ada 10 form upgrade lainnya yang bisa Ghost gunakan. Ke-10 form itu adalah Toucon Boost Damashii, Goemon Damashii, Ryoma Damashii, Himiko Damashii, Toucon Benkei Damashii, Toucon Musashi Damashii, Toucon Houdini Damashii, Toucon Beethoven Damashii, Toucon Billy the Kid Damashii, dan Toucon Robin Damashii.

Grateful Damashii menjadi super form Ghost dengan gabungan Eyecon yang dia miliki. Selain itu, Mugen Damashii menjadi final form Ghost.

KAMEN RIDER BUILD

Sepuluh tahun yang lalu, Pandora Box ditemukan di Mars. Saat dibawa ke Bumi, Pandora Box itu menyebabkan tragedi Skywall yang menyebabkan Jepang terbagi di wilayah, Touto, Hokuto, dan Seito. Tragedi ini juga menyebabkan munculnya makhluk misterius bernama Smash. Seorang ilmuwan jenius bernama Sento Kiryu menjadi Kamen Rider Build dan bertarung melawan Smash.

Hingga saat ini, Build udah punya 10 kombinasi Best Match. Selain RabbitTank Form yang menjadi form utamanya, ada GorillaMond Form, HawkGatling Form, NinninComic Form, RocketPanda Form, FireHedgehog Form, LionCleaner Form, KeyDragon Form, KaizokuRessha Form, dan OctopusLight Form. Selain itu, masih ada banyak kombinasi yang bukan Best Match yang terlalu banyak jika disebutin satu per satu.

RabbitTank Sparkling Form menjadi form terakhir yang Build tunjukkan. Dengan kisah yang masih on-going, sepertinya bakal ada lagi form baru yang bakal Build dapatkan.

FUN FACT

  • Berbeda dengan para Rider era Heisei, para Rider era Showa memiliki upgrade form secara permanen. Misalnya Ichigo dalam Kamen Rider Ghost The Movie: Kamen Rider Ichigo. Ada sebagian tokufans di Jepang yang menganggap Black RX merupakan versi upgrade dari Black, tapi ada juga yang bilang bukan.

 

  • Para Rider utama sebelum Decade memiliki final form dengan kombinasi 3 warna yaitu merah, hitam, dan emas. Setelah Decade, final form Rider utama memiliki kombinasi bermacam warna. Sebagian final form Rider ini menggunakan warna putih atau perak sebagai warna utama.

 

  • Ada saat di mana para Rider langsung bisa berubah menjadi final form tanpa berubah ke basic form lebih dulu. Misalnya, Blade King Form di episode 30 Decade dan Ultimate Kuuga di episode 31 Decade.

 

  • Wizard dan Ghost memiliki nama yang sama dalam final form mereka yaitu Infinity. Bedanya, Ghost menggunakan Bahasa Jepang mugen, sementara Wizard tetap menggunakan Bahasa Inggris infinity.

 

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

1 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>