Kamen Rider Amazons, Bukan Serial Kamen Rider Untuk Anak Kecil!

Serial Kamen Rider Amazons hadir lebih brutal dan lebih gahar! Ceritanya juga lebih dewasa dibanding cerita Kamen Rider masa kini.

Serial Kamen Rider Amazons dengan sukses memikat hati para pecinta tokusatsu sejak pertama kali tayang pada 1 April 2016 . Serial ini merupakan remake dari serial Kamen Rider Amazon yang tayang pada 1974 dan jadi bagian dalam proyek Super Hero Year, alias perayaan ulang tahun ke-45 franchise Kamen Rider.

Awalnya sih serial ini ditayangkan secara eksklusif di Amazon Prime Japan, layanan streaming video milik Amazon (see the connection? Amazons on Amazon). Namun akhirnya tayang juga di saluran TV biasa via BS Asahi dan Tokyo MX pada Juli tahun lalu.

Tapi apa sih sebenernya yang bikin serial ini fenomenal banget? Yok kita bahas satu-satu faktor yang bikin Kamen Rider Amazons ini fenomenal!

Ceritanya lebih dewasa dan “dark”

Kamen Rider Amazon Neo, yang menjadi pusat cerita di musim kedua Kamen Rider Amazons yang tayang sejak awal 2017 lalu.

Nggak kayak serial Kamen Rider pada umumnya yang dibuat untuk anak-anak, Serial Kamen Rider Amazons ini menyasar para penggemar Kamen Rider yang telah “berumur”. Otomatis ceritanya juga lebih dewasa dan serius. Di season 1 kita ketemu sama Haruka Mizusawa, seorang pemuda yang menjadi kelinci percobaan buat pengembangan sel Amazon, sel yang dapat ngubah manusia jadi monster yang kemudian juga disebut Amazon.

Berkat sel Amazon itu, Haruka dapat berubah jadi Kamen Rider Amazon Omega. Season 1 ini fokus sama pergulatan batin Haruka sebagai seorang manusia sekaligus seekor monster!

Sementara di season 2 kita punya protagonis baru bernama Chihiro, bocah misterius yang ditemuin di tumpukan mayat Amazon. Sama kayak Haruka, Chihiro juga memiliki sel Amazon di badannya dan dapat berubah jadi Kamen Rider Amazon Neo. Identitas Chihiro yang sebenarnya jadi bagian penting dalam cerita di Season 2 ini. Ya, meskipun banyak kalangan yang bilang kalau protagonis kita kali ini cengeng banget!

Brutal!

Perubahannya nggak berbeda jauh ya, dari Amazon yang lama dengan Amazon yang baru.

Kalau pernah nonton atau minimal lihat cuplikan serial Kamen Rider Amazon dari tahun 1974, pasti tahu kalau di serial tersebut banyak adegan brutal macam tangan lepas, darah muncrat, dan kepala kebelah. Yah, walau pun adegan-adegan itu kalau dilihat di jaman sekarang jatuhnya lebih ke lucu ketimbang brutal karena efek yang seadanya.

Nah! Konsep itu juga yang pada akhirnya dipertahankan dalam serial Kamen Rider Amazons. FYI, para Amazon harus makan manusia untuk dapat bertahan hidup. Jadi dalam serial ini kamu bakal sering banget melihat manusia dimakan hidup-hidup, darah berhamburan, dan badan terbelah. Oh, dan sama kayak manusia yang dimangsa, para Amazon yang dibasmi Haruka juga nggak akan mati dengan badan utuh. Pokoknya jangan nonton ini sambil makan aja…

Desain minimalis

Ridernya aja ada dua, Alpha (merah) dan Omega (hijau), which is sama-sama berbagi peran utama.

Kalau kamu udah muak dengan desain Rider jaman sekarang yang warna-warni dan kebanyakan gadget, silakan nonton serial ini. Berhubung Kamen Rider Amazons adalah remake, jadi desainnya merupakan interpretasi ulang dari serial Kamen Rider Amazon yang asli. Nggak kayak Rider mainstream yang desainnya ribet, desain Rider di Amazons dibuat sesimpel mungkin. Dan layaknya Kamen Rider klasik, mereka cuma perlu sabuk buat berubah. Walaupun di season 2 akhirnya mereka masukin gimmick semacam suntikan yang harus dimasukkan ke sabuk ketika mau henshin!

Durasi lebih panjang, tapi cerita lebih padat

Karena serial ini awalnya untuk layanan streaming di internet, maka durasinya bisa lebih panjang sekitar 5-10 menit daripada serial Kamen Rider pada umumnya. Durasi yang panjang itu kompensasi untuk episodenya yang bisa dibilang sedikit, cuma 13 episode per season.

Namun, karena cuma 13 episode itu lah, cerita yang diberikan jadi jauh lebih fokus dan intens. Nggak kayak serial Kamen Rider mainstream yang kebanyakan episode filler untuk mengisi slot 49-52 episode.

Nah, itu empat faktor yang bikin serial Kamen Rider Amazons ini bukan serial Kamen Rider biasa. By the way, season 2 udah selesai lho, jadi pas banget nih buat kamu yang baru mau ngikutin. Tapi inget guys, nontonnya jangan sambil makan!

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>