Kamen Rider Build Episode 1 – Review: Toei (Tampaknya) Menepati Janji

User Rating: 9.5
Udah nonton Kamen Rider Build episode pertama? Gimana ekspektasi kamu?

Satu kata: Menjanjikan. Itu satu-satunya kata yang terbayangkan di kepala saya begitu selesai nonton episode pertama Kamen Rider Build yang tayang Minggu (3/9) lalu. Sejak wujudnya diperlihatkan di dunia maya beberapa bulan yang lalu, saya memang ngarep banget sama Kamen Rider satu ini.

Penampakannya relatif “normal” dan bener-bener back to basic; mata majemuk ala serangga dan desain armor yang simpel tapi kece. Berbeda jauh dengan desain para seniornya dalam beberapa tahun terakhir yang cukup aneh walaupun beberapa emang ada yang tetap keren. Build juga jadi Rider pertama yang bermata majemuk setelah Fourze (2011-2012).

Belum lagi sekitar seminggu sebelum Buid tayang, Toei merilis pernyataan bahwa serial Kamen Rider Build bakal mengangkat unsur-unsur klasik Kamen Rider macam human experiment dan perjuangan melawan organisasi jahat ala Shocker.

Lah ya makin hype dong! Menjanjikan unsur-unsur klasik Kamen Rider di jaman sekarang itu udah kayak oase di tengah gurun guys, percayalah. And yes, apa yang dijanjikan Toei memang langsung terlihat jelas di episode pertama ini.

Here’s the story guys

Cerita dimulai sejak 10 tahun lalu, ketika tim misi luar angkasa ke Mars menemukan sebuah artefak kuno yang kemudian dinamakan Pandora’s Box oleh astronot yang menemukannya. Kotak misterius itu akhirnya dibawa pulang ke Bumi. Masalah dimulai ketika upacara penyambutan tim tersebut sekaligus memamerkan Pandora’s Box kepada publik, ada seorang pria misterius yang berhasil menerobos penjagaan dan tampaknya “mengaktifkan” kekuatan Pandora’s Box.

“Pengaktifan” tersebut menghasilkan dinding raksasa yang membelah Jepang jadi tiga bagian; Hokuto, Touto, dan Seito. Tiga negara bagian ini akhirnya berdiri secara independen dan masing-masing memiliki agendanya sendiri. Hokuto di Utara berfokus pada kesejahteraan sosial, Touto di Timur berfokus pada perdamaian, dan Seito di Barat berfokus pada pemulihan ekonomi.

Perkenalkan, Sentou Kiryuu.

Sentou Kiryuu, sang protagonis utama kita, tinggal di Touto dan di sanalah kisah Kamen Rider Build bermula. Kayak yang udah dibocorin Toei sebelumnya, Sentou adalah seorang ilmuan yang kehilangan ingatannya. Dia tinggal di sebuah kafe bernama “Nascita” (“kelahiran” dalam Bahasa Italia) milik Souichi Isurugi, orang yang menemukannya luntang-lantung di jalan satu tahun yang lalu. Cuma tiga hal yang diingat oleh Sentou; ilmuan bertopeng, eksperimen manusia, dan sesosok manusia kelelawar.

Dalam episode ini kita juga dipertemukan dengan Ryuuga Banjou, seorang mantan petarung profesional yang ditangkap atas tuduhan pembunuhan salah satu peneliti Institut Touto. Dia dilaporkan kabur dari penjara, tapi belakangan diceritakan bahwa dia melarikan diri dari tempat misterius yang melakukan eksperimen pada manusia. Tempat yang tampaknya sama dengan yang diingat oleh Sentou.

Dan kayak yang udah saya bilang di awal, Toei tampaknya menepati janjinya mengenai unsur-unsur klasik tersebut. Percobaan manusia jelas jadi sorotan dalam serial ini, mulai dari Sentou, Ryuuga, hingga para Smash, semuanya adalah korban percobaan manusia. Sentou dan Ryuuga sendiri jelas berperan seperti Kamen Rider Ichigo dan Kamen Rider Nigo yang kabur dari Shocker setelah selesai dioperasi menjadi cyborg.

Sementara itu, “organisasi jahat” yang dihadapi oleh Build tampaknya adalah Institut Touto yang dipimpin oleh Gentoku Himuro. Pria berkumis ini juga sepertinya memiliki kuasa dalam bidang keamanan Touto karena dia memimpin sendiri operasi penangkapan Ryuuga.

Penuh misteri di awal cerita

Night Rogue, sang Manusia Kelelawar yang diingat oleh Sentou.

Misteri jelas jadi fokus utama dalam serial ini dan apa yang disuguhkan dalam episode satu ini bener-bener menggugah penonton. Plis deh, tokoh utamanya aja enggak tahu dia itu siapa…. Kita juga belum tahu kenapa ada percobaan manusia tersebut dan siapa sebenarnya sang manusia kelelawar yang dilihat sama Sentou.

Di episode pertama ini juga belum dijelaskan bagaimana hubungan antara tiga negara bagian tersebut. Menurut saya sih hubungan ketiga negara ini bakal menarik buat dieksplor karena setiap negara punya agendanya masing-masing. Intinya, banyak poin menarik yang bisa dikembangkan selama setahun ke depan.

Hubungan antara Sentou dan Ryuuga juga kelihatannya menjanjikan. Tipikal hubungan si pintar yang sombong dengan si bodoh yang berisik sih sebenernya, tapi dari apa yang dihadirkan dalam episode pertama, bakal menarik melihat perkembangan karakter kedua orang ini. Apalagi Ryuuga kemungkinan bakal berperan besar dalam mengembalikan ingatan Sentou. Belum lagi dalam Kamen Rider Build ini sudah dipastikan bakal ada second Rider bernama Kamen Rider Close. Mungkinkah Ryuuga yang jadi Close?

Adegan bermotor juga jadi nilai plus dalam episode perdana ini. Setelah bertahun-tahun Kamen Rider seringan lari daripada naik motor, episode pertama Build ini bener-bener memberikan harapan. Malah episode pertama ini ditutup dengan aksi kejar-kejaran motor antara Build dan pihak keamanan Touto. Memang belum sampai level Kamen Rider Kuuga yang duel pakai motor di bebatuan pinggir pantai sih, tapi ya bolehlah.

Sayangnya unsur fisikawan seorang Sentou dieksploitasi berlebihan dengan munculnya deretan rumus pas Sentou mau berubah. Belum lagi pas mau Rider Kick pakai acara muncul kurva entah darimana… Agak aneh aja gitu. Mudah-mudahan seiring berjalannya seri, gimmickgimmick nggak jelas itu diminimalkan.

Nah, kurang lebih seperti itulah review saya terhadap episode 1 sang Kamen Rider Heisei ke 19 ini. Mari berharap kualitas yang ditampilkan dalam episode pertama ini bakal terus bertahan bahkan meningkat selama setahun ke depan.

Rabbit! Tank! Best Match! Yeay!

Summary
Overall sih, Kamen Rider Build ini nampaknya bakal menjanjikan dan semoga aja nggak kekanak-kanakan dengan beberapa Rider terdahulu. Cerita yang oke dan juga gimmick Kamen Rider klasik diharapkan akan berkembang selama setahun ke depan.
Good
  • Misteri yang dihadirkan kayaknya bakal menarik buat diikutin
  • Toei beneran memasukkan unsur Kamen Rider klasik
  • Chemistry antara Sentou dan Ryuuga udah oke banget
  • Ada kejar-kejaran pake motor!
Bad
  • Gimmick rumus-rumusan rada gak jelas dan lebay
9.5
Amazing
Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

4 0

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>