Kamen Rider Showa dan Kamen Rider Heisei, Apa Bedanya?

Kamu ngikutin cerita Kamen Rider tapi nggak tahu apa bedanya Heisei dan Showa?

Penggemar Kamen Rider pasti nggak asing sama istilah Kamen Rider Showa dan Kamen Rider Heisei. Dua istilah ini biasanya dipakai untuk membedakan dua masa yang berbeda, yaitu eranya Kamen Rider Ichigo sampai Kamen Rider Black RX dan era Kamen Rider Kuuga sampai sekarang.

Akan tetapi, Showa dan Heisei itu sendiri sebenarnya apa sih? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita sedikit belajar mengenai sejarah negara kelahiran pahlawan bertopeng ini yuk!

Berdasarkan masa jabatan Kaisar Jepang

Jadi, Showa dan Heisei adalah nama era dalam kalender Jepang berdasarkan masa jabatan Kaisar Jepang. Era Showa (昭和時代 Shōwa jidai) yang bisa diartikan sebagai “Era Perdamaian yang Cerah” adalah masa di mana Kaisar Hirohito berkuasa (25 Desember 1926 – 7 Januari 1989). Nah, kemudian Kaisar Hirohito digantikan oleh anaknya, Kaisar Akihito, dan sejak itu dimulailah era Heisei sejak 8 Januari 1989 sampai saat ini. Heisei sendiri berarti “damai di mana-mana”.

Uniknya, sistem era Jepang ini nggak mengenal tahun nol. Contoh, tahun 1989 dalam kalender Jepang adalah tahun Showa 64 sekaligus Heisei 1. Berbeda dengan penanggalan pada umumnya yang benar-benar menunggu 365 hari sebelum berganti tahun.

Selain itu, sistem “satu kaisar satu era” ini sebenarnya tergolong baru, lebih tepatnya pada masa Kekaisaran Meiji pada tahun 1868 (kalau kalian merasa itu sudah lama banget, ingat; Kekaisaran Jepang senggaknya udah ada sejak tahun 498 Masehi).

Sebelumnya nama era bisa diganti “seenaknya” oleh pemerintah, biasanya karena ada momen-momen spesial yang terjadi pada saat itu. Misalnya, era Wado (和銅/tembaga) dinamakan seperti itu karena ada penemuan tambang tembaga di daerah Chichibu pada tahun 708.

Dasarnya adalah masalah desain

Nah, balik lagi ke topik pahlawan bertopeng kesayangan kita semua. Dalam konteks Kamen Rider, ada perbedaan yang siginfikan daripada sekadar sebuah era kekaisaran antara Kamen Rider Showa dan Kamen Rider Heisei. Salah satu perbedaan yang cukup mendasar adalah masalah desain.

Desain Kamen Rider di era Showa masih didominasi oleh motif serangga, mulai dari belalang sampai kumbang. Beda jauh dibandingkan Kamen Rider jaman sekarang yang desain dan temanya udah sangat beragam. Sebut aja buah (Gaim), game (Ex-Aid), hantu (Ghost), dan lainnya.

Ini nih penampakan dua era Kamen Rider, Showa dan Heisei.

Desain yang beragam itu ujungnya berpengaruh ke gimmick yang dihadirkan di setiap serialnya. Kalau dulu Takeshi Hongo dan Kotaro Minami cuma perlu sabuk untuk henshin, kini para juniornya perlu lebih dari sebuah sabuk untuk berubah. Misalnya ada yang perlu handphone, kartu remi, tiket kereta, bahkan serial Kamen Rider Build yang akan tayang tahun ini bakal pakai botol buat berubah. Gimmickgimmick ini sebenarnya nggak lepas dari usaha Toei untuk menjual mainan yang lebih beragam kepada anak-anak.

Kamen Rider Ichigo dan Nigo yang jadul ini legendaris. Biarpun bikin mata kamu “sakit” kalau nonton sekarang.

Satu hal lagi, perbedaan yang signifikan di antara Kamen Rider Showa dan Kamen Rider Heisei adalah dari sisi cerita. Walaupun aslinya Kamen Rider dibuat sebagai tontonan anak kecil, dulu cerita yang disodorkan oleh Toei dan Ishinomori Production cukup dark untuk ukuran tontonan anak!

Hampir seluruh Showa Rider adalah korban penculikan dan dioperasi menjadi cyborg di luar keinginannya. Berbeda dengan para Heisei Rider yang kebanyakan “terima jadi”.

Kamen Rider Ryuki merupakan salah satu Kamen Rider Heisei dan merupakan generasi ketiga di era ini.

Namun, bukan berarti cerita Kamen Rider jaman sekarang itu jelek ya. Meskipun kesannya sekarang jadi kurang serius karena banyak gimmick, mayoritas serial Kamen Rider era Heisei tetap punya kualitas cerita yang oke kok.

Sebut aja Kuuga, Blade, Ryuki, Den-O, Double, Gaim, dan Drive. Dijamin kalian bakal puas nonton serial-serial itu. Cuma harus diakui, para fans Kamen Rider yang beranjak dewasa pengen juga nonton Kamen Rider dengan cerita yang sesuai sama umur mereka.

Jadi begitulah kurang lebih perbedaan Kamen Rider Showa dan Kamen Rider Heisei. Kalian sendiri lebih suka para Kamen Rider senior atau yang junior?

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

5 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>