Bukan Cuma Ryusoulger, Inilah Deretan Sentai Bertema Dinosaurus

(doc: Toei)

Super Sentai bertema dinosaurus bukanlah hal baru bagi Toei. Kishiryuu Sentai Ryusoulger menjadi super sentai keempat yang mengambil tema dinosaurus. Ada alasan khsusus Toei kembali menghadirkan tema dinosaurus ini. Target penonton yang sebagian besar anak-anak adalah alasannya. Di Jepang dan seluruh dunia, anak-anak sangat suka dengan para binatang prasejarah.

Dinosaurus maupun binatang pra sejarah pertama kali muncul dalam Battle Fever J sebagai monster. Akhirnya, Toei mengangkat tema dinosaurus pertama kali dalam Kyouryuu Sentai Zyuranger. Tema dinosaurus ini kemudian kembali muncul dalam Bakuryuu Sentai Abaranger, Zyuden Sentai Kyoryuger, hingga yang terbaru nanti: Kishiryuu Sentai Ryusoulger.

KYOURYUU SENTAI ZYURANGER

Sekitar 170.000.000 tahun yang lalu, 5 suku manusia hidup berdampingan dengan dinosaurus dengan lindungan Shugojuu (Guardian Beast). Kedamaian ini terusik saat Penyihir Bandora memulai perang dengan dinosaurus karena menjadi penyebab kematian putranya, Kai. Bandora memutuskan satu-satunya cara membalas dendam adalah dengan menjual jiwanya kepada Dai-Satan. Kelima suku ini pun runtuh dan dinosaurus punah. Para Guardian Beast menyegel Bandora dan anak buahnya di Planet Nemesis sebelum akhirnya tertidur.

Tahun 1992, Planet Nemesis kembali ke orbit Bumi. Dua astronot yang menyelidiki planet itu tanpa sengaja melepas segel Bandora dan anak buahnya. Kebangkitan Bandora membuat Petapa Barza membangkitkan kelima prajurit terpilih. Mereka adalah anggota lima suku yang hidup bersama dinosaurus. Dengan bantuan Guardian Beast, lima orang ini menjadi Zyuranger untuk melawan Bandora dan pasukannya.

Zyuranger merupakan franchise ke-16 dalam seri Super Sentai. Serial ini juga menjadi serial pertama yang diadaptasi menjadi Power Rangers di Amerika. Hal tersebut menjadikan Zyuranger tonggak sejarah super sentai bisa dikenal luas.

Karena pertama kali menggunakan tema dinosaurus, Zyuranger bisa dibilang mendobrak sejarah Sentai sebelumnya. Jika Sentai sebelumnya cenderung menggunakan elemen science fiction, Zyuranger menggunakan pendekatan fantasi. Nggak cuma itu aja, Zyuranger menjadi serial super sentai pertama yang memunculkan anggota kesatria ke-6, yang tradisinya berlanjut hingga sekarang.

Baca juga: Inilah 5 Super Sentai Dengan Cerita Terbaik

BAKURYUU SENTAI ABARANGER

Sekitar 65.000.000 tahun yang lalu, serangan meteor ke Bumi membuat dinosaurus punah. Namun, para ilmuwan yakin bahwa kejadian tersebut malah membuat Bumi terbagi dalam dua universe. Bumi yang ditinggali manusia sekarang disebut Another Earth, sementara Bumi yang menjadi tempat tinggal dinosaurus disebut Dino Earth.

Di Dino Earth, Ryuujin dan Bakuryuu berperang melawan Evolian, makhluk jahat yang mendapat kekuatan dari jatuhnya meteor. Kedua Bumi ini terpisah hingga akhirnya Asuka, seorang Ryuujin membuak portal antar dimensi dan masuk ke Bumi yang ditinggali manusia. Namun, dirinya diikuti oleh Evolian bersama dengan tiga Bakuryuu yang dikendalikan mereka.

Saat ketiga Bakuryuu ini menyerang Tokyo, sebuah panggilan dikirim kepada orang-orang yang memiliki DinoGuts dan memiliki kekuatan untuk menjinakkan Bakuryuu yang mengamuk. Bersama dengan Bakuryuu, ketiga orang terpilih ini akhirnya diakui para Bakuryuu dan menjadi Abaranger untuk melindungi Bumi dari Evolian.

Sebelas tahun setelah Zyuranger, super sentai bertema dinosaurus kembali hadir. Abaranger menyuguhkan konsep yang beda banget dengan pendahulunya. Mulai dari konsep mecha yang menggunakan CGI, hingga jumlah mecha yang umumnya 1 ranger 1 mecha menjadi lebih dari 1 mecha. Selain itu, kematian salah satu Abaranger yaitu Mikoto Nakadai menjadi salah satu momen yang nggak banyak dilakukan di serial sentai lainnya. Abaranger menjadi salah satu serial sentai yang di-dubbing ke dalam Bahasa Korea.

Baca juga: Budaya, Biang Kerok Perdebatan Super Sentai dan Power Rangers

ZYUDEN SENTAI KYOURYUUGER

Pada zaman dinosaurus, Bumi dijajah oleh alien bernama Deboth bersama pasukannya. Para dinosaurus kemudian berubah menjadi Zyudenryuu, lalu menyegel Deboth dan pasukannya ke dalam es.

Di dunia modern, Pasukan Deboth yang tersegel akhirnya bebas. Mereka kemudian menyerang manusia menggunakan kekuatan emosi demi membebaskan pemimpin mereka yang masih tersegel. Torin yang sudah bersiap akan hal ini memilih orang-orang yang mampu membantu Zyudenryuu menghentikan Pasukan Deboth.

Sepuluh tahun setelah Abaranger, sentai bertema dinosaurus kembali hadir dalam Kyouryuuger. Meski konsep mecha dalam Kyouryuuger nggak seperti Abaranger, serial ini menggunakan pendekatan berbeda. Dengan konsep Zyuudenchi yang bentuknya seperti baterai, mereka menggunakannya sebagai energi bagi mecha maupun senjata yang mereka gunakan.

Meski beberapa jenis dinosaurus pernah muncul sebelumnya, Kyouryuuger juga menggunakan dinosaurus baru yang belum pernah muncul. Yang menarik dari Kyouryuuger adalah hubungan persahabatan antara manusia dan dinosaurus yang lebih terasa dibanding pendahulunya. Selain diadaptasi ke dalam versi Amerika berjudul Power Rangers Dino Charge, Kyouryuuger juga di-dubbing ke dalam Bahasa Korea berjudul Power Rangers Dino Force, bahkan dibuat sekuel versi Korea dengan judul Power Rangers Dino Force Brave.

Nah, itu dia super sentai bertema dinosaurus yang pernah tayang, Joyfriends. Kita tinggal tunggu apakah Ryuusoulger juga memiliki pendekatan serta konsep yang beda dengan pendahulunya. Meski memiliki tema yang sama, setiap serial sentai  di atas memiliki kelebihan dalam segi konsep yang berbeda dari pendahulunya. Di antara serial di atas, manakah yang menjadi favoritmu, JoyFriends?

Written by
Just an ordinary boy who trapped in a man's body.

Is the Story Interesting?

0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>