5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Mushoku Tensei!

5 alasan kenapa kalian harus nonton isekai Mushoku Tensei

Tiap musim, selalu saja anime isekai dalam jajaran anime-anime baru. Temanya sih cenderung sama-sama aja, protagonis datang ke dunia lain dengan bekal kemampuan atau skill yang bikin mereka bisa ngelakuin banyak hal yang ga lazim di dunia tersebut. Cerita isekai-overpowered begini biasanya dibarengi juga dengan gimmick harem dan ecchi.

Tapi sebenarnya kenapa sih genre isekai dengan tipe protagonis overpowered begini bisa laku? Dari mana awalnya tren ini?

Isekai, atau ‘dunia lain’ merupakan istilah yang digunakan pada cerita dimana protagonis melakukan petualangan ke dunia yang tidak ia kenal. Cerita klasik seperti Narnia misalnya, bisa dikatakan contoh cerita isekai.

Diantara kisah-kisah isekai, ada satu judul yang populer versi light novel atau manganya. Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu, merupakan salah satu judul isekai yang diantisipasi versi animenya. Musim dingin 2021 ini, akhirnya kita bisa menikmati adaptasi animenya lewat kanal Youtube Muse Asia!

Emang apa sih bedanya anime Mushoku Tensei dengan anime-anime isekai lain? Joypixel punya jawabannya nih!

1. Tidak Menggunakan Gimmick MMORPG

Dalam cerita isekai, gimmick mekanisme gim dan MMORPG merupakan hal yang sering dipakai agar membuat cerita makin simpel. Hal-hal seperti level, poin experience, dan inventory menjadikan petualangan makin mudah, dan masalah-masalah protagonis langsung selesai.

Rudeus di Mushoku Tensei merupakan orang yang berbakat dalam sihir, dan ia berlatih untuk mengasah kemampuannya. Mushoku Tensei tidak memiliki sistem seperti dalam gim, sehingga cerita bisa berjalan lebih natural.

2. ‘Overpowered’ nya Rudeus Tidak Kelewat Kuat

Biasanya, protagonis OP dalam cerita-cerita isekai mudah banget untuk menuntaskan suatu masalah. Walau itu musuh boss yang sulit sekalipun, atau menghadapi karakter jahat, protagonis selalu memiliki cara untuk menang.

Dalam Mushoku Tensei, akan ada saatnya dimana kemampuan Rudeus kalah dibanding pengalamannya tentang dunia yang ia tinggali. Rudeus juga harus berhadapan dengan mental dirinya di masa lalu, dimana ia harus merubah seluruh kebiasaan lamanya agar hidup keduanya tidak sia-sia.

3. Karakter-Karakter Sampingan Memiliki Perkembangan Kepribadian

Salah satu karakteristik cerita isekai yang sukses, adalah seluruh perhatian penonton tidak hanya tertuju pada karakter utama. Tenshura contohnya, selain Rimuru, ada karakter-karakter seperti Milim, dan Ranga, memiliki jatah tayang seimbang yanga membantu mengembangkan masing-masing kepribadian.

Nah, sama halnya di Mushoku Tensei, karakter-karakternya punya kepribadian yang dikembangkan dengan baik.

4. Adaptasi Animasinya Punya Gaya Khas

Adaptasi anime Mushoku Tensei memiliki gaya animasi yang unik, bahkan bila dibandingkan dari karya-karya animator sebelumnya. Mushoku Tensei memiliki gaya pewarnaan unik seperti perpaduan warna cat air dengan grafis komputer.

Efek animasi dalam adegan sihirnya pun tidak main-main, membuat Mushoku Tensei punya kelas lebih tinggi dibanding adaptasi anime isekai standar.

5. Tidak Hanya Sebagai Sarana Eskapisme, Tapi Juga Redemption

Cerita isekai cenderung merupakan sarana eskapisme penonton, alias material untuk halu. Protagonis dengan kekuatan OP biasanya jadi self-insert para penonton yang berandai-andai punya kekuatan super, disukai banyak orang, dan punya harem.

Mushoku Tensei, walau tidak jauh berbeda dalam aspek ecchi dan harem, memiliki fokus tema dalam mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Pada kehidupan lamanya, Rudeus merupakan pengangguran hikikomori yang dianggap beban oleh keluarganya. Pada kehidupan keduanya, ia berjanji untuk hidup sebaik-baiknya, sehingga tidak ada lagi penyesalan.

Mushoku Tensei memang pioneer anime ecchi dan harem, tapi dengan kualitas adaptasi dan cerita yang lebih berbobot, setidaknya kalian harus coba dulu sebelum memutuskan kalau anime ini hanya ‘isekai numpang-lewat’ lainnya.

Kalian bisa nonton Mushoku Tensei secara gratis lewat kanal youtube Muse Asia.

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0