Flashpoint Paradox, Kondisi Saat The Flash Ubah Timeline Cerita

Kira-kira apa aja yang terjadi kalau The Flash ubah timeline cerita DC Comics?

Apa jadinya kalau kamu bisa bebas bolak-balik ke masa depan dan masa lalu? Apa yang kamu lakuin pertama kali? Tentunya bakalan asik bisa ketemu kita di masa depan atau bahkan ngelakuin hal-hal “kekinian” di masa lalu. The Flash a.k.a Barry Allen pernah atau bahkan sering melintasi masa depan maupun masa lalu.

Barry Allen besar dengan kejadian yang seram dan sedih di masa lalunya. Ibunya harus mati ditangan musuhnya di masa depan, Reverse-Flash/Eobard Thawne. Alur cerita The Flash memang yang paling membingungkan sih. Masa lalu, sekarang, dan masa depan. Sampai dunia parallel dibahas juga dalam cerita superhero berkostum merah ini.

Event yang paling memiliki pengaruh besar di dunia DC juga disebabkan oleh The Flash. Ia coba membuat perubahan dengan balik lagi ke masa Ibunya dibunuh oleh musuh abadinya, Reverse-Flash. Nah, momen “perbaikan” masa lalu inilah yang pada akhirnya kita kenal sebagai Flashpoint Paradox, di mana komiknya terbit 2011 lalu dan dapat dibilang laris manis.

Setelah berhasil menyelamatkan sang ibu, Barry yang lari dari masa depan ke masa lalu akhirnya memutuskan untuk balik ke masanya saat ini. Ia hidup bahagia tapi Barry nggak pernah jadi seorang superhero, bahkan nggak ada superhero bernama The Flash. Sampai efek yang ditimbulkan bukan cuma ke Barry, tapi ke rekan-rekannya di Justice League, bahkan seluruh dunia.

Screenrant menulis beberapa poin penting yang harus kamu tahu soal Flashpoint dan juga efek-efek yang ditimbulkan akibat adanya momen tersebut, cek deh!

Burce Wayne is dead!

Efek dari Flashpoint yang pertama terjadi di Gotham. Kejadian penembakan yang dialami Bruce Wayne tetap terjadi, tapi yang ditembak bukan orang tua Bruce melainkan Bruce yang harus mati. Batman yang beraksi juga bukan Bruce, tapi ayahnya, Thomas Wayne di mana perannya jadi vigilante beneran sadis dan nggak segan-segan untuk membunuh. Sedangkan yang berperan jadi Joker itu ibunya, Martha Wayne setelah menjadi gila gara-gara kehilangan anaknya.

Di mana kah Superman?

Kal El atau Clark Kent yang mendarat pakai Pod dari Krypton ke Bumi pada akhirnya harus diamankan oleh polisi dan dijadikan Subject One atau bahan penelitian oleh pihak pemerintah. Superman dinyatakan nggak pernah ada. Efek Flashpoint juga nggak berimbas baik buat Henry Allen atau Ayahnya Barry. Henry yang harusnya di Prime Earth hidup dan menghabiskan waktu belasan tahun di penjara gara-gara dituduh pembunuhan ke Nora Allen, harus meninggal akibat serangan jantung.

Massive War for two worlds

Perang besar terjadi antara Amazon dan Atlantis. Diana Prince yang jadi istri Arthur McCurry harus bentrok gara-gara dikabarkan si Aquaman ini selingkuh dari Wonder Woman. Diana yang punya gelar anak Ratu akibat Flashpoint, mengharuskannya menjadi ratunya. Akibat dari perang kedua kubu ini, akhirnya berimbas ke perang umat manusia (manusia biasa) yang dipimpin oleh Cyborg dan tentara Amerika.

The Greatest Cyborg

Cyborg jadi pahlawan terkuat di Bumi. Yaaa… gara-gara Superman nggak pernah ada sih. Cyborg yang mencoba untuk menyatukan semua pahlawan super akhirnya gagal dan ia juga gagal jadi penengah antara Aquaman dan Wonder Woman. Akhirnya perang tetap berlangsung dan jadi tiga kubu, yaitu Atlantean, Amazonian, dan Americans. Sedangkan ada yang lebih keren akibat Flashpoint, Leonard Snart atau Captain Cold yang menjadi musuh The Flash nggak jadi penjahat, ia malah jadi pahlawan di Central City.

Surat dari ayah tercinta

Supaya bisa membalikkan keadaan dan juga kekuatannya lagi, Barry meminta bantuan Thomas Wayne dengan cara menyambarkan lagi petir ke arah Barry yang waktu itu duduk di kursi, yang lebih kayak ke Electric Chair. Biarpun gagal berulang kali sampai badan Barry benar-benar hangus, akhirnya Barry berhasil kembali mendapatkan kekuatan supernya. Supaya keadaan kembali normal, Barry harus rela kembali ke masa lalu dan membiarkan Ibunya dibunuh di depan matanya.

 Sebelum mengembalikan keadaan, Barry yang banyak bercerita soal Bruce ke Thomas, membuat Thomas mikir untuk menulis sepucuk surat buat Bruce yang dititipkan lewat Barry. Ketika Barry berhasil mengembalikan keadaan, ia kemudian memberi surat tersebut ke Bruce Wayne dan membuatnya menangis. Ia percaya kalau yang nulis surat beneran Ayahnya, karena ia ingat betul tulisan Ayahnya. Tapi, keadaan nggak semuanya kembali normal. Masih banyak pahlawan yang gugur gara-gara perang yang dilancarkan Atlantis, Amazon, dan tentara Amerika. Sampai pada akhirnya era DC Comics harus mengubah sedikit alur cerita ke setiap judul komik, dan lahirlah era New 52.

 

Bye, Kid-Flash and see you again

Efek sehabis kembalinya keadaan yang dilakukan oleh Barry nggak semuanya berimbas baik. Buruknya, Kid-Flash yang pada akhirnya terjebak di Speedforce malah jadi korban Flashpoint dan hilang dari timeline (Prime Earth). Nggak semua dan nggak satu pun inget sama Wally yang satu ini!

Wally yang merupakan keponakan Iris West malah “melahirkan” Wally West baru dan Wally West lama pun hilang. Linda Park, pacar Wally West pun nggak inget sama dia. Sampai akhirnya (old) Wally West berhasil dihadirkan lagi oleh DC Comics dan berhasil diselametkan oleh The Flash sendiri di era Rebirth.

Kid-Flash yang coba terhubung dengan Prime Earth muncul dihadapan The Flash. Awalnya Barry nggak inget dia siapa, sampai akhirnya naluri pun berkata dan Barry menarik Wally dari Speedforce. Namun akhirnya, Wally West di Prime Earth ada dua versi. Wally West (Red Hair) dan Wally West (Black). Flashpoint jadi acuan DC Comics untuk “melahirkan” lagi era yang baru. Sehabis New 52 yang pas banget dibuat gara-gara event Flashpoint, DC Rebirth jadi wajah baru buat judul-judul komik beserta ceritanya.

Well, efek yang ditimbulin sama si Barry ini memang benar-benar kacau. Ia bahagia, tapi rekan-rekannya harus berantakan. Si Barry ini bisa dibilang paling sering buat ulah. Namun, The Flash sendiri merupakan karakter paling vital dan perannya penting juga di Justice League. Jadi don’t stop loving this character guys buat kamu yang mulai suka dan ngefans sama Barry Allen. He’s so freakin baddass after-all.

Written by
Comic makes you alive.

Is the Story Interesting?

4 0