Komik Barat Bangkit Lagi Berkat Film Marvel dan DC. Setuju?

Ngerasa nggak sih, dengan ramainya film Marvel dan DC ternyata juga bikin komik-komik Barat bangkit lagi? (doc. Movie Pilot)

Kalau kamu termasuk yang suka banget film Marvel lewat Marvel Cinematic Universe dan juga film DC dengan DC Extended Universenya, pasti suka mencari tahu hubungan antara film dan komiknya. Apa aja yang diadaptasi dari komik ke film sampai kemiripan kostum dengan di komik. Secara nggak sadar, film Marvel dan DC bikin kamu terlibat juga dalam membangkitkan komik barat.

Dulu waktu masih kecil masih usia 6-7 tahun, sekitar 1997-1999 saya sering banget nemuin beragam komik Marvel dan DC di toko buku Gramedia, yang udah di-translate pastinya. Dari berbagai seri X-Men, Iron Man, Captain America, Batman, Green Lantern, Superman, macam-macam sampai komik barat yang bukan Marvel dan DC pun ada. Sayang setelah memasuki tahun 2000-an, pelan-pelan komik barat tersebut mulai tergerus sama komik-komik adaptasi manga dari Jepang.

Sejak komik-komik barat tersebut masih bisa ditemukan di mana-mana, beberapa temen saya baca. Terus di sekolah jadi obrolan deh. Yah, waktu itu kalau nggak salah harga komiknya masih Rp 5.000-an ya. Dan orang tua saya waktu itu juga mempersilakan saya buat baca komik apapun itu. Setelah komik Jepang masuk Indonesia dengan derasnya, perlahan komik-komik Barat menghilang, masih ada sih, tapi harganya melonjak naik. Iya lah, soalnya yang masuk impor which is pakai bahasa Inggris dan cover-nya yang emang cover bagus.

Sejak saat itu, sampai sekitar SMA dan mulai kuliah, sejujurnya sih saya jarang nemuin komik-komik Barat lagi kecuali baca online dan di toko buku Kinokuniya. Hype-nya pun saat itu dari yang 1990-an gede banget, sampai 2000-an turun banget gitu. Tapi entah kenapa, sekitar tahun 2013 sampai sekarang, saya kembali melihat komik-komik Barat perlahan bangkit lagi plus di toko buku Kinokuniya sampai Tokopedia pun ada yang jual. Kalau yang jual online sih pasti banyak men…

Memang “ilmu” saya soal dunia komik Barat atau terutama di Marvel dan DC nggak dalem. Antusias saya baca komik Barat justru bangkit lagi sejak film Avengers pertama. Pelan-pelan saya baca komik online, tapi tetep nggak sedalem itu karena sampai saat ini aja tuh bingung harus baca yang mana dulu. Selain itu saya juga lebih tertarik sama filmnya sih, jadi komik tuh masih sebagai tempat buat cari tahu doang.

Baca Juga :

Marvel dan DC pernah bikin komik bareng lho. Tahu kan? (doc. Flickering Myth)

Komikus lokal pun merasakan hal yang sama

Rasa penasaran dan kesotoyan bikin saya pengen nanya langsung sama pelaku di industri komik, plus juga sama beberapa orang yang memang ngikutin komik Barat banget. Tadinya sih mau bikin riset atau survei sekalian, tapi ngapain juga bikin survei kalau faktanya di lapangan seperti di Indonesia Comic Con atau Comic Fest, yang namanya komik-komik Barat seperti Marvel dan DC, selalu banyak terjual dan kadang habis stoknya di booth penjual?

Yah, tapi memang baiknya langsung nanya juga sih ke beberapa pelaku komik dan orang yang suka komik dari dulu, kayak Kiki dari Komunitas Marvel Indonesia. Menurutnya, thanks to Marvel Cinematic Universe, karena gara-gara film-film Marvel saat ini, banyak orang yang penasaran sama apa yang terjadi dengan karakter Marvel di komiknya.

“Komik Barat bangkit lagi, gue setuju. Soalnya ada karakter-karakter lain yang baru dan memiliki simbiosis mutualisme antara komik dan film. Jadi kalau lo nonton Thor: Ragnarok, nah itu kan sebenernya di komik ada penjelasannya. Lebih jelasnya orang akan lari tuh ke komik, apalagi buat yang memang suka banget film Marvel ya,” tutur Kiki yang dari dulu lebih suka komik Marvel duluan ketimbang filmnya dulu.

Lain lagi sama Ario Anindito, komikus kebanggaan Indonesia yang juga bekerja di Marvel dan pernah juga di DC Comics. Waktu di Indonesia Comic Con 2017 kemarin, dia juga semangat banget cerita dan setuju kalau komik Barat itu bangkit lagi. Momennya ya setahun belakangan ini, katanya.

Western comic naik lagi setuju, seneng juga. Sekarang itu memang lagi baik, trennya lagi bagu juga kan. Karena memang selain karena filmnya, kayak Justice League atau Avengers, cerita di dalam komik-komik sekarang itu lebih jelas dan orang yang baru baca komik pasti bakal ngerti deh,” terangnya.

Baca Juga : Ario Anindito : Komikus Indonesia Sekarang Punya Potensi Besar

“Komik sendiri saat ini memang secara global pasarnya lagi bagus, lagi naik dan saya yang terlibat di dalamnya tentu merasa ini keren. Kalau kamu baca komik Marvel sekarang, tentu akan merasa lebih keren. Iya lah soalnya kamu lebih tahu dari temen-temen dan sekarang tuh image geek udah keren,” tambah Ario.

Memang sih kalau disuruh riset pasar agak sulitnya. Tapi kalau mau lihat langsung kebangkitan komik Barat, ya, kamu ke toko buku aja sih bakal ketemu deh banyak banget komik Barat dipajang sekarang, yang mungkin lebih banyak dari tahun 1990-an dan mungkin semua ini berkat film Marvel dan DC.

Anyway, kamu sendiri setuju nggak sih kalau komik Barat itu bangkit lagi? Kasih komen di kolom komentar ya!

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0