Suka Baca Komik Online dalam Genggaman? Cek Comico Indonesia!

Kamu bisa baca komik global dan lokal dalam satu genggaman aja guys di Comico Indonesia! (photo by Gesang Prayoga)

Kalau kamu demen baca webtoon via aplikasi komik online resmi, ada kabar bagus nih buat kamu. Pasar aplikasi webtoon Indonesia tahun ini makin meriah dengan kehadiran Comico Indonesia! Aplikasi Comico ini merupakan aplikasi komik online yang dibuat oleh Next Human Network (NHN) Entertainment di Jepang pada 2013 lalu.

Sebelumnya selain di Jepang, Comico juga hadir di Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan daerah Amerika Selatan. Bahkan seteleah Indonesia, Comico rencananya juga akan ekspansi ke Amerika Serikat dan Timur Tengah lho! Jadi emang comic provider satu ini jaringannya udah luas banget, guys!

Nah, di Comico ini bakal memiliki dua jenis konten; konten global dan konten lokal. Konten global adalah konten-konten yang “diimpor” dari negara jaringan Comico yang udah disebut di atas, sementara konten lokal adalah konten yang berasal dari para kreator Indonesia. Keunikannya adalah: komik-komik Indonesia yang terbit di Comico ini juga bisa diterbitkan di negara jaringan Comico lainnya! Jadi Comico emang menerapkan pertukaran konten di antara negara-negara jaringannya.

Baca Juga : Komik barat bangkit lagi berkat film Marvel dan DC, setuju?

Saat ini udah ada lebih dari 60 judul komik yang bisa kamu baca di aplikasi ini. Sayangnya, untuk sekarang baru ada judul-judul dari konten global, antara lain re:LIFE, Otometic Syndrome, dan Coffin Jackson. Sementara untuk konten lokal baru akan mulai dimuat per Januari 2018 mendatang. Beberapa konten lokal yang akan masuk adalah 5 Menit Sebelum Tayang, Tarung Legenda, Shivers, dan Kill Starter.

Kalau kamu udah sering baca komik Indonesia, pasti familiar sama beberapa judul di atas. Nggak heran, soalnya 5 Menit Sebelum Tayang, Tarung Legenda, dan Shivers emang udah pernah dicetak sebelumnya. Terus apa dong bedanya?

“Secara garis besar cerita sama, cuma biasanya kan kita formatnya komik cetak, nah ini udah disesuaikan dengan format webtoon yang bacanya di-slide ke bawah. Bakal full color juga,” jelas Ockto Baringbing, penulis 5 Menit Sebelum Tayang dan Tarung Legenda dalam talkshow Comico Indonesia di Neo ComicFest ID 2017, Minggu (4/12).

Baca Juga : Baca komik lokal keren di smartphone, di Ciayo Comics aja!

Sementara itu, Kill Starter adalah karya terbaru dari Erfan Fajar (Arigato Macaroni, Manungsa) yang berkisah tentang “bisnis” pembunuh bayaran.

Kill Starter ini genre-nya action. Premisnya gini: Tau kickstarter? Kickstarter itu sebuah website urun dana untuk mendanai sebuah proyek. Jadi kita patungan melalui website itu untuk mendanai sebuah proyek. Nah, bagaimana jika tiba-tiba di Indonesia, ada sebuah urun dana untuk membunuh seseorang? Kalau lu mau orang ini mati, lu danain. Itu inti ceritanya,” terang Erfan dalam kesempatan yang sama.

Dalam talkshow tersebut Erfan juga menjelaskan alasannya ikut menerbitkan komiknya secara online via Comico Indonesia. Menurutnya, seiring dengan perkembangan jaman, wajar kalau ada perubahan format dalam menerbitkan komik.

“Kita sebagai kreator nggak bisa semena-mena, ‘lu baca komik cetak terus dong!’ itu kan egois. Mungkin generasi yang baru lebih nyaman baca komik online. Nah kita sebagai kreator harus ikut melakukan penyesuaian, salah satunya dengan terjun ke komik online,” ungkapnya.

Untuk tahu lebih lanjut dan di mana aplikasi ini bisa didapatkan, kamu bisa klik link ini guys dan ikuti update-nya di akun Facebook Comico ya!

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

0 0