H&M Pasang Iklan Rasis, The Weeknd Cabut Kerja Sama

Nggak terima soal rasis H&M, The Weeknd pun langsung putus kontrak dengan brand fashion ternama ini. Gimana pendapat kamu?

Baru-baru ini salah satu brand fashion ternama dunia, H&M, harus menerima kecaman keras dari warga dunia, terutama netizen (yang maha perkasa). Gara-garanya brand fashion hits anak muda ini memasang foto seorang model anak berkulit hitam yang memakai sweater hijau dengan tulisan “Coolest Monkey In the Jungle” di website resmi mereka. Gara-gara iklan tersebut pula akhirnya The Weeknd cabut kerja sama dengan brand fashion ini.

Sayangnya “kelakuan” H&M ini bukan cuma soal bocah berkulit hitam tersebut. Suasana semakin keruh karena ada dua sweater lagi yang digunakan model anak berkulit putih, di mana bertuliskan “Mangrove Jungle” dan “Official Survival Expert”. Warga dunia dan netizen pun sontak menyebut iklan rasis tersebut menjijikkan, nggak pantas, dan menyebutnya sebagai kelalaian yang fatal banget.

Baca Juga: Sejarah Toko H&M, Fashion Brand yang Tengah dalam Dilema

The Weeknd pun nggak pikir panjang buat mengakhiri hubungan kerja samanya dengan H&M setelah melihat iklan rasis ini. Padahal pelantun lagu Starboy ini pada 2017 kemarin gencar berkolaborasi dengan H&M.

Selain The Weeknd, yang mengecam keras kelalaian fatal ini adalah Alex Medina, seorang brand designer. Dalam akun Twitter-nya, @mrmedina, ia mengatakan kalau harusnya nggak mungkin ada art director selalai ini di tahun 2018. Ia juga berharap H&M akan berinvestasi buat melatih pegawainya untuk lebih sensitif dan merekrut art director yang lebih kompeten.

Hal serupa juga disampaikan Model for Diversity, sebuah oganisasi asal Inggris yang berfokus pada keragaman dalam industri fashion. Mereka mempertanyakan kenapa foto tersebut bisa-bisanya lolos dari pengecekan tim marketing, bahkan hingga dipublikasikan ke dunia luar.

Ini dia fashion item H&M yang dianggap rasis. (doc. H&M)

Foto kontroversial itu sendiri sekarang sudah dicabut dari laman H&M, dan mereka juga telah minta maaf ke para warga dunia.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Uniqlo Makin Digemari Penduduk Indonesia!

A post shared by H&M (@hm) on

“Kami minta maaf sedalam-dalamnya atas foto tersebut. Kami sudah menarik foto itu dari semua channel kami,  dan sweater tersebut juga sudah tidak dijual di toko. Kami juga kan mengevaluasi kondisi internal kami untuk mencegah situasi seperti ini terjadi lagi di masa depan,” demikian bunyi permintaan maaf H&M.

Written by
さあ、実験を始めようか?

Is the Story Interesting?

1 0