Order 66 Indonesia, Komunitas Pecinta Star Wars Teraktif di Indonesia

Dijamin kalau kamu masuk ke komunitas Order 66 Indonesia, kamu bakal dapet banyak ilmu Star Wars baru! (photo by Amos Anugrah)

Kalau kamu suka banget sama Star Wars dan pengen banyak terlibat di “dunia” tersebut, baiknya kamu gabung sama komunitas Order 66 Indonesia guys! Komunitas satu ini merupakan salah satu komunitas pecinta Star Wars terkenal di Indonesia dan anggotanya juga banyak lho guys.

Selain event-event yang berhubungan sama Star Wars, kayak sekarang nih lagi banyak event menyambut Star Wars: The Last Jedi, komunitas Order 66 Indonesia bisa kamu temui di beberapa acara pop culture. Misalnya kayak Indonesia Comic Con, Toys Fair, dan beragam acara pop culture lainnya. Cara nemuin mereka gampang banget kok, cari aja yang ber-cosplay ala Star Wars, nah itu kemungkinan mereka, hehehe…

Nggak susah kok gabung ke Order 66. Syaratnya gampang banget (photo by Amos Prabowo)

Beberapa waktu lalu di sebuah acara yang digelar Badan Ekonomi Kreatif Indonesia a.k.a. Bekraf, yaitu Bekraf Game Prime, kami ketemu sama salah satu anggota penting komunitas ini. Namanya Tessa Arifianto. Si Tessa ini cerita kalau komunitas yang nama aslinya cukup panjang, Order 66 Star Wars Indonesian Trooper Homebase ini bisa dibilang komunitas non-profit paling besar di Indonesia dan paling aktif juga.

Baca Juga : Mengenal Komunitas Kostum Star Wars, 501st Legion Indonesia

“Order 66 pertama didirikan di tahun 2006 oleh 10 Star Wars freaks dan sekarang di 2017 anggotanya udah sekitar 5.000-an. Jadi nggak heran kalau komunitas ini sering banget ikut event-event toys fair atau pop culture. Anggotanya pun bervariasi dari anak kecil, pelajar sampai om-om. Jadi nggak ada batasan sih,” terang Tessa di sela-sela santainya waktu itu.

Kalau kamu penasaran kenapa namanya Order 66, tentu yang fans Star Wars tahu dong. Kalau kamu yang baru suka Star Wars alias masih karbitan atau poser, nama tersebut ini diambil dari Revenge of the Sith, tepatnya diambil dari perintah “Order 66” yang dilancarkan Darth Sidious a.k.a. Palpatine yang kala itu udah membuka kedoknya sebagai Sith Lord dan telah mengambil hati Anakin Skywalker menjadi seorang Darth Vader.

“Kalau kita pakai nama embel-embel Star Wars, itu udah ada license-nya. Jadi lah kita pakainya nama Order 66 aja. Komunitas yang lain pun juga nggak ada yang pakai embel-embel franchise-nya kok. Tapi memang menggunakan unsur-unsur yang ada di dalam filmnya,” jelas Tessa lagi.

Tessa, salah satu anggota Order 66 mengaku mendapat banyak keuntungan saat bergabung ke komunitas ini (photo by Amos Prabowo)

Apa aja kegiatan komunitas ini?

Tessa menjelaskan kalau pertama kali gabung Order 66 dia kayak sedang mengalami masa kebingungan dalam hobinya, alias bingung harus mulai dari mana. Suatu ketika dia dateng ke sebuah toko mainan dan liat ada komunitas dan mulai memberanikan diri join, gabung ke gathering dan ternyata cocok deh.

“Di situ ngobrol-ngobrol, tahu semua tentang Star Wars dan akhirnya diarahkan apa aja aktivitasnya.Pertama saya koleksi beli mainan. Lama-lama masuk ke dunia kostum sama collectible item mungkin yang vintage yang rare,” terangnya.

“Jadi selain bahas tuntas soal hobi, banyak juga hal seru yang bakal didapat di Order 66.  Karena banyak orang yang udah tahu soal Order 66 itu macam-macam, kamu bisa belajar banyak soal kostum, koleksi mainan, fotografi, cosplay. Bahkan ada yang main lightsaber juga,” tambahnya.

Baca Juga:

Siapa inget sama momennya Order 66 di film Star Wars? (photo by Amos Anugrah)

Jadi Order 66 ini seperti wadah yang melingkupi semua yang kamu ingin geluti di dunia hobi Star Wars. Mau bahas cerita ada, mau koleksi mainan ada, sampai mau main lightsaber bisa gabung deh ke Urban Jedi. Seru kan? Belum lagi benefit-benefit seru kayak banyak sponsor yang ajak Order 66 bikin acara dan pastinya kamu bakal jadi orang pertama yang lihat itu sebelum dilepas ke pasaran. Belum lagi ketemu banyak suhu-suhu kayak mas Riza yang dikenal pengumpul baju Star Wars paling banyak.

“Dari figurenya udah berapa, Stormtrooper-nya ada beberapa, C-3PO punya R2-D2 juga punya, Mandalorian Boba Fett, Jango Fett, you name it,” ujar Tessa bersemangat.

Ah ya, Order 66 Indonesia biasanya rame dan banyak diskusinya di grup Facebook. Di situ semua kegiatan bakal dibahas. Walaupun ada group WhatsApp buat yang udah lama join,  basic-nya tetep di Facebook.  Untuk urusan jual beli merch, ada satu grup Facebook lagi yang namanya Order 66 Trade Federation. Itu khusus untuk jual-beli karena kalau dicampur semua bakal repot.

Dibantu bikin kostum

Kalau kamu pengen punya kostum Stormtrooper, Darth Vader, atau jadi Jedi maupun Sith, temen-temen Order 66 Indonesia bakal bantuin kamu buat wujudin itu semua. Jadi misalnya dateng ke tempat anak-anak Order 66 ini ngobrol, ke stand-stand mereka di acara pop culture, nanti yang nongkrong di situ rata-rata costume maker pecinta Star Wars.

“Jadi job desk-nya udah kebagi seperti ada yang punya mainannya, ada yang bikin diorama (kalau itu lagi bikin maket mainan) dan kalau kostum tentunya ada yang bikin props dan helm. Malah kalau Mandalorian ada yang desainnya sendiri-sendiri, tapi yang penting pakemnya ke Star Wars,” tutur Tessa.

Di sini nggak cuma kostum original aja, mau main modifikasi juga oke. (photo by Amozy)

“Di sini terbuka banget buat dibantuin untuk bikin kostum. Karena kan banyak yang pengalaman juga. Tapi bukan didanain ya, hahaha… Tapi mungkin dari desainnya diarahin, dikasih tahu siapa yang bisa bikin part mana, ada yang rekomendasiin untuk beli di luar juga kalau mau barang yang bener-bener mirip alias replika, macem-macem. Pokoknya dibantuin,” tambahnya.

How to join?

Buat kamu yang pengen gabung, nggak perlu syarat yang aneh-aneh. Cukup siapin duit Rp 100 ribu dan kamu bakal dapet paket anggota yang berisi kaos, ID card sama pin. Daftarnya bisa di event yang ada Order 66 Indonesia-nya atau bisa juga ke Toy Zone yang berlokasi di Kemang Timur Raya, nanti ada sampingnya The Reading Book, ada toko mainan bisa ketemu sama mas Riza.

Aturannya pun simple, semua bebas, semua umur sampai yang paling tua ada. Bapaknya ada, anaknya ikutan join.

“Istri saya juga sering nemenin akhirnya ikutan jadi member juga. Akhirnya juga jadi suka Star Wars. Sampai salah satu temen-temen kita namain anak-anaknya sesuai film, ada yang namanya Rey, ada yang namanya Leia, sampe segitunya,” tandas Tessa.

Jadi, kamu udah siap buat melepas label karbi atau poser kamu akan Star Wars? Langsung aja ikutan deh komunitas Order 66 Indonesia guys!

Written by
Mulai mengenal pop culture dari manga Dragon Ball dan Doraemon, hingga dihancurkan secara mental dengan Evangelion. Head of Content at JoyPixel.id.

Is the Story Interesting?

3 0