Alasan Haikyuu!! Menjadi Salah Satu Manga Olahraga Terbaik

Haikyuu!!
doc. VIZ Media

Delapan tahun dan 402 bab, Haikyuu!! resmi mengakhiri perjalanannya pada 20 Juli lalu. Meski telah tamat, Haikyuu!! meninggalkan kesan yang luar biasa di kalangan pembaca manga-nya, terutama yang ngikutin dari awal.

Yang menjadi sorotan dalam Haikyuu!! adalah SMA Karasuno. Sebuah sekolah yang dulunya jago, sekarang malah di papan tengah. Kalau di Liga Inggris, mirip Arsenal-lah. SMA Karasuno ini dulunya pernah ikut serta di kejurnas dan diperkuat oleh ace mereka Raksasa Mungil. Namun, selepas kelulusan ace­-nya, Karasuno jadi susah buat lolos ke kejurnas. Hal ini yang membuat mereka dijuluki Gagak Yang Tak Bisa Terbang.

Haikyuu!! emang kayak manga bergenre olahraga yang udah ada. Mengambil setting masa SMA dan berjuang jadi yang terbaik. Meski  begitu, Haikyuu!! dianggap manga bergenre olahraga terbaik untuk saat ini. Andai dibandingkan judul seperti Slam Dunk, Eyeshield 21, Ace of Diamond, dan Giant Killing, mungkin bisa diperdebatkan. Lalu, apa sih yang bikin Haikyuu!! jadi manga olahraga terbaik?

PLOT SEDERHANA, TAPI KUAT

Haikyuu!! mengisahkan Hinata yang jatuh cinta sama voli ketika nggak sengaja dirinya melihat kejurnas di TV. Dirinya melihat sosok yang mirip dirinya yang dijuluki Raksasa Mungil. Kemudian, Hinata membuat klub voli SMP dan meyakinkan teman-temannya yang nggak bisa voli untuk bergabung. Namun, di turnamen pertamanya, dia kalah oleh Kageyama, yang dijuluki Raja Lapangan. Sejak saat itu, dirinya bersumpah untuk mengalahkan Kageyama. Saat masuk SMA, Hinata malah satu sekolah dengan Kageyama.

Tinggi Hinata hanya 162cm. Sedangkan, olahraga voli rata-rata untuk orang tingginya kurang lebih 180-an cm. Namun, Hinata memiliki kemampuan untuk melompat tinggi yang juga menjadi dasar dalam olahraga voli. Plot ini yang disajikan Haruichi Furudate-sensei selaku creator. Sederhana dan mirip dengan manga olahraga kebanyakan.

Apa sih yang bakal kamu lakuin kalau rival yang ingin kamu kalahin ternyata satu tim denganmu? Pertanyaan ini yang menjadi landasan perjalanan Hinata ke depannya.

SOROT KARAKTER NGGAK CUMA KARAKTER UTAMA

Haikyuu!!
(c) Haruichi Furudate/Shueisha/Haikyuu!! Prodution Comitteee

Hinata mungkin tokoh utama di sini. Namun, sorot Haikyuu!! nggak cuma milik Hinata aja. Ada rekan-rekan setimnya di Karasuno yang juga mendapat sorotan dan perkembangan karakter.

Kageyama selama di Karasuno bisa dibilang perkembangan karakter yang terbaik. Ketika SMP, dirinya selalu ingin dimengerti. Saat mengumpan bola, tapi spiker-nya nggak bisa men-spike bola dengan benar, dia bakal ngambek. Sebagai seorang setter, harusnya dirinya yang mengerti posisi spiker. Di Karasuno, dirinya mulai mengerti bahwa untuk menjadi setter yang hebat, dia juga harus dikelilingi rekan tim yang hebat.

Beberapa anggota Karasuno pun juga nunjukin perkembangan yang signifikan, seperti Tsukishima alias Tsukki yang biasanya njengkelin, tapi kadang bisa diandalin di saat penting. Asahi, ace Karasuno yang awalnya memutuskan nggak main voli lagi karena sebuah insiden, akhirnya mau main voli lagi. Nishinoya, libero Karasuno juga nggak ketinggalan mendapat sorotan. Pemain seperti duet kapten dan wakilnya, Daichi dan Suga, plus Tanaka juga nggak ketinggalan mendapat sorotan masing-masing.

Yang menarik dari Haikyuu!! dari segi karakternya adalah nggak cuma fokus sama duet Hinata-Kageyama maupun SMA Karasuno. Namun, beberapa rival mereka juga mendapat sorotan. Seperti Nekoma, yang menjadi rival abadi Karasuno. Mereka juga mendapat sorotan ketika kualifikasi kejurnas. Selain itu, Bokuto dari Fukurodani juga mendapat sorotan. Dia dikenal sebagai karakter yang insecure, kadang nge-drop kalau melakukan kesalahan. Padahal dia dianggap sebagai salah satu ace terbaik nasional meski dirinya nggak masuk top 3 ace nasional.

OLAHRAGA VOLI

Furudate-sensei memilih voli sebagai olahraga yang ada dalam manga ciptaannya adalah keputusan yang sangat tepat. Di saat manga bergenre sejenis mengambil olahraga populer seperti sepakbola, tenis, atau baseball, beliau lebih memilih voli. Voli emang nggak sepopuler 3 jenis olahraga yang disebutkan tadi. Namun, kalau dilihat ternyata voli seseru itu. Ditambah, tahun 2019 lalu Jepang menjadi tuan rumah FIVB World Cup, salah satu turnamen tertinggi bola voli selain Kejuraaan Dunia dan Olimpiade.

Dalam ajang tersebut, Yuji Nishida pemain timnas Jepang dianggap memiliki kemiripan dengan Wakatoshi, ace dari Shiratorizawa. Mereka berdua sama-sama kidal, lompatannya tinggi, dan spike-nya keras. Bahkan, Nishida mampu membuat 6 kali service ace saat melawan Kanada.

Haikyuu!!
Lee Jaeyeong & Lee Dayeong (doc. FIVB)

Kebetulan yang sama juga terjadi di sektor putri. Di timnas Korea Selatan, ada kembar Lee Jae-yeong dan Lee Da-yeong. Kedua pemain ini sempat bermain di Asian Games 2018 di Indonesia. Saat bermain di FIVB Wolrd Cup, mereka mendapat sorotan karena mirip dengan dengan Atsumu dan Osamu dari SMA Inarizaki. Uniknya, mereka juga memiliki posisi yang sama sebagai ­setter dan outside hitter.

Belum diketahui secara pasti apakah Furudate-sensei terinspirasi dari pemain nyata di olahraga bola voli ketika menciptakan karakter di Haikyuu!!.

KOMEDI YANG DISAJIKAN

Beberapa manga olahraga mungkin menghindari sajian komedi di dalamnya karena anggapan manga olahraga harus serius. Namun, Haikyuu!! tidak tabu soal komedi. Di anime, komedi dalam Haikyuu!! ini mungkin lebih terasa.

Mulai dari ekspresi wajah, dialog, hingga respon kepada pemain lain menjadi daya tarik lainnya dari Haikyuu!!. Meski ada komedi di dalamnya, porsinya nggak berlebihan kecuali dalam situasi tertentu misalnya saat latihan atau training camp.

Nggak cuma di Jepang, manga ini juga sukses dari segi penjualan di luar negeri. Terima kasih kepada Furudate-sensei karena sudah bekerja keras selama 8 tahun ini. “Farewell, my paradise,” begitu kata Tendou Satori.

Itu dia beberapa alasan Haikyuu!! menjadi manga olahraga terbaik saat ini. Kalau menurutmu, apa alasan Haikyuu!! menjadi manga olahraga terbaik? Atau, adakah manga olahraga favoritmu yang wajib dibahas di JoyPixel! Langsung aja ke tulis di kolom komentar!

Cek lebih banyak asupan informasi bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Roisul Umam.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

1 0