Attack on Titan Final Season: Permulaan Menuju Ragnarok

Attack on Titan season 4 Shingeki no Kyojin final season
(doc. MAPPA Studio)

Delapan tahun sejak episode pertamanya tayang, akhirnya seri Attack on Titan (AoT) atau dikenal juga dengan Shingeki no Kyojin (SnK), telah sampai ke babak terakhirnya.

Terungkap bahwa dunia Eren dan kawan-kawan bukan hanya dunia sempit dimana manusia menunggu ajalnya di balik tembok. Melainkan ada sebuah alasan lain yang jauh lebih kompleks, dan mencakup makna dari ras, negara, dan yang paling penting: kebebasan.

Artikel ini memiliki spoiler cerita Attack on Titan Season 1-3, serta cakupan kecil dari manganya.

Apa yang Ada di balik Laut

Season ketiga dari AoT adalah kisah paling tragis yang mengorbankan banyak nyawa dari divisi Penyidik. Hal tersebut menjadi harga untuk mengungkapkan misteri dunia, serta merebut rumah orang-orang yang hilang pada serangan Titan Kolosal pertama.

Terungkaplah bahwa di luar pulau Paradis, tempat tembok berada, terdapat sebuah benua yang dikuasai oleh ras Marley. Disana, para Eldian, ras yang sama seperti Eren, Armin, maupun Mikasa, ditindas dan diperlakukan seperti warga kelas kedua.

Eren yang mengetahui kebenaran tersebut lewat buku catatan serta memori ayahnya, menyadari suatu hal: dia dan rekan seperjuangannya tidak akan terbebas dengan membunuh semua Titan, melainkan ketika musuh di seberang lautan dapat mereka kalahkan.

Attack on Titan
(doc. WIT Studio)

Cita-cita Eren, Armin, dan Mikasa untuk melihat lautan sebagai simbol kebebasan terasa hampa ketika Eren menyadari hal tersebut. Musuh mereka bukanlah binatang buas, atau entititas luar biasa lainnya, melainkan sesama manusia dengan teknologi dan cara berperang yang berbeda.

Eldian, Ras yang Dikutuk

Mengapa orang-orang Eldian ditindas oleh bangsa Marley? Semua itu bermula ribuan tahun lalu, ketika peradaban manusia dimulai. Eldia merupakan suku penguasa yang menjajah suku-suku lain, dan memperbudak orang-orangnya.

Diantara budak-budak tersebut, ada seorang gadis bernama Ymir, yang memperoleh kekuatan sebagai Titan pertama secara misterius. Dengan kemampuan tersebut, Ymir dan Eldia dengan leluasa menjajah bangsa-bangsa musuh, diantaranya adalah Marley.

Attack on Titan
(doc. WIT Studio)

Tercatat bahwa Eldian melakukan hal-hal keji selama penjajahannya dan membinasakan berbagai suku. Bangsa tersebut kemudian jatuh setelah Perang Besar Titan, dimana klan-klan pemilik kekuatan Titan saling berseteru, dan ras Marley, bangkit dari keterpurukan mereka.

Raja Fritz bersama sebagian rakyatnya kemudian mengasingkan diri ke pulau Paradis. Mereka membangun tembok raksasa dengan kemampuan para Titan dan mengultimatum siapapun di dunia luar yang ingin membawa perang pada mereka.

Sejarah atas Eldian yang dapat berubah menjadi sosok raksasa kanibal, tersebut seakan menjadi cap bahwa orang-orang Eldian adalah monster. Tidak peduli apakah ia adalah anak kecil, atau rakyat biasa, bagi Marley, kemampuan mereka hanya dapat digunakan dalam peperangan.

Bahkan bila Marley hancur, atau berhasil menguasai seluruh dunia pun, Eldian hanya akan dipandang seperti itu. Ras terkutuk pemakan manusia.

Harga sebuah kebebasan bagi Eren Yeager

Attack on Titan
(doc. WIT Studio)

Cerita AoT merupakan pergeseran genre, dari yang semula berupa dark-fantasy, survival, dan post-apocalypse, menjadi lebih dekat dengan latar belakang dunia nyata berkat tema perang yang ada.

Hajime Isayama sendiri, mangaka dari AoT, banyak mengambil inspirasi dari kisah penciptaan dunia mitologi Norse. Mulai dari nama tokoh penting seperti Ymir sebagai Titan pertama, hingga yggdrasil, pohon yang menghubungkan 9 dunia yang serupa dengan Koordinator dalam diri Titan Pendiri.

Bila ada kisah mitologi Norse yang sesuai dengan kondisi cerita AoT, adalah kisah Ragnarok, sebuah perang mahadahsyat yang akan menghancurkan dunia, dan memulai siklus kembali dari awal.

(doc. WIT Studio)

Pada arc cerita Marley dimana season keempat AoT bermula, Eren akan menyusup ke kelompok Pejuang Eldian dalam militer Marley, dan berinteraksi dengan mereka. Seperti halnya apa yang para Pejuang lakukan terhadap Paradis pada awal kisah.

Season terakhir dari AoT akan menceritakan tentang sebuah peperangan yang jauh lebih besar dibanding season sebelumnya. Kemudian semakin banyak misteri berkaitan dengan kekuatan Titan yang akan terkuak dari interaksi antara Eren dengan saudara tirinya, Zeke.

Dengan kekuatan Titan Pendiri ada dalam diri Eren, pandangannya terhadap dunia akan menentukan nasib Paradis, Eldian, dan bahkan mungkin seluruh dunia.

Mungkin para fans anime nanti akan terbelah antara mereka yang mendukung Eren serta Paradis, atau mendukung para Pejuang Eldian di Marley. Kalian dapat menonton season keempat Attack on Titan di Netflix, serta iQiyi secara gratis!

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0