Istilah Anime dan Manga Berikut Ini Wajib Kamu Tahu!

istilah anime dan manga

Istilah anime dan manga, seringkali menggunakan bahasa asing dan membuat bingung kalangan awam. Coba deh tanyakan sama teman wibu kamu, ada istilah-istilah eksklusif seperti moe, tsundere, chuunibyou, dan istilah aneh lainnya.

Enaknya kalau kamu paham dengan istilah-istilah ini, percakapanmu dengan teman-teman wibu bakal lebih seru. Kamu juga bisa nelusuri judul-judul anime dan manga yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Nah, di artikel ini Joypixel bakal ngejelasin istilah-istilah asing dalam dunia anime dan manga. Dimulai dari demografi genre tontonan dan bacaan, biar kalian bisa nentuin jenis cerita apa yang kalian suka.

Shonen dan Shoujo

Dimulai dari yang paling sederhana, Shonen dan Shoujo adalah dua genre yang paling dekat dengan masyarakat, terutama kalangan generasi tahun 90-an.

Contohnya: Naruto, One Piece, dan Bleach, adalah jenis genre Shonen populer. Shonen ditujukan untuk demografi pemuda laki-laki, dengan fokus cerita cenderung ada pada ranah aksi dan petualangan.

Ciri khas utama cerita untuk demografi Shonen, adalah protagonis yang cenderung naif dan ambisius. Karena itu, elemen petualangan sangat cocok pada tipe cerita ini. Para penggemar bakal mengikuti perjalanan protagonis menjadi semakin kuat seiring waktu.

Sementara, seri Shoujo ditunjukan untuk anak atau remaja perempuan. Shoujo lebih membahas drama dan romansa yang biasa dibahas oleh perempuan. Walau begitu, bukan berarti elemen-elemen aksi dan petualangan tidak hadir dalam kategori ini.

Cerita gadis sihir seperti Cardcaptor Sakura atau Sailor Moon misalnya. Walaupun ada cerita drama dan masalah kehidupan anak perempuan, masih ada elemen aksi dan petualangan dalam cerita. Protagonis seri Shoujo juga nggak jauh beda kok sama protagonis Shonen.

Seinen dan Josei

Nah, kali ini ABG dari Shonen dan Shoujo udah semakin tua, dan semakin banyak makan asam-garam kehidupan. Cerita Seinen ditunjukan untuk demografi 18 tahun keatas, dengan tema cerita yang lebih gelap dan lebih serius.

Seinen juga cenderung menampilkan kekerasan berlebih dan topik-topik yang sebelumnya tabu untuk anak kecil, seperti narkoba dan seksualitas. Protagonis cerita Seinen juga bukan anak naif lagi, justru terkadang, tokoh sentralnya adalah anti-hero.

Josei juga demikian. Wlau tidak selalu melibatkan kekerasan, narkoba, dan seksual. Cerita Josei lebih mencakup topik drama yang lebih nyata dibanding Shoujo.

Nah, tentang demografi sudah, sekarang ada beberapa istilah genre yang lebih mengacu pada tipe cerita anime dan manga tersebut. Selain genre-genre umum seperti aksi, sains-fiksi, drama, dan romance, ada genre-genre unik yang dicantumkan untuk cerita-cerita dengan tema khusus.

Iyashikei

Berasal dari bahasa Jepang dengan arti ‘penyembuhan’, Iyashikei adalah cerita dengan premis sederhana, minim konflik, dan lebih menunjukan hal-hal trivial dan menenangkan antar tokoh. Cerita Iyashikei memberikan perasaan senang pada penontonnya dalam bentuk kisah yang membuat tenang.

Cerita ini cenderung memiliki elemen slice-of-life atau hidup sehari-hari, disertai dengan komedi ringan. Contohnya adalah: Yuru Camp, Yotsubato, K-On! dan Flying Witch.

Isekai

Suka atau benci, wibu generasi sekarang pasti sering mengucapkan kata-kata ini. Isekai, atau ‘dunia lain’ sebenarnya adalah cerita tentang perjalanan karakter utama ke dunia lain yang tidak pernah ia ketahui.

Cerita-cerita klasik seperti Narnia misalnya, bisa dikatakan masuk golongan Isekai.

Kenapa genre ini seakan begitu dibenci? Isekai memiliki tren cerita dimana karakter utama yang berpindah dunia diberkahi kekuatan overpowered. Selain itu, elemen harem dan ecchi semakin membuat Isekai ‘kekinian’ terasa dangkal, dan cuma jadi fantasi eskapisme belaka.

Itu dia guys! Istilah-istilah asing populer dalam dunia anime dan manga. Sebenarnya masih ada banyak lagi istilah-isitlah asing seperti ini lho! Ikutin Joypixel terus kalau masih penasaran!

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0