Oregairu: Kenapa Hachiman Memilih Yukino?

Pada episode ke 11 season tiga Oregairu, Hachiman menyatakan perasaannya ke Yukino. Sementara Yui masuk jajaran ‘Heroine Favorit yang Kalah’ bersama Rem dan Onodera.

Walau Yui punya personality yang bertolak belakang dari Hachiman, bukannya justru mereka akan saling melengkapi? Sepertinya tidak sesimpel itu guys!

Berikut beberapa argumen yang Joypixel rangkum untuk menjelaskan kenapa Hachiman lebih memilih Yukino dibanding Yui:

Hachiman Ingin Hubungan yang Nyata

Sejak awal cerita, Hachiman selalu menuturkan bagaimana orang-orang menyembunyikan wajah asli agar bisa mendapat hubungan dan dilibatkan dalam kelompok.

Sebagai seseorang yang kurang mampu bersosialisasi, Hachiman mengetahui hal ini, dan membuatnya awas diri terhadap hubungan sosial orang-orang disekitarnya. Ia menarik diri karena tidak bisa membuat ‘wajah palsu’ tersebut, alih-alih tetap menjadi dirinya sendiri.

Yukino juga demikian, memiliki pengalaman dikucilkan karena kesalahpahaman dengan Hayato, membuatnya mengembangkan kepribadian yang pendiam dan terkesan dingin.

Yukino selalu berbicara dengan terus terang, walau terkadang bisa membingungkan. Relasi inilah yang Hachiman inginkan.

Yui Menyukai Hachiman Karena Merasa Bersalah

Bisa jadi takdir bahwa pertemuan Yui dan Hachiman berawal dari bagaimana Hachiman menyelamatkan anjing Yui dari tabrakan mobil. Akan tetapi Hachiman membayar mahal dengan harus diopname di rumah sakit, melewatkan bulan pertama SMA nya.

Ketika masuk kembali, Hachiman tidak memiliki kelompok yang mengikutsertakannya, dan tampil sebagai siswa penyendiri.

Yui sebenarnya ingin berusaha dekat dengan Hachiman, namun Yui adalah tipe orang sosialita yang bergabung dengan kelompok paling besar.

Yui berusaha agar bisa terlibat dengan kelompok Hayato yang merupakan lawan kutub dari Hachiman. Terkadang ia hanya bisa mengiyakan ketika temannya yang lain menggosipkan Hachiman

Walau Yui banyak terlihat lebih dekat dengan Hachiman, itu didasarkan kepada kepribadiannya yang ekstrovert. Hachiman tidak bisa bertahan di dunia sosial yang biasa Yui miliki.

Yui hanya menyukai Hachiman karena ia adalah orang yang menyelamatkan anjingnya. Pada akhirnya kalau insiden itu tidak terjadi, Yui tidak akan mengeluarkan effort untuk bisa mengenal Hachiman lebih dalam.

Hachiman Ingin Terus Ada di Hidup Yukino

Pembubaran klub relawan yang menjadi tempat bertemunya Hachiman, Yui, dan Yukino membuat jarak antara mereka semakin lebar. Mereka tidak lagi memiliki alasan untuk bertemu, dan seiring waktu, mereka akan menyibukan diri dengan dunia mereka sendiri.

Baik Yukino maupun Yui sadar bahwa mereka memiliki perasaan terhadap Hachiman, namun Yukino berusaha menguburnya untuk membuktikan diri bahwa ia pantas meneruskan usaha keluarganya.

Kemudian, berkat dorongan dari Hitasuka-sensei, Hachiman menyadari bahwa ia tidak ingin bahwa hubungan mereka bertiga berakhir hanya sebagai kenalan yang saling menipu satu sama lain agar mereka tidak terluka.

Hachiman kemudian mengajak Yui bertemu untuk membicarakan tentang hal ini. Disinilah Hachiman mengakui bahwa dia menyukai Yukino dan meminta maaf terhadap Yui (dengan cara yang agak berbelit-belit)

Kemudian Hachiman menyelenggarakan pesta prom kedua yang merupakan pesta gabungan SMA Sobu, dan Sekolah Kaihin Sogo. Semua ini ia lakukan agar ia tetap dapat terhubung dengan Yukino, hingga akhirnya Hachiman menyatakan perasaannya.

Pada akhirnya, Hachiman berhasil menjalin sebuah hubungan yang tulus, ia tidak hanya bertumbuh dari pribadi antisosial yang mencemooh masyarakat, namun ia menemukan keindahan dari menjadi diri sendiri di tengah dunia yang penuh kebohongan.

Hachiman paham bahwa kejujuran ini akan melukai seseorang, namun menyembunyikannya justru akan membuat dirinya dan orang tersebut lebih disakiti. Yui pun juga paham akan hal ini, dan rela menerima semua kenangan dengan Hachiman, baik yang menyenangkan maupun menyakitkan.

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

1 0