5 Perbedaan AKB48 dan Nogizaka46 yang Harus Kamu Tahu

Perbedaan AKB48 dan Nogizaka46
Dari daerahnya aja udah beda, beda pula manajemennya AKB48 dan Nogizaka46. (doc. Nihongogo)

Ngomongin soal idol di Jepang, tentu saat ini nggak jauh-jauh dari yang namanya AKB48 dan Nogizaka46. Kalau dilihat-lihat, namanya mirip karena ada angka di belakang. Banyak memang yang bertanya apa sih perbedaan AKB48 dan Nogizaka46?

Memang nggak bisa dipungkiri kalau AKB48 adalah satu pop idol di Jepang yang mampu eksis sampai di usia mereka yang ke-12. Meski udah ditinggal sejumlah member original, generasi penerus AKB48 masih mampu menyandang nama yang ditinggalkan oleh senior mereka.

Namun, Yasushi Akimoto, selaku produser eksekutif AKB48, sekitar 2014 lalu memiliki rencana lain untuk idol group yang bermarkas di Akihabara tersebut. Dia membentuk rival grup bernama Nogizaka46. Sama seperti AKB48, nama Nogizaka46 juga berasal dari sebuah lokasi. Kalau nama AKB48 berdasarkan Akihabara, Nogizaka46 berasal dari nama sebuah gedung bernama SME Nogizaka Building, yang merupakan “rumahnya” Sony Music Japan.

Bisa dibilang, sampai saat ini AKB48 punya basis fans yang banyak terutama di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun, Nogizaka46 juga nggak kalah. Mereka juga punya fans yang jumlahnya juga terus bertambah. Apalagi mereka bakal menjadi salah satu guest star di C3AFA Singapore 2017 pada November mendatang. Bisa dibilang, ini merupakan penampilan pertama mereka di Asia Tenggara, khususnya Singapura.

Meski dibentuk oleh orang yang sama, ada perbedaan di antara AKB48 dan Nogizaka46 ini. Aki-P sadar dengan membentuk rival jangan sampai ada kesamaan di antara keduanya. Inilah perbedaan AKB48 dan Nogizaka46 yang perlu kamu tahu guys…

  1. Berasal dari daerah yang berbeda

Kamu pasti udah tahu kalau AKB48 dan adik-adiknya memiliki nama yang berbeda di setiap daerah di Jepang. Ada yang di Tokyo (Akihabara), Nagoya (Sakae), Osaka (Namba), Fukuoka (Hakata) dan Niigata. Termasuk dari negara lain yaitu Jakarta (Indonesia), Shanghai (China), dan Bangkok (Thailand).

Namun, beda sama rivalnya. Nogizaka46 beserta “temannya” yaitu Keyakizaka46 berbasis di Tokyo aja. Alasannya sederhana, “rumah” Sony Music Japan, yang merupakan label mereka, berada di Tokyo.

  1. Manajemen yang berbeda

Saat ini, AKB48 berserta sister group-nya dimanajeri oleh AKS kecuali NMB48. Grup 48 yang berbasis di Osaka ini berada di bawah naungan Kyoraku Yoshimoto. Meski berbeda manajemen, AKS diperbolehkan mengelola NMB48 melalui perusahaan induk mereka bernama Kyoraku, yang memiliki saham terbesar di AKS. Pengelolaan ini termasuk dalam hak cipta lagu.

Sedangkan, rival AKB48, Nogizaka46 dimanajeri oleh perusahaan Nogizaka46 LLC yang dibentuk oleh Sony Entertainment dan North River. Ternyata, perusahaan tersebut merupakan bagian dari Perusahaan AKS. Sebagai manajemen resmi, Nogizaka46 LLC memiliki semua hak cipta lagu Nogizaka46. Sementara, rekan Nogizaka46  yaitu Keyakizaka46, dimanajeri oleh Keyakizaka46 Management Executive Office dan hak cipta lagunya dimiliki oleh Sony Music Japan.

Ada keunikan dalam sistem manajemen ini. Semua idol grup tersebut, kecuali Keyakizaka46, harus membayar ke AKS jika mereka menggunakan lagu mereka dalam situasi apapun. Makanya, nggak heran kalau Nogizaka46 juga pernah bawain lagu “Aitakatta Kamoshirenai”, yang merupakan aransemen dari “Aitakatta” versi AKB48.

  1. Agen pun juga beda

Dari manajemen, sekarang beralih ke agen. Karena berafiliasi dengan AKS, member AKB48 dari era AKS berada di bawah naungan mereka. Member yang memiliki manajer pribadi rata-rata berasal dari AKS juga. Namun, hal ini berbeda dengan para member yang bergabung dengan AKB48 sebelum era AKS, yaitu saat 1-2 tahun pertama AKB48 dibentuk.

Agen dari AKS nggak menaungi member NMB48. Alasannya, NMB48 berada di bawah manajemen Kyoraku Yoshimoto. Uniknya, beberapa member lulusan NMB48 akan ditransfer ke manajemen Showtitle, yang merupakan anak perusahaan dari Yoshimoto grup. Sementara, semua agen atau manajer member Nogizaka46 berada di bawah Nogizaka46 LLC.

  1. Pemilihan line-up single

Line-up single AKB48 berserta sister group-nya maupun Nogizaka46 diputuskan oleh manajemen masing-masing. Kamu pasti udah tahu event tahunan AKB48 bernama Senbatsu Sousenkyo.  Event ini digelar untuk memilih line-up yang ditentuin langsung dengan vote dari para fans. Beda sama AKB48, Nogizaka46 nggak punya event seperti itu. Jadi manajemen mereka sendiri lah yang menentukan lin-up-nya. Seenggaknya sampai saat ini masih seperti itu.

  1. Teater dan event handshake cuma punya 48 Family

Baik AKB48 dan sister group-nya memiliki teater masing-masing. Namun, Nogizaka46 dan Keyakizaka46 nggak memilikinya. Teater merupakan salah satu unsur penting buat AKB48 dan “adik-adiknya”. Ini dikarenakan saat pertama kali dibentuk, AKB48 masih belum terkenal. Strategi teater digunakan untuk mendekatkan idol dengan para fans. Selain itu, ada event handshake yang mendekatkan member dengan fans mereka masing-masing.

Lalu, bagaimana cara Nogizaka46 dan Keyakizaka46 mendekatkan diri dengan fans? Mereka menggelar konser, baik konser skala kecil maupun konser besar. Mereka nggak punya event handshake. Jadi, konser adalah satu-satunya cara Nogizaka46 dekat dengan fansnya.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

2 0