Band Pengisi Pensi yang Bakal Bersinar di 2018

Band Pengisi Pensi
Tahun ini nama-nama lama dalam dunia musik perpensian bakal kembali naik daun. Siapa band favorit kamu kalau nonton pensi? (photo by Satria Perdana, tahun 2015)

Event musik kayaknya udah nggak bisa absen dari (hampir) setiap weekend. Rasa-rasanya pasti ada aja acara musik. Mulai gigs, event showcase, sampai pentas seni atau pensi! Selain event tahunan yang rutin diadakan oleh sekolah-sekolah, nggak jarang juga pensi jadi ajang performance buat band pengisi pensi baru dan juga lama.

Mau tahu nggak, band-band apa aja yang masih survive ngisi pensi dari dulu sampai sekarang? Terus, band apa aja sih yang bakal bersinar tahun ini? Simak deh band-band pilihan JoyPixel!

  1. Maliq & D’Essentials

Mulai dari manggung di café, naik panggung pensi, sempat terikat sama label sampai akhirnya walk out dan membuat label-nya sendiri. Perjalanan panjang ini nggak mulus-mulus amat dilalui oleh band yang udah terbentuk sejak 2002 silam. Perjalanan ini juga yang membuktikan akronim dari nama mereka, Music and Live Instrument Quality.

Live performance yang selalu dilengkapi dengan koreografi, dresscode yang berbeda di setiap panggung membuat Maliq & D’Essentials masih ditunggu di setiap pentas seni, baik pensi sekolah maupun pensi kampus. Siapa sih yang tahan buat nggak ikutan sing along waktu denger lagu Untitled, Setapa Sriwedari, atau Pilihanku?

  1. Naif

Band ini lebih senior dari Maliq & D’Essentials. Naif yang digawangi oleh Emil, David, Jarwo dan Pepeng ini sudah terbentuk pada 1995 (mungkin beberapa di antara kamu masih berbentuk embrio). Gabungan dari mahasiswa IKJ yang lebih sering ngeband daripada mengerjakan tugas ini membuktikan konsistensi karya mereka dengan rajin tampil di pensi-pensi dan mengeluarkan album. Terakhir, album mereka 7 Bidadari dirilis melalui konser 7 Bidadari pada Oktober 2017. Lirik yang sederhana tapi ngena yang membuat lagu-lagu mereka dapat dinikmati lintas generasi.

  1. Seringai

Salah satu band yang selalu bikin penontonnya asik, sampai stage dive ini menjadi salah satu band yang selalu ditunggu saat pensi. Berdiri sejak 2002, band ini mengusung aliran rock dengan oktan tinggi yang khas. Sempat diabadikan dalam boks set DVD berjudul Generasi Menolak Tua, semakin menunjukkan eksistensi Seringai di hati penggemarnya.

  1. Sore

Salah satu band yang mengusung aliran pop, Sore Band atau Sore Ze Band ini memiliki satu keunikan yang mungkin hanya satu di Indonesia. Ade Firza Paloh (gitar, vokal), Awan Garnida (bass, vokal), Reza Dwi Putranto (gitar, vokal), Bemby Gusti Pramudya (drum, perkusi, vokal), dan saat itu masih ada Ramondo Gascaro (piano, keyboard, gitar, vokal) semuanya memainkan alat musiknya secara kidal. Dengan lagu pop tapi nggak menye-menye, semua anggota Sore ambil bagian sebagai vokalis dalam setiap album-albumnya. Selain itu, Sore juga sempat masuk di ranking teratas lima band yang wajib didengar versi TIME Asia.

  1. Kelompok Penerbang Roket

Masih terhitung muda, Kelompok Penerbang Roket udah melekat di telinga pendengarnya. Melakukan pendekatan era musik Indonesia tahun 1970-an, band ini menjadi warna baru di industri musik Indonesia. More crazy things, Kelompok Penerbang Roket mengeluarkan album baru dengan jarak hanya dua bulan setelah perilisan album perdana. Apalagi muatannya merupakan delapan lagu cover dari sebuah band legendaris – Panbers.

Band pengisi Pensi favorit kamu yang mana nih? Share di komen yuk!

Cek untuk lebih banyak informasi mengenai musik atau tulisan menarik lainnya dari Petek Lebay.

Is the Story Interesting?

1 1