Dibalik Kerjasama Fotografer dan YouTuber Peter McKinnon Dengan Angels & Airwaves!

Seringkali orang bertanya, kemana sih David Kennedy, kok nggak ikutan rekaman di album baru Angels & Airwaves? Kenapa kok yang rekaman gitar malah Ilan Rubin, sang drummer?

Sampai saat ini, dari pihak unit rock alternatif asal Amerika Serikat ini belum pernah memberikan konfirmasi terkait hal tersebut. Tetapi memang, David Kennedy tidak ikut proses kreatif dan rekaman sedari album The Dream Walker. Hal ini bisa jadi dikarenakan ia tengah sibuk mengurus bisnis kopi yang didirikannya, James Coffee Co. Tom Delonge, sang vokalis dan gitaris dari AVA (akronim Angels & Airwaves) hanya pernah mengatakan bahwa David tidak pernah benar-benar keluar dan meminta fans untuk memandang AVA bukan hanya sebagai band, tapi sebagai proyek seni.

Tapi kamu tau nggak sih, kalau sebenarnya, David Kennedy ini masih sering datang saat proses kreatif dan rekaman?

Meski memang aneh terdengarnya, tetapi David Kennedy ternyata tetap membantu proses produksi Angels & Airwaves di divisi lain. Kira-kira apa aja sih?

Dimulai dari Era Baru Angels & Airwaves!

Peter McKinnon dan Angels & Airwaves
Angels & Airwaves yang terlahir kembali! (Doc. Angels & Airwaves)

Tahun 2019, Angels & Airwaves mengumumkan peluncuran lagu baru, Rebel Girl, sekaligus tur pertama sejak delapan tahun belum pernah tur lagi sama sekali. Di sini, Angels & Airwaves mulai masuk kembali ke label, yakni Rise Records, sebuah anak perusahaan Warner Music Group yang berfokus pada musik-musik heavy metal dan punk rock. Rise Records juga yang menaungi band-band seperti Sleeping With Sirens, Attack Attack!, PVRIS, Of Mice and Men, dan banyak lainnya.

Meski nggak jarang juga band-band dari jenis musik lainnya, entah kenapa AVA akhirnya memilih untuk kembali masuk label. Tetapi, bisa dibilang, Rise Records melakukan rebranding AVA dengan sangat baik. Mulai dari logo, tone warna desain, promosi, tur, interview radio-radio terasa lebih niat.

Baca juga: Komunitas Angels & Airwaves Indonesia Gelar Tribute Online Sekaligus Dukungan Untuk Kemanusiaan

Nah, di sini, AVA juga kembali melakukan photoshoot berisikan tiga orang: Tom Delonge (vokal, gitar), Ilan Rubin (drum, multi-instrumentalis), dan David Kennedy (gitar, keyboard). Photoshoot ini kembali ramai setelah di foto-foto album The Dream Walker enam tahun lalu hanya tersisa dua personil, Tom dan Ilan. Meski Tom juga pernah bilang David nggak pernah bener-bener keluar, cuma buat fans, hal ini cukup janggal. Udah gitu, hal ini membuat bingung para fans yang diberitahu kalau Ed Breckenridge bergabung dengan AVA.

Tom mungkin sudah kehilangan banyak orang seperti manajer turnya yang lama, hingga teknisi gitarnya Doug Reesh, tetapi ia ingin tur baru untuk AVA. Ia juga ingin membuat dokumenter tentang era baru Angels & Airwaves, sekaligus menunjukan, kalau hasrat bermusik Tom belum mati, dan AVA bukanlah sebuah pelarian dari blink-182. 

Teknisi Gitar Baru!

https://www.instagram.com/p/BpGFhzTBNI9/?igshid=1geepezsl3j3b

James Coffee Co x Aprettysweetguy

Dari wacana untuk tur, kelihatannya David Kennedy mengenal orang yang bekerja padanya mengerti seputar dunia pergitaran, menggantikan posisi Doug Reesh sebagai teknisi gitar.

Orang itu nggak lain dan nggak bukan adalah barista David Kennedy di James Coffee Co., seseorang yang memiliki nama akun Instagram aprettysweetguy. David kemudian mengenalkan baristanya ini ke Tom Delonge, sehingga menjadi teknisi gitar untuk Tom Delonge maupun David Kennedy.

Tom sering bercandain saat di panggung, “Teknisi gitar baruku adalah Yesus Kristus,” ujar Tom tertawa. Hal ini mengacu pada gaya rambut panjangnya dan janggut yang agak brewok.

View this post on Instagram

FYI- Jesus Christ is my new guitar tech.

A post shared by Official Tom DeLonge (@tomdelonge) on

Dokumenter Era Baru Angels & Airwaves!

James Coffee Co x Peter McKinnon

Selain itu, hal yang mengejutkan lainnya adalah kolaborasi Angels & Airwaves dengan fotografer, videografer, dan YouTuber kenamaan, Peter McKinnon. Yap, ia terkenal dengan tone fotonya yang luar biasa. Kemudian, orang yang menghubungkan AVA (akronim Angels & Airwaves) dengan Peter McKinnon nggak lain dan nggak bukan adalah sosok David Kennedy.

Peter McKinnon sebelumnya pernah membuat sebuah iklan sekaligus film pendek berdurasi tiga menit tentang usaha kopi David Kennedy, James Coffee Co.

Di video itu, Peter menjelaskan bahwa ia menawarkan jasa fotografinya ke pemilik James Coffee Co sekitar tahun 2013. Ternyata sejak itu, McKinnon lah yang bertanggung jawab untuk estetika foto di media sosial James Coffee Co.

Menurut McKinnon ketika AVA kembali tur dan rekaman lagu baru, McKinnon tertarik untuk menggarap dokumenter proses kembalinya AVA setelah delapan tahun nggak pernah manggung. Ia ingin menceritakan melalui sinematografi bagaimana kisah ini nantinya dapat menginspirasi banyak orang. 

Baca juga: The Dream Walker, Proyek Multimedia Ambisius dari Angels & Airwaves!

Peter sampai mengikuti setiap proses latihannya AVA, hingga mewawancarai para personilnya satu persatu demi membuat film dokumenter ini nggak hanya bercerita melalui sinematografi, namun juga dari sisi personal para personilnya. Untuk menambah jalan ceritanya, McKinnon turut serta dalam beberapa panggung live-nya seperti dokumenter AVA terdahulu, Start the Machine, dalam proses pembuatan album perdananya, We Don’t Need to Whisper.

Beberapa trailer pun sudah dirilis oleh McKinnon di akun YouTube-nya, dan seperti biasanya, nggak usah diraguin lagi hasilnya! Kali aja di dokumenter ini, segala pertanyaan kamu seputar keanehan AVA dalam beberapa tahun belakangan ini bisa semakin terjawab!

Untuk tanggal perilisannya belum dikonfirmasi baik oleh AVA ataupun Peter McKinnon. Semoga aja barengan sama rilis album barunya Angels & Airwaves nanti!

Pemain bass di sonicwaves | Gemar memotret | Menulis di JoyPixel dan blog pribadi | Demen musik, film, series, game, komik, gadget dan banyak hal lainnya, makannya cocok kan di JoyPixel.

Is the Story Interesting?

1 0