Gak Cuma Jago Nyanyi, Grup K-Pop Ini Juga Jago Main Musik, lho!

Band K-Pop
Source: instagram/NFlyingofficial

Bicara soal K-Pop, mungkin sebagian besar K-Lovers lebih tahu boyband dan girlband. Dengan visual yang menarik, suara yang bagus, dan lincah saat menari di atas panggung tak ayal membuat boyband dan girlband K-Pop diterima dengan mudah oleh semua kalangan. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, Korea juga punya banyak grup band yang tidak kalah menarik. Gak cuma jago nyanyi, tapi mereka juga ahli bermain musik. Visualnya pun tidak perlu diragukan lagi lho, JoyFriends!

Gak percaya? Yuk, kita simak grup band yang masih aktif hingga sekarang!

1. FT ISLand

K-Pop

Source: instagram/officialftisland

Group yang berada di bawah naungan FNC Entertaiment ini merupakan salah satu band pop rock Korea yang hingga saat ini masih aktif.

F.T Island merupakan kependekan dari “Five Treasure Island” yang debut pada tanggal 7 Juni 2007. F.T Island debut dengan lagu “Lovesick” dari album pertamanya yang bertajuk “Cheerful Sensibility”.

F.T Island mulanya terdiri dari 5 anggota, yaitu Lee Hong Ki, Choi Jong Hoon, Lee Jae Jin, Choi Min Hwan, dan Song Seung Hyun. Namun, pada Maret 2019 F.T Island kehilangan salah satu anggotanya, Choi Jong Hoon karena skandal kasus chat room bersama Seungri. Tak hanya itu, pada akhir 2019 F.T Island juga harus merelakan Song Seung Hyun, sang gitaris, karena memilih untuk tidak memperpanjang kontrak kerja dengan FNC Entertaiment. Sayang banget ya, JoyFriends.

2. CNBlue

K-Pop

Source: instagram/cnblue_official

Band yang juga bernaung di bawah FNC Entertaimen ini mengawali karirnya dengan 4 anggota, yakni Jung Younghwa, Lee Jong Hyun, Lee Jung Shin, dan Kang Minhyuk. CNBlue dibentuk tahun 2009 dan resmi debut di Korea pada 14 Januari 2010 dengan lagu utama “I’m A Loner”. Sebelum debut di Korea, CNBlue lebih dulu debut di Jepang pada 19 Agustus 2009, lho! Keren, ya!

CNBlue juga dikenal dengan sebagai Code Name Blue yang merupakan band indie rock asal Korea Selatan. CN adalah singkatan dari ‘Code Name’, sementara BLUE adalah singkatan dari gambar individu anggota. B yang berarti ‘Burning’ untuk Lee Jong Hyun, L berarti ‘Lovely’ untuk Kang Min Hyuk, U untuk ‘Untouchable’ yang merupakan Lee Jung Shin, dan E yang berarti ‘Emotional’ merupakan Jung Yong Hwa.

Gak cuma main alat musik, CNBlue juga jago nyanyi, JoyFriends! Keempat anggota CNBlue juga mengisi posisi sebagai vokalis!
Namun sayangnya, sang gitaris, Lee Jonghyung memutuskan untuk hengkang dari group pada 2019 akibat skandal yang menimpanya.

Saat ini, ketiga anggota lainnya baru saja menyelesaikan wajib militer dan CNBlue digadang-gadang akan kembali aktif untuk menyapa para Boice, nama penggemar CNBlue.

3. N. Flying

Source: twitter/NFlyingofficial

Sama seperti F.T Island dan CNBlue, N. Flying juga merupakan besutan FNC Entertaiment, JoyFriends! Nama N. Flying sendiri berasal dari kata “New” dan “Flying” yang juga berarti New Wings atau New Esscape yang debut di Jepang pada tahun 2012. Sementara di Korea, N. Flying resmi debut tahun 2015 dengan lagu “Awesome”.

N. Flying beranggotakan 4 orang yang terdiri dari Lee Seung Hyub sebagai leader yang memegang kendali atas gitar, vokal, dan rap. Cha Hun sebagai gitaris utama dan vokal, Kim Jae Hyun sang drummer, dan Kwon Kwang Jin sebagai bassis. Pada tahun 2017, Yoo Hwe Seung, mantan peserta ajang pencarian bakat Produce 101 Season 2  ikutbergabung dengan 4 anggota N. Flying sebagai vokalis utama.

Pada akhir tahun 2018, Kwon Kwang Jin undur diri dari N. Flying karena terlibat kasus pelecehan seksual. Meskipun kehilangan anggota, N. Flying tetap aktif menghibur para penggemarnya. Awal tahun 2019, nama N. Flying semakin populer berkat lagu “Rooftop” dari proyek Fly High Project.

Selain memiliki musik yang keren dengan aliran rock rap, N. Flying juga memiliki visual yang sangat menarik dan jago dance! Tidak heran jika penggemar N. Flying sangat banyak di dalam negeri, maupun di luar negeri.

Dan pada awal tahun 2020, N. Flying kembali mendapat anggota baru untuk menggantikan posisi Kwon Kwang Jin sebagai basis, yaitu Seo Dong Sung. Semoga makin sukses ya, N. Flying!!!

4. DAY6

Source: Dok. JYP Entertaiment

Siapa yang gak tahu pelantun lagu “Yeopposeo” yang sempat viral di media sosial karena banyak yang menyanyikan lagu tersebut pada saat Noraebang? Lagu “Yeopposeo” dinyanyikan oleh DAY6 yang merupakan grup band pertama dan satu-satunya asuhan JYP Entertaiment. DAY6 pada 7 September 2015 lewat lagu utamanya “Congratulations” yang langsung melejit diminggu pertama sejak rilis.

DAY6 beranggotakan 6 personil, yakni Park Sungjin, Park Jaehyung, Brian Kang, Kim Wonpil, Im Junghyeok, dan Yoon Dowoon. Nama DAY6 sendiri diambil sebagai representasi 6 anggota, dari 6 hari pertama dalam seminggu, sedangkan penggemar direpresentasikan sabagai hari ke 7. Sayangnya, pada 27 Februari 2016, JYP Entertainment mengumumkan bahwa Im Junhyeok harus mengakhiri kontraknya dengan agensi karena alasa pribadi.

Hingga kini, DAY6 melanjutkan band dengan lima anggota. Bahkan, DAY6 baru saja comeback dengan mini abum bertajuk “The Book of US: The Demon” dengan lagu “Zombie” sebagai tittle track.

DAY6 juga dikenal sebagai band spesial galau karena lagu-lagu milik DAY6 memiliki makna yang dalam dan menusuk hati. Selain bermain alat musik, kelima anggotanya juga aktif menulis lagu dan memproduksi musik mereka sendiri. Soal visual, jangan tanya deh. Dijamin tampan dan mapan!

5. The Rose

Source: instagram/official_therose

Selain DAY6 yang memiliki lagu-lagu galau, The Rose juga dikenal dengan lagu-lagunya yang bikin ambyar. The Rose berasal dari agensi J&Star Entertainment yang debut pada 3 Agustus 2017 dengan 4 anggota, yaitu Kim Woosung, Lee Jaehyeong, Park Dojoon, dan Lee Hajoon.

Menurut Kim Woosung, nama The Rose dipilih karena setiap anggota memiliki warna dan makna bunga mawar yang mewakili mereka. Putih untuk Woosung yang berarti murni, merah untuk Dojoon berarti gairah dan antusiasme, biru untuk Hajoon berarti keajaiban, dan merah muda untuk Jaehyeong yang memiliki makna kebahagiaan dan asmara.

The Rose debut dengan single pertama berjudul “Sorry” yang menjadi lagu terbaik di Billboard sepanjang tahun 2017. Bahkan MV “Sorry” mencapai 3 juta viewer setelah dirilis dan mendapat julukan “A fantastyc introduction to the band’s soft-rock vide”’ oleh Rolling Stone India.

Meskipun masih tergolong sebagai grup band baru, The Rose mampu menarik perhatian pecinta musik. Nama penggemar The Rose adalah Black Rose. Saat ini, The Rose sudah memiliki banyak penggemar hingga internasional.

Sangat disayangkan, pada Maret 2020 The Rose meminta penghentian kontrak mereka dengan J&Star Entertainment, dikarenakan jadwal yang tidak masuk akal dan tidak adanya transparansi mengenai pembayaran yang dilakukan agensinya.

Namun, hal tersebut tidak membuat The Rose lantas kehilangan penggemarnya. Black Rose, penggemar The Rose, tidak henti-hentinya memberi dukungan untuk keempat idolanya dan berharap The Rose akan segera kembali ke panggung.

6. Vincit Omnia

Source: instagram/vincit_official

Kalau biasanya grup band semua anggotanya adalah laki-laki, lain halnya dengan Vincit Omnia nih, JoyFriends!

Vincit Omnia atau biasa di kenal dengan Vincit merupakan band baru Korea yang mengusung aliran pop rock dan RnB di bawah naungan C2K Entertaiment dengan 4 anggota. Salah satu anggotanya adalah perempuan, lho!

Vincit debut lewat lagu “I Don’t Wanna Die” yang rilis pada 18 Februari 2020 dan memiliki 4 anggota yang terdiri dari, Song Jia yang merupakan satu-satunya perempuan yang menjabat sebagai leader sekaligus vokalis. Lalu, Sim Hyeong Seok sebagai sebagai drummer, Mo Gyu Chan sebagai gitaris, dan Gu Tae Il sebagai basis.

Baru-baru ini, pada tanggal 16 Mei 2020 Vincit menggelar konser online selama 2 jam melalui akun youtube Rolling Star TV untuk menyapa para menggemarnya.

Nah, itulah beberapa band asal Korea Selatan yang mungkin merubah perspektif kamu mengenai sisi lain dunia K-Pop! Kamu punya rekomendasi grup K-Pop lain? Langsung aja tulis rekomendasi band K-Pop favoritmu di kolom komentar!

Cek untuk lebih banyak lagi artikel bergizi tentang K-Pop dan pop culture atau tulisan-tulisan menarik lainnya dari Verina Intan, Joyfriends.

Written by
-

Is the Story Interesting?

3 0