Konser Kpop Yang Batal Akibat Virus Corona

Konser Kpop Yang Batal di Akibat Virus Corona

Kondisi virus Corona atau COVID-19 yang kian merebak di Korea Selatan membuat sejumlah aktivitas publik terganggu dan makin dibatasi, juga berdampak pada kegiatan industri Kpop menjadi tak berdaya. Beberapa konser Kpop pun jadi korban.

Dikutip dari Yonhap News Agency, Sabtu, 14 Maret 2020, terdapat 8.086 kasus yang terinveksi virus COVID-19, dengn 72 kasus meninggal dunia, 63 kasus dalam kondisi kritis, dan 714 kasus yang baru pulih. Data ini didapatkan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC).

Hal tersebut tentunya menjadi pukulan besar bagi industri hiburan Kpop. Sejumlah agensi hiburan Korea Selatan yang memutuskan untuk menunda atau membatalkan kegiatan artis mereka demi mencegah penyebaran virus COVID-19, seperti melakukan kontak langsung antara artis dan penggemarnya.

Pagelaran The Korea Times Music Festival yang rencananya digelar di Los Angeles, AS, pada April mendatang, yang akan diisi oleh sederet artis ternama, seperti Momoland, Ha Sungwoon, band rock No Brain, dan lain-lain sudah dipastikan ditunda.

“Dengan penyesalan mendalam kami mengumumkan bahwa KTMF ke-18 yang diadakan pada 25 April 2020 ditunda karena pembatasan perjalanan saat ini di Asia,” demikian pernyataan tersebut dari situs web resmi The Korea Times Music Festival.

Acara Korean Music Awards yang diselenggarakan pada 27 Februari 2020 akan tetap dilanjutkan tanpa penonton dan pihak terkait dalam jumlah sedikit.

SBS inkogayo Super Concert yang akan dihadiri BTS juga mengalami penundaan atas permintaan pembatalan dari Blue House. Bahkan, konferensi pers global BTS yang sebelumnya akan diadakan di Coex pada 24 Februari, diubah dengan siaran langsung konferensi pers online lewat YouTube tanpa dihadiri oleh wartawan.

Boygroup NCT 127 dan girlgroup ITZY juga mengambil langkah yang sama sebagai alternatif dengan promosi secara online untuk comeback mereka.

Tak hanya itu, sejumlah boygroup dan girlgroup Korea juga menunda tur mereka, baik dalam dan luar negeri. Di antaranya adalah Seventeen, (G)-IDLE, SF9, AB6IX, GOT7, Twice, Winner, Red Velved, Monsta-X, dan masih banyak lagi.

Indonesia pun tekena dampak dari virus COVID-19. Banyak dari para pihak agensi atau promotor yang menunda acara konser Kpop atau fan meeting artis Korea di Jakarta demi mencegah penyebaran virus COVID-19. Diantaranya adalah Kim Jaejoong, Ji Chang Wook, Lucas WayV, Siwon Super Junior, Day6, Golden Child, Sunmi, Cungha, dan Baek Yerin. Bahkan, pemerintah juga resmi melarang negara Korea Selatan masuk ke wilayah Indonesia sementara waktu.

Dalam menghadapi pukulan itu, Asosiasi Produser Korea Entertainment baru-baru ini mengatakan bahwa mereka akan melihat dengan seksama tingkat kerusakan dan menghasilkan tindakan pencegahan untuk meminimalkan dampak virus pada kancah musik lokal.

Editor : Amos Anugrah

Written by
-

Is the Story Interesting?

2 0