Livestreaming Theater JKT48 – Review: Cara Jitu Memasyarakatkan JKT48

User Rating: 8
Livestreaming Theater JKT48
Suasana nonton bareng Livestreaming Theater JKT48 di Tasik, Jumat (6/3) (doc. Fans JKT48 Tasik)

Selama delapan tahun JKT48 mewarnai dunia entertaiment Indonesia dengan cara yang cukup unik. Grup idola saudara AKB48 ini telah rutin sejak 2012 mengadakan pertunjukan reguler di teaternya yang terletak di fX Sudirman, Jakarta. Beberapa waktu lalu, per Maret 2020, ada langkah baru yang dilakukan dengan menayangkan pertunjukan theater yang dulu hanya bisa ditonton dengan datang langsung menjadi dapat ditonton di mana saja dengan Livestreaming Theater JKT48.

Pertunjukan yang Eksklusif

Saya pribadi menilai pertunjukkan di theater ini bisa dibilang sangat eksklusif, kenapa? Sederhananya pertunjukan tersebut hanya dapat dinikmati oleh fans yang berdomisili di Jakarta. Bagi para fans di luar kota, mereka harus mengeluarkan effort lebih untuk dapat menikmatinya.

Banyak cerita tentang hal tersebut dimana fans harus rela menabung, pergi jauh ke jakarta, dan makan nasi kecap demi menonton pertunjukan tersebut. Ya saya juga begitu hehehehe.

Maka dari itu saat Melody Nuramdhani Laksani selaku general manager theater JKT48 bikin pengumuman kalau bakal ada livestreaming theater di konser 8th Anniversary JKT48, saya langsung senang bukan main. Sebagai fans far (Istilah untuk fans yang berdomisili jauh dari Jakarta) untuk bisa menyaksikan penampilan di theater tanpa perlu menabung dan makan nasi kecap setiap hari adalah sebuah berita baik luar biasa.

Enjoy read also: Galeri Foto Melody Graduation Concert : Dirimu Melody

Meski demikian beberapa detil menyangkut hal tersebut masih gamang seperti kepastian kapan dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengakses livestream tersebut.

Kebingungan itu akhirnya terjawab dalam pengumuman di akun twitter RCTI+. Livestreaming Theater JKT48 perdana akan dilakukan pada tanggal 6 Maret 2020 dengan setlist Saka Agari. Bahagianya lagi adalah pengumuman selanjutnya kalau tidak perlu biaya sepeser pun untuk dapat menonton livestream tersebut. Wow! 

Lalu seperti apa pengalaman menonton Livestreaming Theater JKT48?

Gratisan tapi Berkualitas

Akses livestream yang gratis sejujurnya membuat saya tidak menaruh ekspektasi yang tinggi terhadap kualitas livestream yang akan disediakan. Banyak asumsi-asumsi yang muncul di kepala saya, seperti sesi MC yang tidak akan ditampilkan, unit song (lagu yang dibawakan oleh beberapa member yang mengisi pertunjukan saat itu) yang tidak ditampilkan, atau kualitas gambar yang memang tidak bisa dinikmati.

Oh iya, untuk Joyfriends yang belum familiar terhadap theater, pertujukan ini terdiri dari penampilan lagu yang diselingi oleh sesi MC. Per artikel ini ditulis JKT48 mebawakan empat setlist (Istilah untuk judul pertunjukan) yaitu Idol no Yoake oleh Team J, Saka Agari oleh Team KIII, Pajama Drive dan Boku no Taiyou oleh Academy A.

Enjoy read also: JKT48 Circus, Aksi Idol Group Ibu Kota Keliling Pulau Jawa

Asumsi saya langsung dipatahkan ketika lagu pertama dari show ini ditampilkan. Kualitas gambar yang begitu jernih, dengan resolusi maksimal 720p. Sangat memuaskan. Tidak sampai disitu, pengalaman menonton livestream makin menyenangkan karena terdapat konfigurasi multicam yang membuat pertunjukan tidak monoton.

Selesai lagu ke-empat, member mulai berbaris menandakan akan masuk ke sesi MC. Ternyata asumsi saya salah lagi. Sesi MC ditampilkan secara penuh, dari pengenalan (biasa disebut jikousoukai) dari masing-masing member hingga pembahasan topik MC oleh setiap member. Tidak lupa juga mereka menyapa pentonton yang menonton melalui livestream. MC selesai dan memasuki sesi unit song, lagi-lagi asumsi saya salah, unit song pun ditampilkan dengan lengkap.

Minimnya chant para fans

Livestreaming perdana ini menampilkan secara penuh show Saka Agari tanpa ada yang dipotong dengan kualitas yang ciamik. Walaupun saya bilang sangat memuaskan, masih terdapat beberapa kekurangan yang menurut saya minor tapi sedikit mengurangi keseruan menonton show tersebut.

Di beberapa lagu suara member terdengar mendem, sehingga suaranya sedikit tertutupi oleh instrumen lagu tersebut. Selain itu minimnya suara chant oleh fans yang menonton juga turut mengurangi keseruan. Menurut saya ketika menonton show salah satu faktor yang membuat show menjadi hidup adalah chant yang diteriakan oleh para fans.

Enjoy read also: Nabilah Ratna Ayu Ex-JKT48 : No Fans, But Friends

Hal tersebut pun terulang disaat sesi encore. Dalam memulai sesi encore biasanya fans akan meneriakkan ankoru agar show berlanjut ke sesi encore. Pada livestream ini hal tersebut tidak ada. Saya yang menunggu teriakan para fans untuk memulai encore tidak terdengar dan tiba-tiba sesi encore sudah dimulai begitu saja.

Memuaskan fans far dan menggaet masyarakat awam

Diadakan livestream dengan kualitas yang bagus ini sangat memuaskan fans far. Fans far bisa merasakan pengalaman menonton theater secara penuh hanya dengan bermodalkan kuota dan gawai yang mumpuni. Bahkan di beberapa tempat ada yang melakukan nonton bareng.

Selain memberikan fans far pengalaman menonton theater secara penuh, Livestreaming Theater JKT48 ini berpotensi menggaet masyarakat awam. Dengan aksesnya yang mudah tanpa perlu mengeluarkan biaya lebih untuk menonton, hal ini membuka banyak kesempatan untuk lebih banyak mengenal JKT48.

Cek untuk lebih banyak lagi berita tentang JKT48 atau MUSIK, Joyfriends.

Editor : Amos Anugrah

 

Summary
Livestreaming secara garis besar sangat memuaskan dan sangat sesuai untuk ditonton baik oleh fans atau orang awam yang ingin mengetahui lebih jauh tentang seperti apa pertunjukan theater JKT48.
Good
  • Menghadirkan pertunjukan secara lengkap
  • Kualitas video yang jernih
  • Konfigurasi multicam bikin ga monoton
Bad
  • Beberapa lagu suara member mendem
  • Suara chant yang minim
8
Great

Is the Story Interesting?

5 1