Silent Siren, Disatukan Karena Hobi dan Semangat Bermusik

Silent Siren ini memang bisa dibilang band Jepang yang "berbahaya"! Perkembangan musik mereka cepet banget dalam 5 tahun ini.

Silent Siren kembali lagi ke Indonesia akhir September ini. Band rock asal Jepang yang berisikan para cewek-cewek kawaii ini kembali dalam konser bertajuk Silent Siren 5th Anniversary Concert. Yup, bener banget, nggak kerasa kan kalau band yang disapa SaiSai ini udah berusia 5 tahun.

Bisa dibilang, Silent Siren adalah band asal Jepang yang sering banget manggung di Indonesia. Akhir September ini adalah kali keempat mereka mengunjungi Indonesia. Empat kali konser dalam 3 tahun bisa dibilang pencapaian yang luar biasa, mengingat nggak banyak negara bisa mendapat kesempatan ini.

Tapi mungkin kamu yang baru tahu siapa Silent Siren atau SaiSai tentu baru kenal mereka lewat beberapa single mereka aja, seperti single baru berjudul Just Meet atau juga Akane. Supaya lebih kenal mereka, simak nih ceritanya!

Berawal dari Suu dan Hinanchu

Awal terbentuknya band ini diinisiasi oleh orang personilnya, yaitu Sumire Yoshida (Suu) dan Hinako Umemura (Hinanchu). Mereka adalah dua model dari majalah CUTiE. Ternyata mereka menyukai lagu yang sama yaitu RIVER dari 10-FEET.

Karena Suu dan Hinanchu sama-sama memiliki hobi di bidang musik, mereka berencana membuat band. Kemudian, bergabunglah Aina Yamauchi (Ainyan) dan Ayana Sogawa (Yana) karena diajak Hinanchu. Dalam sebuah sesi wawancara M-Bug pada 2013 lalu, mereka menyebutkan kalau mereka membentuk SaiSai karena sama-sama memiliki passion dalam bermusik.

Sayangnya, saat itu Yana hanya bertahan selama 2 tahun. Dia memutuskan hengkang dari Silent Siren dan posisinya kemudian digantikan Yukako Kurosaka (Yukarun).

Nama band diputuskan di sebuah toko musik di Shibuya. Ketika memilih nama band, Suu mengusulkan “Silent Siren”. Suu mengatakan, kata-kata tersebut memiliki arti berlawanan jika dilafalkan dalam bahasa Jepang karena berbeda 1 aksara. サイレント (dibaca Sairento yang berarti sunyi/kesunyian) dan サイレン (dibaca Sairen yang berarti sirine). Selain itu, nama ini juga cocok untuk menyampaikan pesan keempat anggotanya.

Siapa aja sih Silent Siren?

  1. Su kalau rambut pendek kawaii ya.

    Sumire Yoshida/Suu (vokal, gitar)

Cewek yang lahir 28 Desember ini ternyata memiliki bakat menjadi model. Dirinya mengaku bermimpi menjadi model jika lulus SMP. Sayangnya, ketika ikut kontes Gravure Japan yang digelar pertama kali, dirinya lolos audisi tapi nggak berhasil menjadi juara.

Ketika diwawancara oleh Billboard Japan, Suu jatuh cinta kepada dunia musik gara-gara ketularan kakak ceweknya yang juga anggota band. Dia mengagumi kakaknya yang pintar memainkan piano. Suu belajar bermain piano selama 4 tahun saat masih SD. Ketika masuk SMP, dirinya mulai tertarik dengan band. Saat kelas 2 SMP, dia membeli gitar akustik dari uang tabungannya. Ketika kelas 2 SMA, dirinya mulai membentuk band dengan teman sekelasnya.

Beberapa lagu yang di-cover oleh band Suu zaman SMA bukan lagu yang gampang, seperti soundtrack anime K-ON, hingga lagu band metal Maximum The Hormone. Sementara, CD single pertama yang dia beli adalah “instinct” dari Shiina Ringo. Band favoritya antara lain 10-FEET , ASIAN KUNG-FU GENERATION , dan ONE OK ROCK.

Buat kamu yang mau kepoin media sosialnya Suu, bisa ke Twitter, LINE atau mampir ke blog-nya.

  1. Wah, kalau dulu ngeband di Indonesia, bisa sering ketemu nih.

    Hinako Umemura/Hinanchu (drum)

Selain pandai main band, Hinanchu juga pandai dalam hal pendidikan. Cewek yang lahir pada 13 Maret ini adalah lulusan Jurusan Informatika Sosial Fakultas Sastra Universitas Chuo. Saat kuliah di sana, Hinanchu pernah jadi finalis Miss Chuo juga. Jadi, nggak heran kalau dia juga berbakat di bidang modelling.

Dalam sesi wawancara bersama BEEAST, dia pernah menghabiskan masa SMP-nya di Indonesia. Ketika memasuki kelas 3 SMA, dirinya bekerja sebagai model eksklusif majalah CUTiE hingga 2013. Karir band-nya dimulai ketika masuk bangku SMA di Jepang.

Saat di Indonesia, sebenarnya dia udah berencana membentuk sebuah band. Sayangnya, saat itu belum ada wadah untuk menyalurkan hobinya. Ketika masuk SMA, dirinya langsung membentuk band dengan teman sekelasnya. Sayangnya, band ini bubar setahun berselang. Selama setahun, Hinanchu nggak bermain drum sampai masuk kuliah dan akhirnya bertemu Suu.

Band favoritnya adalah B’z dan BUMP OF CHICKEN yang lagunya dia dengarkan semasa bersekolah di Indonesia. Nggak cuma itu, Hinanchu juga senang dengerin west music seperti Avril Lavigne, Linkin Park, Muse, Kasabian, Maroon 5, Green Day, Oasis, dan Santana. Peran sang ayah telah mengenalkan Hinanchu pada west music semasa dia tinggal di Indonesia.

Kalau mau kepoin aktivitasnya Hinanchu, kamu bisa mampir ke blog, LINE, Twitter, atau Instagram-nya.

  1. Kacamatanya dibuka kali…

    Aina Yamauchi/Ainyan (bass)

Cewek kelahiran 3 Juli ini adalah lulusan Universitas J. F. Oberlin. Semasa kuliah di sana, Ainyan ternyata juara Miss Oberlin.

Musik udah jadi tradisi keluarga Ainyan. Sang adik, Ami Uchiyama adalah anggota idol group ROCK A JAPONICA. Ketika diwawancara oleh BEEAST, Ainyan jatuh cinta pada musik ketika melihat dua kakak laki-lakinya menjadi anggota band di sebuah pensi dan mengatakan bermain bass ternyata keren. Memasuki kelas 2 SMA, dia membentuk band bersama kenalannya saat kerja part time.

Band tersebut bernama Yoryokutai. Sebagian lagu dari band ini meng-cover lagunya Shiina Ringo dan GO!GO!7188. Ternyata, band ini mampu bertahan selama 3 tahun hingga Ainyan masuk kuliah. Band favoritnya adalah ACIDMAN, GO!GO!7188, dan RADWIMPS, sementara Shiina Ringo adalah penyanyi idolanya.

Kamu bisa kepoin aktivitas Ainyan di blog, LINE, Twitter, atau Instagram-nya.

  1. Cewek Jepang emang kadang makin menarik kalau main keyboard atau piano.

    Yukako Kurosaka/Yukarun (keyboard)

Cewek kelahiran 3 Juni ini adalah lulusan Universitas Wanita Otsuma. Yukarun bermain dalam serial ZIP! dari April 2011 hingga Maret 2013.

Semasa SD, Yukarun emang udah lekat dengan piano. Namun, cuma sekadar hobi. Semasa sekolah, dirinya juga ikut ekskul senam ritmik. Silent Siren adalah band pertamanya. Dalam wawancara dengan Billborad Japan, Yukarun mengatakan lebih sering mendengar lagu idol group seperti Momoiro Clover Z sebelum bergabung dengan Silent Siren. Dia baru mendengarkan lagu band setelah bergabung dengan band yang juga membesarkan namanya ini.

Kepoin aja socmed-nya Yukarun di blog, LINE, Twitter, dan Instagram.

Mereka yang pernah bergabung dengan SaiSai

  1. Ayana Sogawa/Yana (synthesizer/keyboard)

Cewek kelahiran 20 Oktober ini adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Aoyama Gakuin. Semasa bergabung dengan Silent Siren, Yana juga berprofesi sebagai model majalah CUTiE dan ViVi. Bersama Hinanchu, Yana membentuk grup musik COSMETICS. Yana memutuskan keluar dari Silent Siren pada 31 Juli 2012.

  1. Kubo Naoki (gitaris additional pada 2010 – 4 Januari 2012)

Selain empat personil utama, Kubo Naoki bisa dibilang adalah “anggota kelima” dibalik kesukesan mereka. Bertindak sebagai gitaris additional, Naoki membantu perkembangan Silent Siren di awal karirnya. Selain itu, dia juga pernah sebagai sound producer yang bertugas membuat musik pada chorus dan juga membuat lirik lagu di awal karir Silent Siren. Saat ini, Naoki lebih berperan di belakang layar.

  1. Micchi (gitaris additional pada 2012 – 2015)

Setelah nggak menjadi gitaris additional di Silent Siren, Micchi kini menjadi vokalis dengan nama Michirurondo.

Gimana? Udah merasa kenal lebih dekat dengan Silent Siren belum? Kalau belum, jangan lupa buat langsung beli tiket konser mereka 30 September nanti di Upper Room Jakarta guyscek di sini! Detailnya bisa kamu ya.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

2 0

Silent Siren, Disatukan Karena Hobi dan Semangat Bermusik

Written by
I'm just a man who likes playing a game, watching movies, tv series, Dragon Ball, Digimon, Attack on Titan, and Kamen Rider.

Is the Story Interesting?

0 0