Seru-Seruan Bareng VTuber di Creators Super Stream Vol. 2 Virtual Day!

Creators Super Stream
(Doc. AFA ID)

Sukses dengan penyelenggaraan perdana, Creators Super Stream Vol. 2 hadir untuk menghibur fans pop culture lewat dunia maya. Acara ini digelar dari tanggal 26 sampai tanggal 28 Juni 2020. Di hari pertama, CSS Vol. 2 bertajuk Virtual Day, di mana beberapa VTuber terkenal dari Indonesia meramaikan acara ini. Duet VTuber Riksa Dhirendra dan Miyu Ottavia dari NIJISANJI ID dipercaya menjadi host CSS Vol. 2.

Acara ini juga mengadakan quest alias misi selama live. Para penonton akan diberikan 3 kata setiap live. Tugas penonton mengumpulkan kata tersebut dan menjawabnya lewat form yang disediakan di situs resminya. Jadi, kalau mau ikutan harus nonton live di 3 hari.

Hadiahnya nggak main-main lho. Ada paket merchandise CSF untuk 3 orang pemenang, voucher Google Play senilai Rp300.000 dari GOC untuk 2 orang pemenang, tabungan sebesar Rp500.000 dari CIMB Niaga untuk 2 orang pemenang, dan paint tablet XP Pen Deco 01V2 untuk 1 orang pemenang. Khusus pemenang tabungan, diharuskan memiliki rekening CIMB Niaga.

LEBIH DEKAT DENGAN TRIO VTUBER HOLOLIVE

(Doc. AFA ID)

Dipandu oleh Hana Macchia dan ZEA Cornelia dari NIJISANJI ID, segmen 1 menghadirkan trio Hololive yaitu Ayunda Risu, Moona Hoshinova, dan Ariani Iofifteen. Ketiga VTuber ini langsung mendapat quest menggambar maskot Creators Super Stream yaitu Krea. Dengan goresan pensilnya, Risu mampu menyuguhkan karakter Krea yang berbeda di segi kacamatanya. Sementara, Moona mendesain Krea mengenakan jaket seperti dirinya. Terakhir, desain Iofi yang menggunakan media cat air menghadirkan Krea yang imut.

Dalam sesi tanya-jawab, ketiganya ditanya pengalaman pertama ketika menjadi VTuber. Risu mengatakan kalau dirinya kaget ketika lolos audisi sebagai VTuber. Moona menjadi VTuber karena dirinya tertarik menjadi idol. Dirinya lolos audisi Hololive, meski sempat terkendala koneksi internet ketika debut. Karena debut terakhir, Iofi merasa lebih gugup karena takut nggak seperti seniornya.

Mereka bertiga juga ikut berkomentar tentang fenomena VTuber Indonesia yang makin banyak. Risu berpendapat bahwa makin banyak VTuber, makin bagus. Hal yang sama juga diutarakan Moona karena dirinya jadi punya banyak teman. Karena menjadi VTuber, Iofi punya teman VTuber dari luar negeri. Jadi, dirinya bisa tahu masing-masing VTuber luar negeri memiliki kultur yang berbeda.

Ditanya soal tujuan ke depannya, mereka bertiga kompak ingin menjadi penyanyi. Moona menambahkan dirinya bermimpi mengadakan konser seperti VTuber Jepang. Sementara, Iofi mengatakan world domination, yang artinya ingin dikenal di seluruh dunia.

DUET KAKAK-ADIK DARI MAHA5

Creators Super Stream
Doc. AFA ID

Gantian Nara Haramaung dan Laila Alstroemeria yang juga dari NIJISANJI ID memandu segmen 2. Duet kakak-adik dari Maha5 (dibaca Maha Panca) yaitu Andi Adinata dan Alia Adelia kembali hadir di CSS Vol 2 setelah sebelumnya juga hadir di CSS pertama. Mereka berdua mengaku senang bisa tampil lagi di CSS.

Dalam sesi tanya-jawab, Andi menjelaskan bahwa Maha5 merupakan agensi Virtual YouTuber Indonesia. Mereka terdiri dari Andi, Alia, Nana, Rika, dan beberapa VTuber lain yang nantinya akan debut.

Andi mengaku nggak bisa menyebutkan nama VTuber yang menjadi inspirasinya. Menurutnya, itu adalah sesuatu yang berat, baik bagi nama yang disebut dan juga dirinya. Sementara, Alia menyebut kakaknya adalah VTuber inspirasinya.

Andi dan Alia juga sama-sama menyukai anime. Mereka ingin sekali datang ke Anime Festival Asia atau bahkan mendapat kesempatan diundang menjadi bintang tamu. AFA Indonesia memang rencananya akan kembali di tahun 2020 ini, setelah tahun 2019 lalu ditiadakan. Namun, karena saat ini sedang pandemi COVID-19, pengumuman kapan AFA Indonesia diselenggarakan masih belum diumumkan.

Andi mengatakan saat ini Maha5 mengadakan audisi VTuber baru. Jadi, dirinya bakal dapat teman baru. Namun, dirinya nggak menyebutkan jumlah yang ikut audisi. Sementara, Alia membocorkan kalau ada ratusan yang ikut audisi menjadi VTuber di Maha5.

Alia mengaku sangat senang dengan banyaknya orang yang ikut audisi. Ini artinya dia akan memiliki teman sekaligus kouhai (junior/adik kelas). Sementara, Andi ingin semua peserta audisi lolos karena menurutnya semuanya bagus, tapi dirinya berharap yang lolos adalah yang terbaik.

Tak lupa Andi juga mengucapkan terima kasih kepada mereka yang ikut audisi. Dirinya berpesan kalau yang nggak terpilih, bukan berarti nggak bagus. Andi memberikan semangat buat yang nggak lolos masih bisa ikut audisi lagi.

Segmen dua ini ditutup dengan kejutan perkenalan VTuber dari Maha5. Yang pertama adalah siluet cewek rambut panjang. Dirinya mengaku cewek yang pemalu. Alasan menjadi VTuber agar sifat malunya hilang. Yang kedua adalah VTuber cowok misterius dengan sketsa yang sederhana. VTuber ini memiliki karakter suara yang cenderung berat. Kedua nama ini masih diarahasiakan dan akan diumumin di media sosial Maha5.

Andi dan Alia mengucapkan terima kasih karena diundang lagi di CSS dan juga kepada semua yang menonton. Alia menambahkan nggak sabar pengin ketemu VTuber baru dari Maha5.

SEGMEN LAIN YANG NGGAK KALAH SERU

Creators Super Stream
Doc. AFA ID

Selain 2 segmen tadi, juga ada segmen VTuber Versus, yang hadir di saat jeda. Dalam VTuber Versus ini, trio Risa, Moona, dan Iofi dari Hololive ditantang duet host Riksa dan Miyu dari NIJISANJI ID untuk bermain game berjudul Gang Beasts. Sesi pertama, mereka bermain 2 vs 3. Sementara di sesi kedua, mereka melakukan battle royale.

Selain itu, ada juga segmen VTuber 100 seconds challenge. Dalam challenge ini, para VTuber ditantang untuk memperkenalkan diri dan apa aja kegiatan di channel YouTube masing-masing selama 100 detik. Ada 8 VTuber yang menerima challenge ini yaitu Andi Adinata, Alia Adelia, Rai Galilei, Azura Cecillia, Mia Canasyna, Mintchan, Evelyn, dan Tessa.

Creators Super Stream Vol. 2 Virtual Day ditutup oleh trio Hololive yang memberikan saran buat mereka yang kepingin jadi VTuber. Risu berpesan, kalau pengin jadi VTuber, hal yang pertama adalah menyukai  dunia VTuber lebih dulu. Moona menambahkan pentingnya rasa percaya diri. Terakhir, Iofi mengatakan perlu asah skill agar menarik bagi penonton.

O iya, mereka mengatakan kalau Hololive akan merilis sesuatu. Mereka memberikan kode yaitu sebuah cover dari mereka bertiga.

Cek lebih banyak asupan informasi bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Roisul Umam.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0

Seru-Seruan Bareng VTuber di Creators Super Stream Vol. 2 Virtual Day

Creators Super Stream

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

0 0