Figma: Racunnya Anime Lovers

figma anime

Saat ini, rasanya sangat susah untuk menolak “racun” berwujud mainan. Apalagi kalau mainan itu berasal dari karakter favorit. Buat JoyFriends yang ngaku hobi ngoleksi action figure plus anime lovers, rasanya perlu mencoba lini mainan Figma. Soalnya, merek ini udah merilis ratusan karakter dari serial anime ternama yang mungkin udah kamu kenal. Langsung aja kita kenalan sama mainan yang udah siap bikin kamu khilaf.

FIGMA PERTAMA YANG MASIH DICARI

figma SP001 Haruhi Suzumiya

Model pertama yang dirilis adalah Haruhi Suzumiya edisi spesial berdasarkan game PS2 Suzumiya Haruhi no Tomadoi. Uniknya, Haruhi ini di-bundle beserta game-nya lho. Dengan kode SP001 yang dirilis pada 31 Januari 2008 ini masih menjadi salah satu item paling dicari hingga sekarang. Setelah Haruhi, Good Smile Company selaku produsen merilis Yuki Nagato dari serial Suzumiya Haruhi no Yuuutsu.

Enjoy read also: Fenomena “Waifu Wars” dari Masa Ke Masa (Part 1)

Hingga sekarang, Figma udah merilis lebih dari 300 action figure. Bahkan, untuk memeringati model ke-200, pihak GSC merilis versi 2.0 dari vocaloid ternama, Hatsune Miku.

KONSEP FIGMA YANG PERLU KAMU TAHU

figma 244 Sakura & figma 369 Syaoran

Action figure ini terbuat dari bahan ABS dan PVC. Selain itu, setiap kamu beli pasti dapet stand yang bisa digunakan buat menahan mainan. Jadi kamu bisa bikin pose yang bervariasi dengan tenang.

Tinggi rata-rata sekitar 13 cm, tapi ini tergantung dari tinggi karakter yang ada di anime itu sendiri. Harganya juga bervariasi tergantung karakternya, biasanya sih antara ¥3.000 hingga ¥9.000 (sekitar Rp390.000 hingga Rp1.170.000).

Motto mereka adalah よくうごく、キレイ (Yoku ugoku, kirei) yang berarti gerakannya bagus, tampilannya keren. Motto ini menjadi tujuan utama figma yang menghadirkan action figure yang fleksibel dan dicintai penggemarnya.

Menurut situs resminya, konsep Figma terbagi ke dalam 4 poin:

  1. Both beauty and poseability: nggak hanya didesain seakurat mungkin, tapi juga keren saat dipajang.
  2. Unique customization for every character: Setiap figur didesain sedikit berbeda dari karakter aslinya, tapi tetap mempertahankan detail.
  3. Hand-size figures: Dibuat nyaman di tangan agar pemiliknya bisa membuat pose dan display yang menarik.
  4. Unique figma joints: Sendi dan putaran sendi dibuat sedetil mungkin agar kolektor mudah menciptakan pose yang mereka suka.

NGGAK CUMA NGERILIS LINI ANIME AJA

Figma adalah salah satu lini action figure dari Jepang yang dibuat oleh Max Factory dan didistribusikan oleh Good Smile Company (GSC). Produk-produk Figma dikembangkan oleh CEO Max Factory, MAX Watanabe dan Masaki Apsy. Keunikan Figma dibanding action figure yang lain adalah mereka hanya terfokus pada karakter anime. Figma dijual dengan beberapa aksesoris seperti ekspresi wajah dan tangan yang bisa diganti-ganti dan juga part tambahan sesuai dengan karakter itu sendiri.

Tapi belakangan selain karakter anime, Figma juga memproduksi berbagai karakter lainnya, macem karakter Vocaloid, karakter game legendaris Nintendo, Zelda, dan superhero Amerika dari Marvel dan DC. Bahkan, Figma juga merilis tokoh dari dunia nyata seperti Michael Jackson dari video klip Thriller.

Hingga saat ini, udah banyak rilisan produk figma yaitu:

Figma Series

Seri ini adalah produk utama yang dibagi ke dalam tiga varian:

  1. Normal edition dengan kode produk tiga-digit, misalnya 001. Kisaran harganya ¥3.000 hingga ¥6.000 (sekitar Rp390.000 hingga Rp780.000).

2. Special edition dengan kode produk tiga-digit produk diawali dengan SP, misalnya SP001. Biasanya di­-bundle dengan video game, manga, atau DVD. Kisaran harganya ¥3.000 hingga ¥9.000 (sekitar Rp390.000 hingga Rp1.170.000).

3. Limited edition dengan kode produk tiga-digit product diawali EX, misalnya EX001. Kisaran harganya ¥3.000  hingga ¥8.000 (sekitar Rp390.000 hingga Rp1.040.000). Lini ini dijual saat event misalnya Wonder Festival. Kadang-kadang, lini ini juga dirilis lewat mail-order atau online, tapi tidak dijual bebas di pasaran.

di:stage

di:stage – Basic Set Clear ver. 

di:stage merupakan unit yang dikembangkan untuk memajang lini Figma dengan cara yang berbeda. Base unit-nya berukuran 10 cm x 10 cm dengan banyak variasi sendi yang disediakan. Dengan begini, kolektor bisa menghadirkan landscape yang berbeda dengan figur miliknya. Kamu bisa lihat daftar lengkapnya di situs figma. Kisaran harganya ¥500-700 (sekitar Rp65.000 hingga Rp91.000) tergantung jenis.

ex:ride

ex:ride – ride.001 – Vintage Bikes 

Seri ex:ride adalah seri kendaraan yang bisa dikendarai figma, termasuk sepeda dan sepeda motor. Setiap set kendaraan dirilis dengan kode ‘ride’ diikuti tiga-digit nomor, misalnya ride 001. ex:ride edisi khusus juga dirilis khusus untuk serial tertentu dengan kode ‘SPride’. Contoh ex:ride edisi khusus yang udah dirlis berasal dari serial Fate/Zero, GANTZ dan Fireball Charming. Kisaran harganya ¥1.500 hingga ¥5.000 (sekitar Rp195.000 hingga Rp650.000) tergantung jenisnya.

Figma Vehicles

figma Vehicles: Panzer IV Ausf. D Finals 

Lini vehicles umumnya dirilis dari serial Girls und Panzer, yang berfokus pada Panzer IV Ausf. D (Type D). Ini adalah tank yang dikendarai oleh karakter utama serial tersebut. Tidak ada skala tapi kira-kira ukurannya 1/12. Berbeda dengan lini lainnya, vehicles dirilis dalam bentuk model kit dengan beberapa part tambahan dan juga track. Selain itu, figma karakter Girls und Panzer juga bisa ditaruh di dalamnya lho.

Model vehicle pertama yaitu Panzer IV Ausf. D “Finals” version, dirilis pada Oktober 2015, dengan harga ¥14.800 belum termasuk pajak (sekitar Rp1.924.000). Vehicle kedua, yang menjadi varian lain dari model pertama, Panzer IV Ausf. H Spec, dirilis secara eksklusif pada Wonder Festival 2016 lalu.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

2 0