Game Compilation of Final Fantasy VII Yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Compilation of Final Fantasy VII

Selain Final Fantasy VII, Square Enix juga mengembangkan beberapa proyek game dan juga film dalam franchise FF VII. Proyek yang diberi nama Compilation of Final Fantasy VII ini dikembangkan pada tahun 2004 dan 2005. Proyek yang dipimpin oleh Tetsuya Nomura dan Yoshinori Kitase ini berisi beberapa judul diantaranya 3 game RPG dan 2 film. Semuanya berupa prekuel dan sekuel dari game Final Fantasy VII. Kami bakal berikan daftar 3 game RPG dari proyek tersebut yang mungkin kamu belum tahu.

BEFORE CRISIS: FINAL FANTASY VII (MOBILE GAME)

Before Crisis merupakan prekuel Final Fantasy VII dan mengambil latar 6 tahun sebelum peristiwa FF VII. Game ini berfokus pada petualangan Turks, kelompok yang bekerja di Shinra Electric Power Company, serta pertarungannya melawan kelompok pemberontak bernama AVALANCHE. Before Crisis dirilis untuk untuk telepon seluler, NTT DoCoMo FOMA seri 900i pada 2004 kemudian SoftBank Mobile dan EZweb pada 2007.

Pertama, player memilih karakter, bisa pria atau wanita, kemudian memilih nama. Gameplay-nya dibagi dalam 2 mode. Episode Mode melibatkan player ke dalam inti cerita dengan menyelesaikan misi agar bisa menyelesaikan game. Free Mode adalah mode di mana player bisa menjelajahi kota dan berbicara dengan penduduk. Dengan memanfaatkan extra missions, player bisa menambah experience points dan item yang hanya didapai secara eksklusif di Free Mode.

Karakter yang player pilih memiliki hit points dan magic points. Keduanya bisa ditingkatkan dengan cara meningkatkan experience points. Dengan begini, player bisa menambahkan equip dan armor. Player bisa memilih menyerang musuh secara manual atau menekan action key agar menyerang musuh secara otomatis.

Pada tahun 2010, sang sutradara Hajime Tabata berminat untuk me-remake Before Crisis untuk Nintendo 3DS. Ide ini pun diterima oleh Tetsuya Nomura dan Yoshinori Kitase. Sayangnya, proyek ini tidak kunjung terlaksana karena Tabata sibuk mengembangkan Final Fantasy Type-0 kemudian Agito XIII dan The 3rd Birthday. SoftBank pun menghentikan layanan Before Crisis pada Juni 2015.

DIRGE OF CERBERUS: FINAL FANTASY VII (PS2)

Game yang dirilis untuk PS2 ini berlatar tiga tahun setelah game FF VII. Dirge of Cerberus berfokus pada 1 karakter bernama Vincent Valentine. Dalam game ini, Vincent diincar oleh Deepground, organisasi misterius yang berencana membangkitkan makhluk bernama Omega, yang kemampuannya bisa menghancurkan Planet.

Dirge of Cerberus merupakan game RPG sekaligus third-person shooter. Dalam game ini, kamu bisa melihat hit points dan magic points milik Vincent. Dengan mengalahkan musuh, kamu bakal dapat EXP (experience points). Tiap akhir stage, kamu bisa menggunakan EXP ini untuk naik level, menaikkan statistik Vincent, atau menukarnya dengan Gil (mata uang dalam game) yang bisa digunakan untuk membeli item dan meng-upgrade equipment yang kamu miliki.

Nggak seperti Final Fantasy VII, di mana karakternya bisa memiliki 3 jenis equipment (weapon, armor, dan accessory), equipment miliki Vincent hanya memiliki weapon saja. Namun, weapon ini bisa meningkatkan armor-nya dan meningkatkan statistiknya melalui custom. Vincent memiliki tiga senjata yaitu pistol berlaras tiga bernama Cerberus, senapan bernama Hydra, dan senapan mesin bernama Griffon. Ketiga senjata ini juga memiliki kemampuan menembak jarak dekat, menengah, dan jauh. Namun, ketiganya juga memiliki kelemahan. Jika menggunakan senjata jarak jauh, pergerakan Vincent akan melambat karena beban senjatanya.

Aksesoris juga bisa ditambahkan ke weapon-nya, termasuk sniper scope, di mana ini bisa menambah pertahanan dan mengurangi beban senjata. Selain itu, ada juga Materia yang bisa menambah kemampuan magic shot.

CRISIS CORE: FINAL FANTASY VII (PSP)

Game yang dirilis untuk PlayStation Portable pada tahun 2007 ini, merupakan prekuel game FF VII. Game ini berfokus pada Zack Fair, seorang anggota militer SOLDIER yang ditugaskan mencari SOLDIER Genesis Rhapsodos yang hilang. Saat sedang mencari Genesis, Zack menemukan asal usul Genesis, yaitu Project G. Project G ini berhubungan dengan dua anggota tertinggi SOLDIER yaitu Sephiroth dan Angeal Hewley. Game ini melibatkan perang antara perusahaan raksasa Shinra dan warga Wutai, yang menjadi awal dari Final Fantasy VII.

Crisis Core merupakan game RPG dengan Zack Fair sebagai tokoh utama. Player mengontrol Zack dengan berbicara ke beberapa karakter dalam game. Player juga bisa memilih side mission ketika masuk ke save game agar bisa menyelesaikan misi dengan mengalahkan monster. Jika berhasil, player bakal dapat item dan misi baru.

Dalam Crisis Core, player bisa menggunakan kemampuan sihir Zack, menggunakan item, menahan dan juga menghindari serangan musuh. Kemampuan Zack ditentukan oleh Materia apa yang player gunakan. Kamu bisa pakai hingga 6 Materia untuk mengeluarkan special attack, sihir, menambah health, atau menampilkan statistik musuh dalam pertarungan. Materia bisa kamu dapatkan selama mengeksplor daerah tertentu, menyelesaikan side mission, atau beli.

Player juga bisa menggabungkan Materia yang berbeda agar lebih kuat. Misalnya, menggabungkan Attack Materia dengan Magic Materia akan menciptakan kemampuan baru yang menyebabkan magic damage sekaligus physical damage ke lawan.

Itulah 3 game dari Compilation of Final Fantasy VII. Kalau JoyFriends pernah memainkan salah satu di antaranya, share pengalaman kamu di kolom komentar ya.

Cek lebih banyak informasi tentang Final Fantasy VII atau tulisan-tulisan menarik lainnya dari Roisul Umam.

Written by
"The less you know, the better." -Michael Scofield-

Is the Story Interesting?

1 0