Ekslusifitas DLC Spider-Man di Game Avenger Terbaru Beresiko Rugikan Konsumer?

DLC Spider-Man

Nama Avengers mencapai puncak kepopulerannya dalam dua judul film yang sukses besar di bioskop seluruh dunia: Infinity War, yang tayang tahun 2018, dan Endgame di 2019. Kini pasukan penjaga bumi dari Marvel ini mencoba meraih kesuksesan terbaru mereka di dunia game melalui Marvel’s Avengers.

Game yang akan rilis di platform PC, Playstation 4 & 5, serta Xbox Series X pada September 2020 baru-baru ini memberikan update terbaru untuk roster mereka, yakni Spider-Man.

Menawarkan cerita dan desain yang berbeda dari versi box officenya, Marvel’s Avenger menghadirkan berbagai karakter ikonik tim orginial Avengers. Selain itu, Marvel juga akan menambahkan superhero-superhero baru dalam bentuk DLC, tentunya dengan jalan cerita mereka sendiri nantinya.

Hingga saat ini, nama-nama yang sudah dikonfirmasi adalah Hawkeye, serta Spider-Man. Keduanya dikabarkan akan rilis dalam bentuk DLC gratis.

Meski demikian ada yang berbeda bagi Spider-Man, dimana ia hanya akan rilis untuk platform Playstation. Artinya untuk dapat mengakses DLC gratis Spider-Man, anda diharuskan memiliki game Marvel’s Avenger versi PS4 atau PS5, dimana Hawkeye hadir untuk semua platform yang dimiliki pemain.

Untung Bagi Sony, Buntung Bagi Pemain

Sudah jadi rahasia umum kalau Marvel dan Sony, saling berbagi hak atas nama Spider-Man, serta tokoh-tokoh lain yang muncul dalam cerita superhero tersebut. Ketika Marvel membuat film Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland, Sony membuat film origin dari Venom, atau Spiderman: Into The Spiderverse, yang pertama kalinya mengangkat tema multiverse Spiderman ke layar lebar.

Dalam media game, Sony juga terhitung sukses dengan game PS4 Spider-Man yang rilis tahun 2018 lalu, dan sedang direncanakan sekuelnya. Artinya Sony sudah memiliki banyak keuntungan, hanya dengan nama Spider-Man dan tokoh-tokoh penjahatnya.

DLC Spider-Man

Kemudian, dengan mulai diluncurkannya PS5 sekitar akhir tahun ini, tentu saja Sony akan memanfaatkan momen emas ini dengan kehadiran si manusia laba-laba hanya pada konsolnya. Gamer yang bermain di multiplatform tidak akan bermasalah dengan hal eksklusifitas ini, pemain ‘sultan’ juga akan memiliki alasan lebih untuk membeli PS5 yang memiliki potensi di masa depan.

Di sisi lain, tentu saja hal ini akan membuat kebanyakan pemain di platform lain, terutama yang menyukai Spider-Man, tidak dapat menikmati kehadiran si manusia laba-laba. Belum ada informasi apakah eksklusifitas ini akan bersifat sementara atau permanen, maupun konfirmasi crossplay antar platform yang setidaknya dapat membawa Spider-Man tayang di platform lain.

Kekhawatiran berikutnya muncul pada sisi narasi. Bila Spider-Man hanya akan muncul pada satu konsol, apakah relevansi perannya dalam keseluruhan cerita Marvel’s Avenger? Selain itu, apakah worth untuk membeli konsol demi relevansi tersebut bila nantinya akan berakhir mengecewakan?

Pro – Kontra Ekslusifitas

Nama eksklusifitas memang seringkali menjadi pro dan kontra pada kalangan gamers. Dilansir dari IGN, beberapa pemain fanboy seringkali menyombongkan ekslusifitas game sebagai nilai lebih judul favorit mereka, beberapa orang juga mengkritik praktek ini karena dinilai membatasi pilihan konsumen.

Seperti yang dilakukan Epic Games yang membayar developer untuk merilis judul mereka secara ekslusif di Epic Game Store dalam waktu terbatas.

Namun suka tidak suka, strategi ini masih digunakan untuk menyokong nilai keuntungan dari pihak-pihak terkait, baik dari pihak pengembang, atau perusahaan penjual konsol itu sendiri. Dalam kasus DLC Spider-Man, semoga saja keputusan ini hanya bersifat sementara, terlebih lagi, semoga hal ini tidak mempengaruhi pengalaman bermain Marvel’s Avenger untuk pemain yang bermain di platform non-Playstation.

Cek lebih banyak lagi artikel tentang game atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung.

Editor: Amos Anugrah

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0