Fakta-Fakta Kingdom Hearts yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Fakta Kingdom Hearts
Kingdom Hearts III akhirnya bakal segera rilis 2018. 13 tahun nunggu dan harusnya worth banget nih! (doc. Square Enix)

menyambut kehadiran Kingdom Hearts 3, kami udah nyiapin beberapa fakta unik terkait serial Kingdom Hearts yang legendaris ini. Check it out!

Kingdom Hearts bisa dibilang adalah salah satu game paling terkenal sepanjang sejarah. Game hasil “crossover” antara Square Enix dan Disney ini udah memiliki banyak banget judul spin-off, mulai dari prekuel sampai sekuel dari cerita utama, misalnya aja Kingdom Hearts: Birth dan Kingdom Hearts: Dream Drop Distance.

Tapi cerita utamanya sendiri masih ‘berhenti’ di Kingdom Hearts 2 yang dirilis 12 tahun silam. Nah, setelah digantung selama 12 tahun, Square Enix akhirnya memastikan kalau Kingdom Hearts 3 bakal dirilis di tahun 2018 ini.

Enjoy read also: Apa Aja yang Paling Ditunggu dari Game Kingdom Hearts 3?

Game Disney dengan Penjualan Tertinggi

Game Kingdom Hearts yang pertama berhasil terjual lebih dari 6,4 juta kopi di seluruh dunia. Angka ini bener-bener menakjubkan mengingat game ini hanya dirilis secara ekslusif untuk konsol Playstation 2. Hasil penjualan Kingdom Hearts juga terbilang jauh mengungguli game Disney lainnya, Disney Infinity, yang berada di posisi kedua setelah terjual sebanyak 5 juta kopi dari seluruh dunia.

Terinspirasi dari Super Mario 64

Tahukah kamu kalau gameplay serial Kingdom Hearts terinspirasi dari gameplay Super Mario 64? Game yang dirilis pada  tahun 1996 itu emang terbilang inovatif di masanya dengan menggunakan anamorphic 3D environment. Buat yang nggak kebayang, anamorphic 3D environment adalah konsep gameplay di mana player bisa bergerak dengan bebas secara 3D plus map yang luas. Sesuatu yang umum di game jaman sekarang, tapi hal yang langka di tahun 1996 silam.

Enjoy read also: Deretan Fakta Unik Sora, Sang Tokoh Utama Kingdom Hearts

Mickey Mouse (Juga) Bintang di Dunia Game

Siapa sih yang nggak kenal sama Miki Tikus alias Mickey Mouse? Saking terkenalnya, Mickey Mouse menjadi tokoh Disney dengan jumlah game terbanyak sepanjang sejarah. Kalau di total, game yang udah dibintangi oleh tikus legendaris ini udah menembus 40 judul! Nggak ada tokoh Disney lain yang muncul  di game sebanyak itu, Joyfriends!

Kingdom Hearts 2 Adalah Game Disney Pertama yang Kena Sensor.

Kalau kamu pikir kata “Disney” dan “Sensor” nggak bisa digunakan dalam satu kalimat, maka kamu salah besar, Joyfriends. Game Kingdom Hearts 2 merupakan karya Disney pertama yang kena sensor. ESRB alias Entertainment Software Rating Board memutuskan untuk menyensor beberapa aspek dalam game ini sebelum masuk ke tanah Amerika.

Beberapa hal yang disensor atau diubah dari versi Jepang antara lain: darah hydra yang berupa cairan berwarna hijau diubah jadi asap karena dinilai terlalu menjijikkan, scene di bagian Pirates of Caribbean yang menunjukkan gun violence, dan adegan Daisy memukul bokong Donald yang notabene nggak pake celana.

Itulah beberapa fakta yang mungkin belum kamu tahu dari serial Kingdom Hearts, Joyfriends! Lumayan kan buat nostalgia dan nambah ilmu sebelum main Kingdom Hearts 3 di PS4 nanti. By the way, sempet ada rumor lho kalau Kingdom Hearts 3 ini bakal bisa dimainin di PC. Tapi ya, baru rumor doang. See ya later alligator.

Cek lebih banyak lagi asupan pop culture tentang Kingdom Hearts atau tulisan menarik lainnya dari Arfindra Saputra.

 

Written by
Watch Anime Weekly | Play Game Routinely | "Omae wa mo Shindeiru" Kenshiro - Serial Tinju Bintang Utara

Is the Story Interesting?

0 0