Genshin Impact Raup Keuntungan dan Jumlah Unduhan Besar

Genshin Impact menjadi salah satu judul video game dengan peluncuran sukses tahun ini. Setelah membangun hype yang cukup lama, disertai beberapa kali masa beta tertutup. Genshin Impact menyita banyak perhatian pada rilisnya 28 September lalu.

Banyak dimiripkan dengan judul The Legend of Zelda: Breath of the Wild, tidak membuat Genshin Impact dianggap sebagai klon murahan. Melalui video gameplay yang beredar selama beta, Genshin mampu menghadirkan sebuah subtitusi yang memiliki identitasnya sendiri.

Berdasarkan cuitan aplikasi pemantau performa aplikasi App Annie, Genshin Impact telah meraih sebanyak 17 juta unduhan pada 4 hari pertama peluncurannya.

Angka ini kemungkinan baru jumlah unduhan yang direkam melalui Appstore iOS. Sementara, Genshin Impact sendiri rilis untuk platform Android, PC, dan PS4.

Dari banyak pemain yang mengakses lewat berbagai platform tersebut, tidak heran bila di antara mereka telah mengeluarkan uang untuk konten microtransaksi yang ada pada Genshin Impact.

Dilansir dari IGN, Senior Analyst dari Niko Partner, Daniel Ahmad, berkomentar tentang kesuksesan game tersebut.

“Sejak pra-registrasi, sudah ada lebih dari 20 juta pemain yang menunggu kedatangan game ini. Lebih dari 5 juta merupakan pemain di luar negara China. Ini merupakan pencapaian dari pengembang China, sekaligus dari sebuah IP baru.” jelasnya.

Daniel memperkirakan bahwa pada minggu pertama ini, Genshin Impact telah meraup keuntungan sebesar lebih dari 50 juta USD. Serta menjadi judul terpopuler di China, Jepang, maupun US.

Mulai Menembus Pasar Internasional

Pasar video game gratis dengan monetisasi melalui microtransaction adalah hal yang sudah dianggap wajar di pasar Asia. Berbagai judul game free-to-play yang telah keluar juga banyak berasal dari negara-negara seperti China, Korsel, dan Jepang.

Namun konsep ini masih cukup asing di mata gamer barat. Microtransaction masih dianggap sebuah momok, dan game gratis terutama yang memiliki mekanisme gacha, dipandang sebelah mata.

Daniel menganggap Genshin Impact telah menjadi patokan sebuah game gratis dengan kualitas AAA ke pasar barat.

“Mihoyo memastikan bahwa semua pemain dapat menikmati konten tanpa perlu membayar sepeserpun sambil memberi opsi membayar untuk mendapatkan karakter dan equipment terbaik dengan lebih cepat.” katanya.

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel!

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0