League of Legends Wild Rift dan Rencana Besar Riot

League of Legends Wild Rift, langkah Riot Games untuk merajai pasar mobanalog
(doc. Riot Games)

Penulis sebenarnya bukan tipe orang yang suka permainan PvP, tapi game satu ini cukup ramai untuk dilewatkan. Bagaimana tidak? ‘Big Man’ nya genre MOBA sendiri akhirnya mengikuti tren untuk membuat versi mobile dari game no.1 mereka.

Kita pastinya tengah membicarakan tentang League of Legends: Wild Rift. Riot Games yang sebelumnya tidak berniat menyelami pasar mobile akhirnya membuat adaptasi permainan League of Legends, dalam format yang lebih sederhana untuk platform mobile dan konsol.

(doc. Riot Games)

Format ini adalah format yang telah dikenal sejak jaman booming nya MOBA-mobile/mobanalog. Tiga lane, tiga turret, satu nexus alias base, serta area Jungle. Wild Rift mencoba untuk berbeda dengan membuat setiap Champion memiliki 4 skill aktif, hanya dapat membeli item di base, serta item aktif.

Cuma Menang Nama?

(doc. Riot Games)

Sudah rahasia umum kalau game Arena of Valor yang lebih dulu rilis merupakan ‘adik’ resmi dari League of Legends. Dikembangkan sendiri oleh Tencent yang jadi pemilik sah Riot Games, AoV masih tetap eksis walau tidak seramai pesaingnya: Mobile Legends.

Sekilas kita mungkin bertanya-tanya tujuan Riot akhirnya merilis versi mobile dari game PC populer mereka. Apakah karena mereka sebelumnya meremehkan pasar MOBA mobile? atau karena dorongan dari Riot yang akhirnya mereka setujui?

Yang jelas, nama League of Legends tentunya merupakan nama yang sudah dikenal banyak gamers. Sehingga tanpa kampanye pemasaran bertubi-tubi pun, semua orang kan terus mengikuti perkembangan dari League of Legends: Wild Rift, dan mencobanya kalau memang mendapat respon yang baik.

League of Legends: Wild Rift sendiri sudah polished dan memiliki kualitas produksi yang lebih tinggi dibanding game-game mobanalog lain di pasaran. Kualitas grafis dalam hal peta maupun desain karakter sangat memanjakan mata. Skin yang disediakan juga tidak asal copy-paste dari versi PC, melainkan melalui penyesuaian dan penambahan detail yang membuatnya lebih menarik.

(doc. Riot Games)

Riot secara jelas menunjukan ambisi mereka dalam League of Legends: Wild Rift. Dengan membawa nama ‘League of Legends’ ke pasar mobile, mereka melebarkan jangkauan terhadap komunitas mobile dan konsol. Agar komunitas tersebut dapat merasakan juga karakter-karakter, skill, maupun sensasi permainan yang selama ini eksklusif untuk pemain PC.

Rencana Masa Depan Riot

Bersama League of Legends: Wild Rift, Riot telah membawa 3 game mereka ke pasar mobile. Legends of Runeterra, adalah game CCG yang mengambil setting dunia sama dengan LoL. Sementara Teamfight Tactics adalah game auto chess yang akan datang, game ini juga mengambil setting dunia LoL.

Tahun ini Riot telah menginisiasi turnamen Esport untuk Legends of Runeterra. Kemungkinan besar, League of Legends: Wild Rift sendiri juga akan mendapat perlakuan yang sama, yaitu ajang esport mereka sendiri yang terpisah dari ajang esport League of Legends PC.

Riot sejauh ini hanya membuat game-game mobile berdasarkan nama League of Legends. Sementara Valorant, IP game baru mereka belum ada informasi yang berhubungan dengan mobile.

Akan tetapi menurut penulis tinggal menunggu waktu hingga Valorant memiliki semacam counterpart mobile mereka sendiri. Entah dalam bentuk spin-off, atau adaptasi versi mobile secara kseluruhan.

Penutup

Akhir kata, kita dapat selalu berspekulasi tentang apa yang direncanakan Riot melalui League of Legends Wild Rift. Dengan membawa game andalan mereka ke pasar mobile, Riot telah menunjukan ketertarikan terhadap sebuah pasar gaming yang cuan dan memiliki basis pengguna lebih besar dari platform konsol maupun PC.

League of Legends Wild Rift sedang dalam proses menuju open beta dengan membuka region secara berkala. Di Indonesia, League of Legends Wild Rift sudah tersedia untuk banyak pengguna android, maupun iOS.

Akankah Wild Rift mampu menggeser tahta MLBB sebagai MOBA mobile nomor satu? Kita lihat saja nanti.

Cek lebih banyak lagi artikel bergizi seputar pop culture atau tulisan menarik lainnya dari Leo Agung. Follow juga Facebook dan Instagram Joypixel

Written by
Pencari gem anime terbaik setiap season, cita-citanya yang paling besar adalah jadi karakter OP di seri isekai.

Is the Story Interesting?

0 0